Breaking News

Tujuan karpet busa/styrofoam atau kayu yang ditempel pada dinding-dinding studio

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Purpose of foam / styrofoam or wood carpet taped to studio walls Page 139 Chapter 10 (Vibrations, Waves, and Sounds in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tujuan karpet busa/styrofoam atau kayu yang ditempel pada dinding-dinding studio Halaman 139 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Pikirkan!

Pernahkah kamu masuk ke dalam studio musik atau bioskop di sekitar tempat tinggal kamu? Di dalam studio musik atau bioskop kamu akan menemukan adanya karpet busa/styrofoam atau kayu yang ditempel pada dinding-dinding studio. Apa tujuan penempelan itu?

Pemasangan busa/styrofoam atau kayu yang ditempel pada dinding-dinding studio bertujuan untuk mengurangi efek gaung atau kerdam yang dapat menggangu suara asli dari film yang diputar.

Kerdam atau gaung biasanya terjadi pada ruangan yang luas. Gaung biasanya ditandai dengan adanya pantulan dari suara namun tidak terdengar secara jelas. Misalnya kita berteriak “Fisika”, maka pantulan yang kita dengan adalah Fi …………….. ka.

Gaung akan menyebabkan bunyi pantul yang sebagian terdengar bersama-sama dengan bunyi asli sehingga bunyi asli terdengar tidak jelas. Untuk mengurangi kerdam atau gaung ini, maka ruangan tersebut harus dipasang peredam, bisa berupa bahan karet busa, karton tebal, karpet, dan  bahan-bahan lain yang bersifat lunak. Biasanya  bahan-bahan tersebut sering kita jumpai di gedung bioskop, studio TV atau radio, aula, dan studio rekaman.

Fungsi dari penempelan busa/styrofoam adalah sebagai peredam suara :

  • Peredam suara untuk menghindari terjadinya gaung atau kerdam sehingga bunyi asli akan terdengar jelas.
  • Peredam suara membuat ruangan menjadi kedap suara.
  • Peredam suara terbuat dari bahan yang bersifat menyerap suara atau tidak memantulkan bunyi, misalnya karet busa, karton tebal, karpet, dan bahan-bahan lain yang bersifat lunak.
  • Biasanya bahan-bahan untuk peredam suara sering kita jumpai di gedung bioskop, studio TV atau radio, aula, ruang karaoke, ruang teater serta studio rekaman musik.

Bunyi Pantul yang Memperkuat Bunyi Asli

Apabila kita berbicara di dalam ruangan kecil, suara yang terdengar akan lebih keras dibandingkan dengan berbicara di ruang terbuka, misalnya di lapangan ataupun di jalanan.

Hal ini disebabkan jarak sumber bunyi dan dinding pemantul berdekatan sehingga selang waktu antara bunyi asli dan bunyi pantul sangat kecil. Antara bunyi asli dan bunyi pantul akan terdengar hampir bersamaan, sehingga bunyi asli terdengar lebih keras.

Kedap suara adalah cara untuk mengurangi tekanan suara sehubungan dengan sumber suara dan reseptor tertentu. Ada beberapa hal dasar untuk mengurangi suara, yaitu meningkatkan jarak antara sumber dan penerima, menggunakan penghalang kebisingan untuk memantulkan atau menyerap energi gelombang suara serta menggunakan struktur redaman seperti penyekat suara.

Dua masalah kedap suara yang mungkin perlu dipertimbangkan saat merancang ruangan yang memakai peredam suara adalah meningkatkan suara di dalam ruangan dan mengurangi kebocoran suara ke atau dari ruangan yang berdekatan atau di luar ruangan.

Peredam suara dapat digunakan untuk membatasi kebisingan yang tidak diinginkan. Peredaman suara dapat menekan gelombang suara tidak langsung yang tidak dinginkan seperti pantulan yang menyebabkan gema dan resonansi yang menyebabkan gema. Peredaman suara dapat mengurangi transmisi gelombang suara langsung yang tidak diinginkan dari sumber ke pendengar yang tidak disengaja melalui penggunaan jarak dan objek intervensi di jalur suara.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tujuan karpet busa/styrofoam atau kayu yang ditempel pada dinding-dinding studio Halaman 139 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tujuan karpet busa/styrofoam atau kayu yang ditempel pada dinding-dinding studio Halaman 139 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!