Breaking News

Uraian tentang Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, dan Kerajaan Sriwijaya

Questions and Key Answers to Social Sciences Class 7 Curriculum 2013 2016 Revision Group Activity Description of the Kutai Kingdom, Tarumanegara Kingdom, and Sriwijaya Kingdom Page 235-236 Chapter 4 (Indonesian Society in Pre-Literary, Hindu-Buddhist, and Islamic) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Uraian tentang Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, dan Kerajaan Sriwijaya Halaman 235-236 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang !

2. Amatilah uraian tentang kerajaan Kutai,kerajaan Tarumanegara,dan kerajaan Sriwijaya

3. Carilah persamaan dan perbedaan kehidupan masyarakat pada kerajaan-kerajaan tersebut!

4. Tulis persamaan dan perbedaan yang Kamu temukan pada tempat yang disediakan!

Kerajaan Persamaan Perbedaan
Kutai
  • Peradaban ketiga kerajaan ini dibangun di dekat sungai. Kerajaan Sriwijaya di dekat sungai Musi, Kerajaan Kutai Martadipura di dekat sungai Mahakam dan Kerajaan Tarumanegara di dekat sungai Citarum yang dikenal juga dengan nama sungai Cisadane.
  • Ketiganya mendapat pengaruh besar dari India termasuk dalam hal agama. Bangsa kita pada mulanya penganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Namun masuknya kebudayaan India turut membawa masuk kepercayaan lain yakni Hindu Budha. Kutai menganut agama Hindu aliran syiwa, kerajaan Tarumanegara menganut agama Hindu aliran waisnawa dan kerajaan Sriwijaya menganut agama Budha.
  • Selain di bidang agama, ketiganya juga mendapat pengaruh dari India di bidang pemerintahan. Pada mulanya bangsa kita hanya menganut sistem pemerintahan yang sangat sederhana dimana kepala suku didaulat sebagai pemimpin. Namun masuknya kebudayaan india membawa sistem pemerintahan baru yang kita sebut kerajaan dimana pemimpinnya adalah raja dan pewarisan tahta berdasarkan garis keturunan.
  • Ketiga kerajaan ini diketahui sangat menghormati kaum brahmana. Hal ini terbukti dari Yupa kerajaan Kutai Martadipura yang menceritakan raja yang memberi hadiah ribuan sapi pada kaum brahmana. Demikian halnya dengan Kerajaan Tarumanegara, sang raja mengucap syukur atas pembangunan sistem pengairan dengan cara menyumbangkan ribuan sapi pada kaum brahmana. Sementara pada kerajaan Sriwijaya, kaum brahmana ditempatkan pada posisi yang istimewa dan bahkan Sriwijaya dijadikan pusat pendidikan agama yang saat itu cukup besar di kawasan Asia Tenggara.
  • Ketiga kerajaan ini sudah mengenal bahasa sanskerta dan huruf pallawa.
  • Ketiga kerajaan ini berada di jalur perdagangan internasional. Meski Begitu, kerajaan Sriwijayalah yang paling strategis dan paling maju.
  • Selain berdagang, masyarakat ketiga kerajaan ini dikenal sangat mahir dalam berternak dan bertani
  • Terdapat Masyarakat beragama Hindu
  • Masyaralat mulai mengenal arsitektur  dan upacara keagamaan selain agama nenek moyang
  • Struktur tata kota yang hampir sama, Kerajaan ⇒ Alun-alun⇒ Gunung tertinggi atau gunung yang dianggap sakral
  • Masyarakat masih menganggap Raja atau penguasa sebagai titisan dewa.
  • Berdasarkan letaknya walaupun ketiga kerajaan ini terletak dekat sungai namun kerajaan Kutai, Sriwijaya, dan Tarumanegara berada dipulau yang berbeda yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Jawa
