Breaking News

Uraikan arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia

PPKN Questions and Answer Keys Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test Chapter 6 Describe the importance of unity and integrity for the Indonesian nation Page 204 Chapter 6 (Strengthening Unity and National Unity in the Unitary State of the Republic of Indonesia (NKRI)) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 6 Uraikan arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia Halaman 204 Bab 6 (Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi Bab 6

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas, dan akurat.

1. Uraikan arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia!

A. Untuk Mewujudkan Cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia

Tujuan persatuan dan kesatuan adalah untuk mewujukan cita-cita bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang didasari oleh empat hal yang tercantum di dalam pembukaan UUD 1945 alenia keempat, yaitu:

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,
  • Memajukan kesejahteraan umum,
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa, dan
  • Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

B. Memupuk Semangat Nasionalisme

Semangat nasionalisme adalah suatu sikap politik atau pemahaman dari individu, kelompok dan masyarakat sebagai suatu bangsa yang memiliki keselarasan kebudayaan dan wilayah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nasionalisme adalah paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri.

Nasionalisme pada saat ini tidak lagi harus ikut angkat senjata, tetapi dapat diwujudkan dalam bentuk yang lain, seperti mengharumkan nama bangsa dengan berprestasi dalam bidang olah raga, seni, budaya, penguasaan ilmu pengetahuan, dan sebagainya.

Khusus bagi siswa, semangat nasionalisme dapat diwujudkan dengan punya prestasi akademis dan juga punya prestasi dalam kegiatan-kegiatan di sekolah. Artinya siswa mesti mempunyai kecerdasan moral dan intelektual dan juga mempunyai kecakapan dan kearifan dalam bersikap dan bertindak, sehingga mahasiswa sebagai pelaku perubahan di masyarakat.

Semangat nasionalisme dan patriotisme diwujudkan dengan mematuhi aturan yang berlaku, mematuhi hukum negara, melestarikan budaya Indonesia, menciptakan dan mencintai produk dalam negari, serta bersedia melakukan aksi nyata membela negara.

C. Kesadaran Bhinneka Tunggal Ika dalam Bingkai NKRI

Bhinneka Tunggal Ika dalam keberagaman sosial di Indonesia adalah sebagai pemersatu, perekat berbagai budaya dari suku bangsa di Indonesia. Di dalam UUD 1945 menjelaskan bahwa Lambang Negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Menghormati keberagaman suku bangsa merupakan upaya untuk menjaga​ persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Keanekaragaman tersebut merupakan kekayaan milik Bangsa Indonesia yang harus kita jaga dan lestarikan sehingga mampu memberikan warna ketentraman dan kedamaian bagi rakyat Indonesia agar ke depan tidak banyak menimbulkan persoalan yang mengancam disintegrasi bangsa.

D. Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara adalah sudut pandang geopolitik Indonesia secara mendasar. Secara harfiah, wawasan nusantara berarti konsep kepulauan; secara kontekstual istilah ini lebih tepat diterjemahkan sebagai “visi kepulauan Indonesia”. Wawasan nusantara adalah cara bagi Indonesia untuk memandang dirinya sendiri (secara geografis) sebagai satu kesatuan antara ideologi, politik, ekonomi, sosiokultural, serta masalah keamanan dan pertahanan.

Konsep ini berupaya untuk menjawab tantangan geografis yang melekat pada diri Indonesia — sebagai negara yang terdiri dari ribuan pulau serta ribuan latar belakang sosial budaya penduduknya.

Hal ini terkait dengan sikap negara yang mengutamakan pada persatuan dan kesatuan, maka perairan yang terdapat di antara pulau-pulau itu harus dianggap sebagai elemen penghubung dan bukanlah sebagai faktor pemisah.

E. Menjamin Kebebasan Warga Negara dalam demokrasi Pancasila

Demokrasi di Indonesia tercantum dalam dasar negara Pancasila, sila keempat yakni Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusywaratan Perwakilan. Juga UUD 1945 yakni kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar 1945.

Demokrasi adalah suatu sistem bermasyarakat dan bernegara serta pemerintahan memberikan penekanan pada keberadaan kekuasaan di tangan rakyat baik dalam penyelenggaraan berada di tangan rakyat mengandung pengertian tiga hal, yaitu pemerintahan dari rakyat, pemerintahan oleh rakyat dan pemerintahan untuk rakyat.

