Breaking News

Tugas Proyek Lakukan observasi ke tempat pelelangan ikan/industri pengolah hasil pertanian

Questions and Answer Key Social Sciences Grade 8 curriculum in 2013 Revised 2017 Project Task Make observations to the fish auction / industrial processing of agricultural products Page 188 Section 3 (Advantages and Limitations Between Space and Its Effect on Economic Activity, Social Culture in Indonesia and ASEAN) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Proyek Lakukan observasi ke tempat pelelangan ikan/industri pengolah hasil pertanian Halaman 188 Bab 3 (Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Tugas Proyek

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang!

2. Lakukan observasi ke tempat pelelangan ikan/industri pengolah hasil pertanian yang ada di sekitar tempat tinggal siswa!

3. Lakukan wawancara kepada nelayan atau penjual hasil pengolahan produk pertanian!

4. Susunlah laporan dari hasil wawancara!

5. Presentasikan laporan di depan kelas!

Laporan observasi ke tempat pelelangan ikan/industri pengolah hasil pertanian

Tempat pelelangan ikan adalah tempat yang digunakan oleh para nelayan untuk menjual hasil tangkapannya, Ikan yang sudah dijual nelayan tersebut kemudian didistribusikan keberbagai wilayah untuk dipasarkan ke konsumen.

Setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pelelangan ikan memiliki peran berbeda-beda karena setiap orang mempunyai perannya masing-masing dalam perekonomian.

Dalam sebuah pelelangan ikan, ada beberapa orang yang mempunyai peranan sehingga ikan itu bisa sampai ke tangan konsumen akhir, Misalnya nelayan bertugas menangkap ikan, Tukang angkut bertugas mengangkut ikan, Tengkulak bertugas membeli ikan dari nelayan dan menjualnya kembali. Dan pedagang membeli ikan dari tengkulak kemudian dijual ke masyarakat.

Nelayan dan pembeli ikan yang merupakan pedagang ikan bertemu di tempat pelelangan ikan. Tempat pelelangan ikan ramai setiap hari pada musim tangkap ikan. Para nelayan juga harus memelihara laut tempat mereka mencari ikan. Kehidupan nelayan diwarnai dengan serangkaian kegiatan yang telah diturunkan dari nenek moyang mereka.

Nelayan

Peran : Pemasok ikan di tempat pelelangan  ikan

Juru lelang

Peran : Menawarkan ikan kepada calon pembeli

Buruh/Kuli angkut

Peran : Mengangkut ikan yang dibawa nelayan ke pelelangan

Pedagang

Peran : Membeli ikan dari nelayan kemudian menjualnya Kembali

Hasil observasi tempat pelelangan ikan yaitu :

  • Nelayan membawa hasil tangkapan ikan ke daratan.
  • Disana sudah ada beberapa kuli panggul yang siap membantu nelayan untuk membawa ikan ke pelelangan
  • Di tempat pelelangan ikan, ikan yang dibawa oleh nelayan tersebut dibeli pengepul.
  • Ikan yang sudah dibeli tadi kemudian didistribusikan ke daerah-daerah tempat pemasaran ikan tersebut.

Kesimpulan :

Kesimpulan yang bisa diambil dari bacaan diatas yaitu, setiap orang memiliki peranan masing-masing dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, dan di dunia ini, semua orang memiliki pekerjaan masing-masing serta tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Proyek Lakukan observasi ke tempat pelelangan ikan/industri pengolah hasil pertanian Halaman 188 Bab 3 (Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Proyek Lakukan observasi ke tempat pelelangan ikan/industri pengolah hasil pertanian Halaman 188 Bab 3 (Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah)

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!