  • Ketiga kerajaan tersebut mempunyai pengaruh dari india walaupun mereka memiliki kepercayaan yang berbeda-beda. Kerajaan Tarumanegara bercorak Hindu yang memiliki aliran Waesnawa dan kerajaan Kutai diketahui memiliki agama bercorak Hindu aliran Syiwa, kerajaan Sriwijaya bercorak Budha.
  • Kerajaan kutai masih menggunakan medium Yupa sebagai kerajaan hindu tertua dinusantara untuk menulis riwayat kerajaan dan kegiatan kerajaan yang menjadi bukti/penanda kekuasaan. Fungsi Yupa sendiri adalah tempat untuk mengikat hewan kurban. Sementara, Tarumanegara dan sriwijaya sudah lebih maju dan mengenal prasasti.
  • Kerajaan Sriwijaya dikenal dengan istilah Negara Nasional Pertama di Indonesia karena kekuatan maritimnya yang luar biasa. Sedangkan kedua kerajaan lainnya tidak seperti itu.
  • Diantara ketiga kerajaan, Sriwijaya menempati letak yang jauh lebih strategis tidak seperti kedua kerajaan lainnya. Hal ini menyebabkan Kerajaan Sriwijaya menjadi pusat perdagagan internasional.
  • Pada Kerajaan Sriwijaya terdapat masyarakat yang memeluk agama Budha
  • Pada Kerajaan Sriwijaya terjadi penghapusan kasta.
  • Candi pada kerajaan kutai dan kerajaan Tarumanegara adalah sebagai tempat peristirahatan terakhir penguasa, pada kerajaan Sriwijaya candi digunakan sebagai tempat pemujaan kepada Dewa
  • Masyarakat kerajaan sriwijaya ada yang memeluk agam Budha.
  • Kerajaan Sriwijaya adalah pusat penyebaran agama Budha di Asia tenggara
  • Masyarakat Kutai era kaitannya dengan kepercayaan/agama yang dianut.Sedangkan masyarakat Tarumanegara dapat dilihat dari Teknik Penulisan Huruf “Pauawa dan Prasasti”.Yang dapat ditemukan sebagai bukti bahwa kehidupan kebudayaan yang sudah tinggi.
  • Pada Raja yang memimpin pada masing-masing kerajaan.Raja yang memerintah pada kerajaan Kutai adalah Kudungga, Aswawarman dan Mulawarman.Raja yang memerintah pada kerajaan Tarumanegara adalah Purnawarman.Dan Raja yang memerintah pada Kerajaan Sriwijaya adalah Balaputradewa.
  • Pada agama yang dianut dari masing masing Kerajaan. Agama resmi kerajaan Kutai yaitu Agama Hindu. Agama resmi kerajaan Tarumanegara yaitu agama hindu beraliran Wisnu.Dan Agama resmi Kerajaan Sriwijaya,yaitu Budha Mahayana
  • Beberapa peninggalan yang terdapat pada Masing-Masing kerajaan. Peninggalan pada kerajaan kutai yaitu terdapat 7 Yupa. Yupa tersebut ditulis dalam Bahasa Pallawa dan Sansekerta. Peninggalan pada kerajaan Tarumanegara yaitu terdapat 7 buah Prasasti yaitu prasasti kebon Kopi, Prasasti Ciaruteun, Prasasti Pasir Awi, Prasasti Jambu, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Tugu.Sumber Sejarah lain yaitu berita dari catatan seorang Musafir Cina yaitu Fa-Hien. Dalam perjalanannya ke India, ia singgah di Ye-Po-Ti (Pulau Jawa). Peninggalan pada kerajaan Sriwijaya yaitu terdapatPrasasti dari Dalam Negeri, yaitu : Prasasti Kedukan Bukit, Prasasti Talang Tuwo, Prasasti Telaga Batu, Prasasti Kota Kapur, Prasasti Karang Berahi, Prasasti Palas Pasemah, dan Amoghapasa.Prasasti dari Luar Negeri,yaitu:Prasasti Ligor, Prasasti Nalanda, Prasasti Kanton, Prasasti Grahi, Prasasti Chaiya.Sumber Sejarah lain yaitu berita dari Pendeta Cina I-Tsing.
Tarumanegara
Sriwijaya

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Uraian tentang Kerajaan Kutai,Kerajaan Tarumanegara,dan Kerajaan Sriwijaya Halaman 235-236 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Uraian tentang Kerajaan Kutai,Kerajaan Tarumanegara,dan Kerajaan Sriwijaya Halaman 235-236 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!