Demokrasi memiliki syarat agar sistemnya berjalan yaitu: Perlindungan konstitusional, Badan kehakiman yang bebas dan tidak memihak, Pemilu yang bebas, Kebebasan untuk menyatakan pendapat, Kebebasan berserikat dan Pendidikan Kewarganegaraan.

2. Apa makna Wawasan Nusantara bagi bangsa Indonesia?

  • Wawasan Nusantara mengamanatkan atau mengandung amanat kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan.
  • Wawasan Nusantara mengembangkan persatuan Indonesia sedemikian rupa sehingga asas Bhineka Tunggal Ika dapat dipertahankan.
  • Wawasan Nusantara tidak memberi tempat pada patriotisme yang licik.
  • Dengan wawasan nusantara yang dilandasi oleh pandangan hidup Pancasila, bangsa Indonesia telah berhasil merintis jalan menjalani kehidupan sebagai sebuah bangsa.
  • NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur bertekad untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir dan batin, sejajar dengan bangsa lain yang telah maju.

3. Bagimana perwujudan prinsip kesatuan dalam konteks kehidupan sosial?

A. Dalam Kehidupan Rumah Tangga

Interaksi pertama yang dilakukan oleh setiap individu adalah keluarga atau rumah tangga. Ia menjalin kehidupan sosial dengan orang-orang yang ada di dalam rumahnya. Sehingga, dalam rangka mewujudkan prinsip kesatuan dalam kehidupan sosial, maka bisa dimulai dari lingkungan rumah tangga. Contoh perwujudan prinsip kesatuan dalam konteks kehidupan sosial di rumah tangga adalah :

  • Menjaga nama baik diri dan seluruh anggota rumah tangga
  • Saling menghargai perbedaan pendapat antar anggota rumah tangga
  • Tidak memaksakan kehendak kepada anggota rumah tangga lainnya
  • Menjalin rasa saling menyayangi dan menghormati sesama anggota rumah tangga

B. Dalam Kehidupan Sekolah

Sebagai seorang pelajar, tempat kedua di mana kita menghabiskan waktu adalah di sekolah. Di tempat ini, kehidupan sosial terjalin dengan teman-teman, guru, dan seluruh warga sekolah lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mewujudkan prinsip kesatuan di lingkungan ini. Contoh perwujudan prinsip kesatuan dalam konteks kehidupan sosial di sekolah, antara lain:

  • Menghormati guru sebagai orang tua kita di sekolah
  • Tidak memilih-milih teman dalam bergaul
  • Saling menghormati dan menghargai pendapat teman
  • Saling berbagi dan tolong menolong dengan teman

C. Dalam Kehidupan Masyarakat

Selain keluarga dan sekolah, satu lagi tempat kita dalam menjalin kehidupan sosial, yaitu lingkungan masyarakat. Kita bisa memulainya dengan masyarakat yang paling dekat dengan kita, yaitu tetangga. Dalam konteks kehidupan sosial, prinsip kesatuan harus kita terapkan untuk membangun kehidupan yang baik dengan tetangga. Contoh perwujudan prinsip kesatuan dalam konteks kehidupan sosial di lingkungan masyarakat, antara lain:

  • Mengembangkan sikap kerja sama dengan masyarakat lainnya
  • Tidak membeda-bedakan suku, agama, dan daerah
  • Saling mengharga dan menghormati hak-hak orang lain
  • Membangun sikap tenggang rasa, tepa selira, dan tolong menolong sesama anggota masyarakat.

4. Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia?

  • Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 750 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
  • Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
  • Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.
  • Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850). Dan ini adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia!
  • Masyarakat Jawa (Jatim, Jateng, Jogjakarta) adalah penduduk terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 juta jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
  • Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.
  • Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002) dan juara all England terbanyak.
  • Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
  • Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
  • Punya Lautan Luas. Negara ini punya Lautan terluas di dunia. Di kelilingi dua samudra yaitu Pasifik dan Hindia hingga tidak heran memiliki jutaan spesies ikan yang tidak dimiliki negara lain. Saking kayanya laut negara ini sampai-sampai negara lain pun ikut memanen ikan di lautan negara ini.

5. Bagaimana caramu menunjukkan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia?

  • Bangga sebagai bangsa Indonesia

Bangga sebagai bangsa Indonesia, misalnya dengan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Mencintai kebudayaan Indonesia seperti mengenakan batik dan pakaian adat saat perayaan juga menumbuhkan rasa cinta tanah air.

  • Bangga menggunakan dan mencintai produk buatan Indonesia

Menggunakan produk buatan dalam negeri merupakan pernyataan cinta tanah air. Dengan menggunakan produk dalam negeri, turut pula membantu perekonomian negara dan membuka lapangan kerja.

  • Mau dan mampu menjaga nama baik Indonesia

Apakah kamu pernah bepergian keluar negeri? Jika iya, jaga nama baik Indonesia dengan mematuhi peraturan yang ada. Bila tujuan ke luar negeri untuk berwisata, jangan mengotori tempat wisat dan membuang sampah sembarangan.

  • Mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku

Patuhilah hukum yang berlaku. Misal dengan mematuhi peraturan lalu-lintas saat berkendara.

  • Menggunakan hak pilih saat pemilihan umum

Bila kamu sudah memiliki hak pilih, gunakan hak pilihmu saat pemilihan umum untuk memilih kepala daerah, anggota DPR/DPRD dan pemilihan presiden/wakil presiden.

  • Belajar dengan sungguh-sungguh

Belajar sungguh-sunggguh di sekolah dan di rumah adalah cara untuk mencinta negeri ini. Mulailah dengan mempelajari hal-hal yang berguna untuk kemajuan dan pembangunan negeri.

  • Merawat dan tidak merusak fasilitas umum

Jagalah fasilitas umum seperti halte bus, rambu-rambu lalu-lintas, terminal dan sarana transportasi umum seperti kereta api. Fasilitas umum, dibandung dengan uang pajak warga negara. Peruntukan fasiltas umum adalah untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

  • Menjaga kelestarian lingkungan hidup

Jagalah pohon dan hutan. Pelihara kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

  • Tidak membuang sampah sembaragan

Sampah dapat menyebabkan tersumbatnya selokan yang dapat menyebabkan banjir. Sampah juga membawa penyakit yang merugikan manusia. Dengan membuang sampah pada tempatnya, turut menjaga lingkungan dan fasilitas umum.

  • Menciptakan kerukunan ditengah masyarakat yang beragam

Menghargai perbedaan dilakukan sesuai norma dan hukum yang berlaku di masyakat dan negara. Bila ada perbedaan, musyawarah untuk mencapai mufakat adalah jalan terbaik. Sedari dini, perlu ditumbuhkan sikap menghormati lain dengan baik tanpa memandang usia, agama, ras, dan budaya.

6. Uraikan hal-hal yang dapat memperkuat dan memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia!

Perilaku yang menumbuhkan persatuan dan kesatuan

  • Berteman dengan siapa saja.
  • Bersikap dan berperilaku dengan penuh tenggang rasa dan toleransi.
  • Membantu teman yang kesusahan dalam konteks hal yang baik.
  • Menyumbangkan harta kita kepada orang-orang yang membutuhkan.
  • Gotong royong membersihkan rumah, lingkungan masyarakat, maupun sekolah.
  • Mentaati segala peraturan, adat istiadat, dan norma yang berlaku.
  • Melakukan musyawarah, rapat, kerja kelompok, dan sejenisnya.
  • Mengikuti Pemilu dan Pilkada.
  • Mengikuti upacara bendera setiap senin atau upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.
  • Bersikap merendah dan tidak sombong terhadap orang lain.

Perilaku yang merusak persatuan dan kesatuan

  • Bersikap sombong, apatis, dan tidak menghormati orang lain.
  • Tidak menjalankan peraturan, adat istiadat, dan norma yang berlaku dengan baik dan kesungguhan.
  • Melakukan diskriminasi maupun berperilaku SARA.
  • Tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti gotong royong, kerja bakti, Siskamling, Pemilu, rapat, dsb.
  • Memiliki sikap individualisme yang sangat tinggi.
  • Mementingkan dirinya sendiri / golongannya sendiri di atas orang lain yang lebih membutuhkan.
  • Melakukan pencurian, tindak asusila, bullying, berdusta, dan sejenisnya.
  • Ikut serta dalam aksi tawuran.
  • Aksi Kudeta.
  • Melakukan KKN

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 6 Uraikan arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia Halaman 204 Bab 6 (Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI))”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 6 Uraikan arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia Halaman 204 Bab 6 (Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!