Tips Hadapi UTBK 2022

  • 8 min read
  • Sep 16, 2021

1. Update Informasi Mengenai UTBK 2022

Langkah pertama untuk persiapan menghadapi UTBK tentunya yaitu mengetahui beragam informasi terkait. Cara yang bisa dilakukan yaitu mengecek laman resmi LTMPT atau melalui media sosial. Hal ini dilakukan supaya kita bisa menyesuaikan diri dengan berbagai berita terbaru tekait UTBK. Jangan sampai salah informasi dan merugikan diri sendiri

Selain itu, cari tahu juga tentang penggunaan nilai UTBK di berbagai universitas. Ketahui jalur pendaftaran yang salah satu persyaratan pendaftarannya menggunakan nilai tersebut. Sesuaikan dengan jurusan incaran dan cari pilihan yang terbaik.

2. Ketahui Persaingan dari Jurusan di Universitas yang Dipilih

Menentukan pilihan ketika mendaftar sebagai mahasiswa merupakan hal yang krusial. Hal ini sangat menentukan kesempatan diterima di jurusan yang dipilih.

Sebelum memilih program studi di universitas tertentu, ada baiknya untuk terlebih dahulu mencari tahu tentang persaingan pendaftarnya. Dengan melakukan ini, kita bisa menyesuaikan diri sehingga kesempatan diterima juga lebih besar.

Tidak hanya itu, jika kamu memang sudah menetapkan jurusan dan universitas yang diinginkan, data mengenai persaingan akan membantumu membuat target. Hal ini akan berpengaruh pada seberapa banyak usaha yang harus dilakukan guna bisa diterima di jurusan yang kamu mau.

3. Buat Target Hasil atau Nilai

Mengacu pada tips sebelumnya, penting bagi seorang peserta UTBK untuk menentukan target yang ingin dicapai. Target yang dimaksud adalah nilai yang diperoleh. Hal ini dilakukan dengan menyesuaikan program studi dan universitas yang dipilih.

Misalnya, seseorang yang memilih Program Studi Manajemen UGM harus memiliki nilai UTBK yang tinggi melihat selektivitasnya yaitu 1:114. Berbeda dengan peserta yang memilih jurusan lain dengan keketatan yang lebih rendah.

Menentukan target nilai sejak awal akan memudahkan kamu untuk mengatur strategi belajar.

4. Membuat Jadwal Belajar

Setelah mengetahui target yang diinginkan, kamu akan segera mengetahui berbagai hal yang harus dikejar. Membuat jadwal belajar yang efektif akan membantu untuk mengisi celah-celah materi yang belum dikuasai.

Ketika membuat jadwal belajar untuk UTBK, lakukan semaksimal mungkin sesuai kapasitas diri. Atur sebaik mungkin sehingga kamu mendapat pemahaman lebih mendalam mengenai materi yang dipelajari. Jika perlu, bisa juga mengikuti bimbingan belajar UTBK supaya jadwal belajarmu lebih tertata.

5. Terus Me-review Materi

Langkah yang satu ini merupakan bagian paling penting dalam persiapan menghadapi UTBK, yaitu belajar. Meskipun sudah membuat target dan jadwal belajar sedemikian rupa namun apabila tidak dilakukan, maka tidak akan ada gunanya.

Cari dan pelajari berbagai materi UTBK sesuai dengan jenis ujian yang akan dihadapi. Apabila kamu memilih rumpun saintek, maka pelajarilah soal-soal TPS dan TPA Saintek, begitu pula untuk kelompok lainnya. Selain itu, fokus dalam materi-materi yang merupakan titik lemah kamu dan perbanyak latihan di topik tersebut.

6. Latihan Soal dan Ikut Try Out

Memperbanyak latihan akan membuat kita lebih familiar dengan soal-soal UTBK. Tidak hanya jenis-jenisnya saja, namun kita juga akan terbisa mengerjakan dengan soal yang diujikan. Di UTBK sendiri soal-soalnya akan berupa High Order Thinking Skill. Apabila kita tidak terbiasa, maka ketika melangsungkan ujian akan kesusahan dan menghabiskan banyak waktu.

7. Evaluasi Hasil Latihan dan Perbaiki

Setelah mengerjakan banyak soal, jangan lupa untuk selalu mengevaluasi hasilnya. Kita akan mendapat perkiraan skor dan mengetahui bagian-bagian yang masih kurang dikuasai. Dengan begitu, kita bisa menyesuaikan diri dan memperdalam materi-materi tertentu.

8. Jaga Motivasi Belajar

Tidak mengherankan apabila merasa bosan dan jenuh ketika terus-terusan belajar untuk menghadapi UTBK. Perasaan tersebut merupakan hal yang wajar. Ketika kamu mencapai titik ini, istirahatlah sejenak untuk kembali mengumpulkan semangat belajar. Selain itu, ingat pula tujuan mengikuti ujian ini dan tanamkan dalam diri bahwa hal ini menyangkut masa depan.

