Tuliskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani

Questions and Answer Keys for Class 7 Physical Education Curriculum 2013 Revised 2016 Write down the benefits of doing physical fitness exercises Page 208 (Physical Fitness Learning Activities) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Tuliskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani Halaman 208 (Aktivitas Pembelajaran Kebugaran Jasmani) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat! Kerjakan di rumah dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

 1. Tuliskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani.

  • Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas

Selain karena zat-zat makanan atau energi berlebih yang tertimbun di dalam tubuh, kegemukan dan obesitas juga bisa terjadi karena tubuh kurang beraktivitas.

  • Mencegah penyakit jantung

Manfaat latihan kebugaran jasmani juga untuk mencegah penyakit jantung. Ketika tubuh berolahraga, aliran darah dari jantung ke seluruh  tubuh  dan  dari  seluruh  tubuh  ke  jantung  menjadi  lebih cepat daripada saat tubuh diam.

  • Mencegah dan mengatur penyakit diabetes

Manfaat latihan kebugaran jasmani juga dapat mencegah penyakit diabetes.

  • Meningkatkan kualitas hormon

Manfaat latihan kebugaran jasmani secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas hormon yang ada di tubuh kita.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa terjadi akibat adanya gangguan kesehatan, termasuk penyakit jantung koroner, stroke, dan gagal jantung. Oleh karena itu, untuk menghindarinya perlu dihindari juga penyakit-penyakit penyebabnya.

  • Menambah kepintaran

Otak yang pintar adalah otak yang sirkulasi oksigennya lancar. Olahraga mampu melancarakan sirkulasi oksigen ke otak. Itu sebabnya, olahraga mampu menjauhkan kita dari penyakit-penyakit yang melemahkan kerja otak (seperti pikun dan Alzeimer).

  • Memberi banyak energi

Jika  kamu  rutin  berolahraga,  kamu  akan  bisa  tidur  nyenyak, berpikir jernih, terhindar dari stres, dan berbagai hal lain yang bisa menguras energi.

  • Mengurangi LDL dan menaikkan HDL

Dalam     suatu     penelitian     disebutkan     bahwa     jalan     kaki atau jogging selama 24 hingga 32 km per minggu mampu menurunkan “lemak jahat” (LDL = Low Density Lipoprotein) dan menaikkan “lemak baik” (HDL = High Density Lipoprotein).

  • Menurunkan gejala depresi ringan dan kegelisahan

Saat berolahraga, tubuh kita akan merasa rileks. Inilah salah satu manfaat latihan kebugaran jasmani. Hal ini tentu saja memengaruhi depresi.

  • Menurunkan risiko kanker tertentu

Manfaat latihan kebugaran jasmani juga dapat menurunkan risiko kanker. Dalam suatu penelitian dikatakan bahwa ternyata olahraga dapat  menurunkan  tingkat  risiko  kanker  tertentu  sebesar  30%.

  • Melindungi dari osteoporosis

Para  ahli  berpendapat  bahwa  anak-anak  yang  banyak  bergerak (aktif) akan memiliki tulang yang kuat.

  • Meningkatkan citra diri dan rasa percaya diri

Dalam suatu jurnal psikologi disebutkan bahwa sekecil apa pun olahraga bisa meningkatkan citra diri dan rasa percaya diri pada pelakunya.

  • Meningkatkan mood

Jika kamu sedang jenuh, olahraga adalah salah satu cara yang bisa menghilangkannya. Sebuah studi mengatakan bahwa olahraga aerobik dapat mengurangi ketegangan dan membuat kita semangat lagi.

  • Membuat awet muda

Manfaat latihan kebugaran jasmani membuat orang tampak awet muda.

  • Membuat anak-anak selalu aktif

Dalam suatu penelitian diungkapkan bahwa ternyata orangtua yang rajin  berolahraga  akan  membuat  anak-anaknya  selalu  aktif  dan ceria.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuatan.

Kekuatan adalah kemampuan otot terhadap suatu ketahanan akibat suatu beban. Beban tersebut dapat dari bobot badan sendiri atau dari luar (external resistance).

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kecepatan.

Kecepatan adalah kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan daya tahan.

Daya  tahan  adalah  kemampuan  seseorang  untuk  melakukan  kerja dalam waktu yang relatif lama. Istilah lainnya yang sering digunakan ialah respiratocardio-vaskulair endurance, yaitu daya tahan yang bertalian dengan pernafasan, jantung dan peredaran darah.

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kelenturan.

Kelenturan (flexibility) adalah luas gerak persendian atau kemampuan seseorang  untuk  menggerakkan  anggota  badan  pada  luas  gerak  tertentu pada suatu persendian

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani.

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan yang berarti. Setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik, agar ia dapat melaksanakan pekerjaannya dengan efektif  dan efisien tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

7. Tuliskan macam-macam tes kebugaran jasmani untuk siswa SMP.

  • Lari cepat 50 meter
  • Angkat tubuh (30 detik untuk putri 60 detik untuk putra)
  • Baring duduk 60 detik
  • Loncat tegak
  • Lari jarak jauh (800 meter untuk putri 1000 meter untuk putra)

8. Jelaskan cara melakukan tes untuk kekuatan otot tungkai.

  • Berdiri menghadap ke arah bangku yang akan digunakan untuk turun-naik.
  • Setelah ada aba-aba peluit, naiklah ke atas bangku kemudian turun kembali.
  • Pada waktu melakukan turun-naik, salah satu kaki harus menempel di atas bangku atau di lantai, tidak boleh melakukan gerakan melompat ke atas atau ke bawah.
  • Latihan ini dilakukan berulang-ulang selama 3 menit terus-menerus tanpa berhenti.

9. Jelaskan cara melakukan tes untuk kekuatan otot lengan.

  • Sikap berjongkok, kedua kaki sedikit rapat, kedua tangan lurus berada di antara kedua paha dekat lutut.
  • Telapak tangan terbuka dan menumpu pada lantai.
  • Sentuhkan paha ke bagian dalam dekat siku tangan, angkat kedua kaki ke atas secara perlahan-lahan hingga lepas dari lantai.
  • Siku dapat berfungsi sebagai penahan pada paha.
  • Pertahankan sikap seperti ini selama 5 – 8 detik dan lakukan berulang-ulang.

10. Jelaskan cara melakukan tes untuk daya tahan jantung dan paru-paru.

Latihan yang dapat meningkatkan dan mengembangkan daya tahan jantung dan paru-paru antara lain : lari jarak jauh, renang jarak jauh, cross-country atau lari lintas alam, fartlek, interval training atau bentuk latihan apapun yang memaksa tubuh untuk bekerja dalam waktu yang lama. Dalam bagian ini akan dijelaskan mengenai interval training.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Tuliskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani Halaman 208 (Aktivitas Pembelajaran Kebugaran Jasmani)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Tuliskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani Halaman 208 (Aktivitas Pembelajaran Kebugaran Jasmani). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!