Breaking News

Uraian tentang Kesultanan Samudera Pasai, Kesultanan Aceh Darussalam, Kesultanan Demak dan Kesultanan Banten

Questions and Key Answers to Social Sciences Class 7 Curriculum 2013 2016 Revision Group Activity Description of the Samudera Pasai sultanate, the Aceh Darussalam sultanate, the Demak sultanate and the Banten sultanate Page 269 Chapter 4 (Indonesian Society in Pre-Literary, Hindu-Buddhist, and Islamic) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Uraian Materi Tentang kehidupan Masyarakat Indonesia pada masa Islam Halaman 263 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang!

2. Amatilah uraian tentang kesultanan Samudera Pasai, kesultanan Aceh Darussalam, kesultanan Demak dan kesultanan Banten

3. Carilah persamaan dan perbedaan kehidupan masyarakat pada Kesultanan-kesultanan tersebut!

4. Tulis persamaan dan perbedaan yang kamu temukan pada tempat yang disediakan!

Kesultanan Uraian/Penjelasan
Samudera Pasai Kesultanan atau kerajaan Samudera Pasai merupakan kerajaan Islam tertua di Indonesia. Kesultanan ini diperkirakan berpusat di Kabupaten Lhokseumawe, Provinsi Nanggroe Aceh darussalam.

Kesultanan Samudera Pasai merupakan gabungan dari Kerajaan Samudera dan Kerajaan Pasai.

Awal keruntuhan Kesultanan Samudera Pasai adalah ketika kedatangan Bangsa Portugis. Kesultanan ini dikuasai oleh Portugis pada tahun 1521. Dan kemudian Kesultanan ini dikuasai oleh Kerajaan Aceh di bawah pimpinan Sultan Ali Mughayat Syah pada tahun 1524. Peran kerajaan ini kemudian digantikan oleh Kerajaan Malaka.

Aceh Darussalam Kesultanan ini terletak di sebelah Utara Pulau Sumatera, tepat nya kurang lebih di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Kesultanan ini diperkirakan berdiri sejak abad ke 15.

Setelah Kerajaan Malaka dikuasai oleh Potugis, Kerajaan Aceh berperan sebagai pusat penyebaran Islam di sekitar Selat Malaka.

Kesultanan Aceh mengalami masa kejayaanya ketika dikuasai oleh Sultan Iskandar Muda.

Pada masa kepemimpinannya, kesultanan Aceh berhasil merebut dan menguasai beberapa pelabuhan penting di Pantai Barat dan Timur Sumatera, serta berhasil menyerang bangsa Portugis yang datang ke Malaka.

Demak Merupakan Kesultanan bercorak islam pertama di Pulau Jawa. Pusat kekuasaanya terletak di daerah pantai Utara Pulau Jawa. Raja Demak yang terkenal adalah Raden Patah yang membangun Mesjid Demak.

Kesultanan Demak pernah menyerang kekuatan Portugis di Malaka pada tahun 1513 di bawah pimpinan Adipati Unus. Sehingga Adipati Unus mendapatkan gelar Pangeran Sabrang Lor.

Kesultanan Demak mengalami kemunduran karena adanya perebutan kekuasaan diantara anggota keluarga kerajaan.

Banten Kesultanan Banten terbentuk dari penyerahan kekuasaan Banten dari Syarif Hidayatullah (Cirebon) kepada puteranya Sultan Hasanudin. Sehingga Sultan Hasanuddin dianggap sebagai pendiri dari Kesultanan Banten.

Kesultanan Banten diperkirakan berlokasi di sekitar Selat Sunda. Wilayah kekuasaanya mencapai Lampungdan sekitarnya.

Kesultanan Banten mengalami masa kejayaanya ketika dibawah kepemimpinan Sultan Ageng Tirtayasa. Akan tetapi Kesultanan Banten pun berakhir karena politik adu domba antara Sultan Ageng Tirtayasa dengan anaknya, Sultan Haji. Adu domba tersebut dilakukan oleh Belanda yang berkeinginan menguasai Banten.

Kesultanan Persamaan Perbedaan
Samudera Pasai
  • Keempat kesultanan tersebut merupakan kerajaan islam
  • Terletak di pesisir pantai
  • Terlibat pertikaian dengan pihak asing untuk mempertahankan wilayah kekuasaannya.
  • Terjadi perang saudara dan perebutan kekuasaan yang menyebabkan kemunduran masing-masing kesultanan.
  • Kekuasaan keempatnya tidak berlangsung dalam jangka waktu yang lama. 
  • Lokasinya yang berbeda, dimana samudra pasai dan aceh darussalam berbasis di pulau sumatra, sedangkan demak dan banten di pulau jawa. 
  • Lawan asing yang dihadapi, samudra pasai dan demak berperang melawan Portugal sementara aceh dan banten berperang melawan Belanda.
  • Awal pendiriannya, samudra pasai, aceh tidak saling berkaitan selain yang satu didirikan terlebih dahulu dan kemudian masuk wilayah kesultanan aceh, sementara sejarah pendirian kerajaan banten saling berkaitan dengan Maulana Hasanuddin sebagai tokoh penghubungnya.    
Aceh Darussalam
Demak
Banten

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Uraian tentang kesultanan Samudera Pasai, kesultanan Aceh Darussalam,kesultanan Demak dan kesultanan Banten Halaman 269 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam)”.Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Uraian tentang kesultanan Samudera Pasai, kesultanan Aceh Darussalam, kesultanan Demak dan kesultanan Banten Halaman 269 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!