9. Perbanyak Informasi Mengenai UTBK 2022

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi. Kamu bisa memulainya dengan kepoin alur dan penilaian UTBK tahun lalu. Kamu juga bisa mulai berselancar di google sambil baca-baca website tentang UTBK 2022.

10. Kepoin Jurusan dan PTN Impianmu di UTBK 2022

Disamping menyiapkan diri menghadapi UTBK, kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan. Kamu bisa cari tahu segala sesuatu tentang jurusan yang kamu impikan. Mulai dari skor rata-rata yang lolos tahun sebelumnya, berapa banyak kuota mahasiswa baru yang diterima, berapa jumlah peminat nya.

11. Pelajari Soal Tahun-Tahun Sebelumnya

Seperti yang sudah kamu tahu, salah satu persiapan penting dalam sukses UTBK adalah mempelajari soal tahun-tahun sebelumnya. Mengapa harus mempelajari soal tahun sebelumnya? Hal ini penting banget agar kamu tahu tingkat kesulitan soal-soal UTBK. Dengan ini kamu juga bisa tahu kira-kira sudah sejauh mana untuk menghadapi UTBK 2021.

12. Ikuti Tryout UTBK Secara Rutin dan Evaluasi Hasilnya

Penting banget ini, dengan mengikuti tryout ini kamu bisa paham kelemahanmu dimana dan pemahamanmu seperti apa. Kalau kamu tidak ada dana untuk mengikuti tyout berbayar kamu juga bisa mengikuti try out gratis, sudah banyak media-media yang menyediakannya.

Yang terpenting adalah soal yang diberikan adalah soal dan standar sesuai dengan UTBK 2022.

13. Tingkatkan Rasa Percaya Diri dan Berdoa (Bonus)

Rasa percaya diri menjadi salah satu kunci sukses menghadapi UTBK. Ibarat mau perang, kalau kamu nggak percaya diri, bisa-bisa nyali kamu ciut pas ketemu lawan di medan tempur. Selain itu, jangan lupa berdoa dan meminta doa  orang tua kamu ya.

14. Persiapkan Mental Kamu

Pernah gak sih kamu benar-benar berpikir untuk mempersiapkan mental sebelum menghadapi ujian? atau kamu malah lebih sering bertanya pada dirimu  “apakah aku benar-benar siap menghadapi ujian ini?“ atau malah kamu berpikir “yang penting mengikuti ujian masalah nilai jelek ya itu urusan nanti”.

Kalau kamu merasa belum siap, yuk mulai perkuat mental kamu dengan mengumpulkan alasan sebanyak mungkin kenapa kamu memulai ini semua.

Persiapan menuju UTBK sangatlah panjang, kamu harus mengikuti beragam proses pembelajaran, try-out, kegagalan, sampai keberhasilan yang akan kamu raih kelak.

Pastikan mental kamu sudah siap jika kamu menemukan kegagalan dalam setiap prosesnya ditambah persiapan UTBK akan  menyita banyak waktu bermainmu demi meraih jurusan impian.

Persiapkan mental kamu untuk selalu berusaha meskipun kamu menemukan banyak kegagalan dan selalu percaya pasti akan selalu ada cara lain menuju kesuksesan!

15. Membuat Target Belajar

Setelah kamu selesai melakukan evaluasi materi, cara jitu selanjutnya adalah dengan membuat target belajar pada setiap minggu. Target belajar ini juga berguna untuk menjadi penghitung mundur sampai hari ujian tiba.

Pada pembuatan target belajar, kamu bisa mengisi dengan pemetaan materi-materi apa saja yang harus kamu pelajari dahulu sampai materi yang tidak teralu membutuhkan usaha berlebih untuk mempersiapkannya.

Perlu diingat, dalam membuat target belajar utamakan pada materi yang belum kamu mengerti sama sekali dan materi yang membutuhkan waktu banyak untuk mempersiapkan sehingga kamu masih mempunyai waktu yang cukup untuk mengejar ketertinggalan.

Misalnya, pada minggu pertama bulan Februari kamu ingin mempelajari materi matematika integral.

Nah di minggu pertama itu, kamu harus belajar materi integral pada jadwal yang telah ditentukan agar pada saat minggu kedua bulan Januari kamu sudah menguasai paling tidak 50% materi dari sebelumnya.

Kamu bisa memberi selingan belajar dengan materi lain jika kamu cepat bosan dengan satu materi saja. Kamu bisa mengkombinasikan belajar kamu dengan latihan soal yang lebih ringan seperti latihan soal TPA atau mata pelajaran lainnya.

Jika kamu belum mengerti keseluruhan materi sampai dengan waktu yang sudah ditentukan, kamu bisa langsung mengevaluasi cara belajar kamu. Apakah cara belajar kamu sudah sesuai atau ada hal yang perlu diubah untuk mempercepat penguasaan materi agar kamu bisa tetap berjalan sesuai target yang telah ditentukan.

Pastikan susun target seefektif mungkin dan jangan sampai menambah banyak materi di satu minggu itu jika kamu tidak mau cepat kelelahan di minggu-minggu berikutnya.

Tips tambahan: Kamu bisa menjadi sefleksibel mungkin dalam mengatur waktu belajar. Jangan paksakan diri kamu jika merasa terlalu lelah untuk belajar atau bisa juga kamu menetapkan hari dimana kamu melanjutkan belajar dari batas biasanya jika kamu merasa masih semangat untuk belajar. Peka lah terhadap kondisi tubuhmu!

16. Belajar pahami konsep

Siapa di sini yang masih masih belajar dengan cara menghafal?

Yup, pasti banyak dari kamu yang masih belajar dengan cara menghafal saja. Belajar dengan menghafal sih tidak ada salahnya, namun kamu harus ingat bahwa soal UTBK jauh berbeda dengan soal-soal ujian sekolah lainnya.

Soal UTBK menuntut kamu untuk memahami sebuah konsep dasar dari materi soal. Kamu harus dapat berpikir menggunakan nalar untuk bisa menyelesaikan soal-soal UTBK nanti.

Terus, bagaimana caranya agar kamu paham materi? Yang harus kamu lakukan adalah berhenti berpikir bahwa semua materi ada untuk dihafal. Coba ubah pemahaman kamu dengan mulai belajar memahami teori dasar dari sebuah materi.

Misalnya saat belajar matematika, jangan sampai kamu langsung mengerjakan soal matematika campuran jika kamu belum paham dengan konsep dasar materinya. Kamu harus mem-breakdown konsep perhitungan dasar dari matematika seperti aljabar, algoritma, peluang,eksponen,dll.

Pastikan kamu sudah benar-benar mengerti konsep perhitungan dasar matematika tersebut. Jika konsep dasar matematika sudah di luar kepala, maka kamu akan jauh lebih mudah untuk memecahkan soal yang lebih beragam dan lebih sulit.

Tambahan informasi, jika kamu ingin menguji seberapa jauh pemahaman mengenai materi tertentu, kamu bisa mengerjakan soal yang belum pernah dikerjakan sebelumnya atau kamu juga bisa mengajari temanmu, lho.

17. Latihan Soal UTBK Menggunakan Komputer

Kamu tentu sudah tahu, pelaksanaan UTBK menuntut kemampuanmu dalam menggunakan komputer. Semua soal dan pilihan jawaban akan disajikan di layar komputer.

Maka dari itu, sebaiknya kamu memulai latihan mengerjakan soal UTBK menggunakan komputer dari sekarang. Latihan ini berguna untuk mengurangi terjadinya kesalahan teknis saat UTBK nanti.

Kesalahan teknis yang terjadi saat UTBK bisa bermacam-macam ya, Pahamifren. Misalnya, komputer tidak terhubung ke listrik, koneksi internet putus, lupa username dan password, website error, dan sebagainya.

Kalau kamu sudah terbiasa mengerjakan latihan soal UTBK lewat komputer atau laptop, kamu pasti lebih bisa mengatasi masalah tersebut tanpa panik atau grogi. Selain itu, kamu pun menjadi terbiasa mengerjakan soal di depan layar komputer dalam waktu yang lama.

18. Sering Mengerjakan Soal HOTS

Soal UTBK 2022 termasuk tipe soal HOTS (High Order Thinking Skill). Berbeda dengan soal biasa, soal tipe HOTS dinilai memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi karena membutuhkan penalaran dan logika yang lebih dalam.

Latihan soal UTBK dan mengikuti try out online, dapat menjadi satu di antara cara efektif persiapan UTBK SBMPTN 2022.

Biar kamu terbiasa dengan soal HOTS, tentu kamu harus lebih rajin mengerjakan soal bertipe ini. Setidaknya, kamu mengerjakan 1 soal HOTS setiap harinya.

Nah, kamu bisa mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify untuk melatih kemampuanmu dalam mengerjakan soal HOTS. Tantangan 1 Hari 1 Soal bisa menjadi persiapan ringan untuk hadapi UTBK 2021. Ada hadiah menarik juga kalau kamu berhasil melakukan tantangannya.

19. Menjawab Soal Cepat dan Tepat

Persiapan UTBK yang satu ini masih berkaitan dengan soal HOTS. Apabila kamu sering mengerjakan soal-soal HOTS, kamu akan semakin terlatih menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Saat pelaksanaan UTBK 2022, kamu harus bisa menyelesaikan banyak soal dengan waktu ujian yang terbatas. Maka dari itu, melatih kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal menjadi poin penting bagi kamu pejuang UTBK 2022.

