Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 4 Halaman 93 Bab 4 (Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908)

Diposting pada

Questions and Answers for PPKN Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test 4 Page 93 Chapter 4 (National Awakening Awakening in 1908) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama Laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 4 Halaman 93 Bab 4 (Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya.~

Uji Kompetensi 4

Suatu bangsa tidak akan berubah mana kala bangsa tersebut tidak mau mengubah dirinya sendiri. Bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas merdeka seperti yang dirasakan saat ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan melepaskan diri dari penjajahan. Kesadaran bangsa Indonesia untuk bangkit tumbuh seiring lahirnya generasi muda terdidik dan peduli terhadap kemerdekaan Indonesia. Penjajah Belanda dapat menguasai bangsa Indonesia dalam waktu yang lama karena bangsa Indonesia mudah dipecah belah dan perjuangan yang dilakukan bangsa Indonesia masih bersifat kedaerahan. Boedi Oetomo sebagai organisasi nasional pertama meletakan semangat kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Berikan pendapatmu mengapa bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia?

Menurut Pendapat Saya,Jatuhnya Konstantinopel Ke Tangan Turki Usmani pada Tahun 1453 Merupakan Titik Balik Bagi Perkembangan Ekonomi dan Politik di Eropa Karena Peristiwa ini Menyebabkan Terputusnya Jalur Perdagangan Rempah-Rempah yang melewati Konstantinopel.

Kondisi ini mendorong negara Eropa seperti Portugal dan Spanyol, serta kemudian Belanda Untuk Mencari Jalur Perdagangan Alternatif ke tempat asal Rempah-Rempah.

Rempah-Rempah yang diperdagangkan ke Eropa berasal dari Indonesia (Maluku). Bangsa Eropa Mengambil Untung yang Sangat tinggi karena penjualan tersebut. Maka, munculah keinginan untuk mengambil alih perdagangan dan menguasainya.

Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 2 Halaman 48 Bab 2 (Menumbuhkan Kesadaran Terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945)

Selain Itu,Bangsa Eropa Memiliki Tujuan, yaitu :

  • Tujuan Ekonomi,Mencari keuntungan yang besar dari hasil perdagangan rempah-rempah
  • Tujuan agama,yaitu untuk Menyebarkan Agama Nasrani
  • Tujuan Pertualangan,yaitu untuk mecari daerah untuk dijajah

2. Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia?

Dengan adanya masyarakat yang terdidik maka mereka menyadari bangsa Bangsa Indonesia dahulunya ditindas oleh penjajahan Belanda,dan Akhirnya karena Pendidikan maka bangsa Indonesia dapat bangkit dan merdeka dari penjajahan tersebut.Sehingga tumbuh dalam jiwa mereka terdapat rasa peduli dan sadar akan kondisi Bangsa Indonesia yang sebenarnya dan Rakyat Indonesia tidak dapat lagi dibodohi oleh Penjajah dan Berjuang untuk Indonesia Merdeka.

3. Berikan alasanmu mengapa organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional?

Karena Boedi Oetomo adalah Organisasi pertama yang tidak berdasarkan kedaerahan ataupun agama,Boedi Oetomo juga adalah Organisasi penyatu masyarakat Indonesia yang berisikan pemuda-pemuda bangsa yang berjuang Bersama untuk bangkit melawan penjajah.Boedi Oetomo juga merupakan Organisasi yang pertama kali muncul dan menjadi teladan para masyarakat dan memicu bangkitnya orang Indonesia dan Organisasi Lain.

4. Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti pada tahun 1908?

Semangat yang dimiliki para pendahulu,Pejuang dan Pendiri bangsa di Tahun 1908 ini masih tetap dibutuhkan pada masa kini.Semangat ini salah satunya adalah semangat kebangsaan dan persatuan.Dalam masa sekarang,semangat kebangsaan dan persatuan diperlukan untuk menjaga keutuhan bangsa,mengingat adanya ancaman Radikalisme yang dapat mengecam persatuan.

5. Ceritakan berdasarkan yang kalian ketahui bagaimana seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa!

Seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa yaitu dengan cara tidak mencemari nama baik bangsa,selalu menjunjung tinggi derajat bangsa dengan membawanya ke jenjang internasional.Sehingga dunia bisa memberikan apresiasi bagi suatu bangsa itu untuk mengubah nasibnya dengan cara yang dapat mengharumkan nama baik bangsa dan belajar dengan tekun dan bersungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita tersebut,keberhasilan dan kesuksesan dapat kita raih dengan niatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 3 Halaman 73 Bab 3 (Memaknai Peraturan Perundang-Undangan)

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 4 Halaman 93 Bab 4 (Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 4 Halaman 93 Bab 4 (Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *