Tugas Individu Tuliskanlah sebuah teks eksposisi dengan isu yang kami tentukan sendiri Kembangkan isu tersebut dengan langkah-langkah

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Individual Assignments Write an exposition text with an issue that we define ourselves Develop the issue in steps Page 86 Chapter 3 (Exposition Text in Mass Media) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Individu Tuliskanlah sebuah teks eksposisi dengan isu yang kami tentukan sendiri Kembangkan isu tersebut dengan langkah-langkah Halaman 86 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Individu

Tuliskanlah sebuah teks eksposisi dengan isu yang kami tentukan sendiri. Kembangkan isu tersebut dengan langkah-langkah sebagaimana yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Isu : Rendahnya kesantunan berbahasa dalan masyarakat

Kerangka tulisan

Kerangka Utama Perincian Topik
a. Tesis Pemilihan kata-kata oleh masyarakat akhir-akhir ini cenderung semakin menurun kesantunannya dibandingkan dengan zaman dahulu. Hal tersebut tampak pada ungkapan-ungkapan banyak kalangan dalam menyatakan pendapat dan persaan persaannya, seperti berdemonstrasi ataupun rapat-rapat umum.
b. Rangkaian argumen Fenomena tersebut menunjukkan adanya penurunan standar moral, agama, dan tata nilai yang berlaku dalam masyarakat itu. Ketidaksantunan berkaitan pula dengan rendahnya penghayatan masyarakat terhadap budayanya sebab kesantunan berbahsa itu tidak hanya berkaitan dengan ketepatan dalam pemilikan kata ataupun kalimat. Kesantunan berbahasa itu berkaitan pula dengan adat pergaulan yang berlaku dalam masyarakat itu.
c. Penegasan ulang Berbahasa santun seharusnya sudah menjadi suatu tradisi yang dimiliki oleh setiap orang sejak kecil. Anak perlu di bina dan di didik berbahasa santun. Apabila dibiarkan, tidak mustahil rasa kesantunan itu akan hilang sehingga anak itu kemudian menjadi orang yang arogan, kasar, dan kering dari nilai-nilai etika dan agama.

Isu : Rendahnya kesantunan berbahasa dalan masyarakat

Dalam berkomunikasi di media sosial, kalangan pengguna media sosial sering menunjukkan kesantunan yang rendah. Para warganet, sebagaimana mereka sering disebut, menunjukkan bahasa yang sering antagonistrik, menyebarkan fitnah atau hoax,dan mudah menyerang pribadi, golongan bahkan ras dan agama. Ini terlihat dari maraknya hoax yang tersebar pada pemilihan kepala daerah beberapa waktu lalu. Masyarakat pengguna media sosial sering menyerang pasangan calon yang berlawanan dengan pasangan calon yang di dukungnya dengan kata kata tidak santun dan kasar. Dapat disimpulkan, bahasa yang kasar dan sering mengaburkan fakta ini menunjukkan rendahnya kesantunan berbahasa dan bertentangan dengan nilai nilai kebangsaan.

Kerangka tulisan

Kerangka Utama Perincian Topik
a. Tesis Dalam berkomunikasi di media sosial, kalangan pengguna media sosial sering menunjukkan kesantunan yang rendah.
b. Rangkaian argumen Bagian yang berada pada bagian tengah paragraf yang berisi contoh yang menjelaskan pandangan penulis.
c. Penegasan ulang Dapat disimpulkan, bahasa yang kasar dan sering mengaburkan fakta ini menunjukkan rendahnya kesantunan berbahasa dan bertentangan dengan nilai nilai kebangsaan.

Pengembangan tulisan

3. Sajikanlah teks tersebut di depan teman-temanmu. Sampaikan laporan itu secara garis besar. Akan lebih baik apabila disertai dengan multimedia (powerpoint) yang menarik.

4. Bagaimana tanggapan teman-teman berkaitan dengan daya tarik penyajian teks eksposisimu itu?

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Individu Tuliskanlah sebuah teks eksposisi dengan isu yang kami tentukan sendiri Kembangkan isu tersebut dengan langkah-langkah Halaman 86 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Individu Tuliskanlah sebuah teks eksposisi dengan isu yang kami tentukan sendiri Kembangkan isu tersebut dengan langkah-langkah Halaman 86 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!