Selain rajin mengerjakan soal HOTS UTBK, kamu bisa melatih kemampuan menjawab soal secara cepat dan tepat dengan menerapkan Tips Mudah Mengerjakan Soal UTBK yang sudah pernah Mipi bahas. Kalau belum membaca tips-tips tersebut, kamu bisa baca dulu, ya.

20. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri menjadi salah satu kunci sukses menghadapi UTBK. Ibarat mau perang, kalau kamu enggak percaya diri, bisa-bisa nyali kamu ciut pas ketemu lawan di medan tempur.

Prinsip tersebut berlaku juga buat kamu yang bersiap tempur bersama soal-soal UTBK. Persiapkan mental, fisik, dan informasi sebanyak mungkin seputar UTBK untuk meningkatkan kepercayaan dirimu.

Enggak cuma itu, kamu juga perlu menguasai materi ujian agar kamu tidak grogi dan panik saat mengerjakan soal UTBK nanti. Siapkan kepercayaan dirimu dari sekarang. Percaya saja dengan kemampuanmu dan lakukan yang terbaik.

21. Mengikuti Kelas Khusus UTBK

Kalau kamu merasa tidak bisa belajar UTBK secara mandiri, enggak ada salahnya buat ikut kelas khusus persiapan UTBK SBMPTN. Buat kamu yang akan mengambil kelompok ujian UTBK Saintek, kamu bisa mengikuti kelas khusus persiapan UTBK.

22. Rancang Jadwal Belajar Persiapan UTBK 2021

Dalam waktu 2 minggu, sangat kecil kemungkinan kamu untuk dapat belajar materi UTBK secara keseluruhan. Tapi, paling tidak kamu bisa belajar materi-materi yang memang sering diujikan dalam tes UTBK SBMPTN. Kamu perlu menyusun jadwal belajar yang ketat supaya tahu materi apa saja yang harus diprioritaskan. Jadwal belajar ini juga berfungsi untuk mengecek progres belajarmu hingga hari H UTBK mendatang.

Rancangan jadwal belajar yang kamu buat sebaiknya tidak fokus belajar materi saja, ya. Kamu bisa menambahkan latihan soal atau mengikuti try out agar rencana belajarmu semakin efektif. Adanya pengaturan porsi waktu dan materi belajar yang tepat akan memudahkanmu dalam mengoptimalkan target belajar persiapan UTBK 2021.

23. Belajar yang Fokus dan Disiplin

Setelah merancang jadwal belajar, kini tinggal eksekusi belajarnya deh. Pastikan kamu fokus dan disiplin dalam menaati jadwal belajar yang telah kamu buat. Kalau kamu nggak disiplin, bisa-bisa jadwal belajar tersebut hanya berakhir wacana, Pahamifren. Selain itu, pilihlah lingkungan belajar yang nyaman agar kamu bisa fokus selama belajar.

Supaya fokus belajar semakin meningkat, kamu dapat menggunakan teknik belajar Pomodoro atau cara belajar efektif dari Youtube Hujan Tanda Tanya berikut ini:

  • Pilih satu topik yang mau kamu pelajari.
  • Coba fokus pada topik yang sudah kamu pilih minimal selama 20 menit.
  • Catat materi-materi yang kamu rasa sulit. Lalu, evaluasi review ulang materi yang kamu anggap sulit tersebut.
  • Jangan lupa istirahat sejenak setiap 60 menit atau saat kamu merasa sudah susah fokus.
  • Kalo kamu masih mau belajar, kamu bisa ulang dari langkah 1 atau mulai dari materi yang telah kamu catat pada langkah 3.

24. Ikhlas

Tips terakhir agar persiapan UTBK 2022 dalam waktu 2 minggu membuahkan hasil yang maksimal yaitu ikhlas dan nothing to lose dengan semua proses yang telah kamu lalui. Kalau kamu sudah ikhlas pada apa pun hasil yang akan diterima, tidak akan ada penyesalan yang berlarut-larut nantinya. Sebelum masuk ruang ujian, semangatilah dirimu sendiri, dengan kata-kata seperti “Aku sudah berusaha, aku pasti bisa mengerjakan soalnya.”

Kata-kata semangat semacam itu bisa membantumu untuk lebih tenang dan percaya diri dalam mengerjakan soal-soal UTBK. Perlu kamu ingat, mindset ikhlas dan nothing to lose ini akan muncul dengan sendirinya kok, asalkan kamu sudah merasa maksimal dalam segala persiapan UTBK 2022 yang telah kamu lakukan.

Jika masih kekurangan soal silahkan kunjungi Link Ini untuk mendownload soal-soal lainnya :

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!