Breaking News

Tentukan bagaimana cara hewan pada Tabel 2.9 berkembang biak

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Determine how the animals in Table 2.9 reproduce Pages 95-96 Chapter 2 (Breeding Systems of Plants and Animals) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tentukan bagaimana cara hewan pada Tabel 2.9 berkembang biak Halaman 95-96 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Selesaikan

Tentukan bagaimana cara hewan pada Tabel 2.9 berkembang biak dan tuliskan jawabanmu pada kolom yang telah disediakan!

Tabel 2.9 Hewan di Indonesia

Nama Hewan: Anoa

Cara Berkembang Biak: Ia menyukai wilayah hutan yang belum terjamah oleh manusia. Anoa termasuk hewan Mamalia, yaitu hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya. Anoa telah matang secara seksual dan siap berkembang biak saat ia mencapai usia 2 hingga 3 tahun. Anoa tidak mempunyai musim kawin.

Nama Hewan: Babi

Cara Berkembang Biak: Babi berkembang biak dengan cara melahirkan Babi termasuk hewan vivipar. Vivipar adalah salah satu cara perkembang biakan dengan cara melahirkan.

Nama Hewan: Badak

Cara berkembang biak: Badak berkembang biak dengan cara melahirkan Badak termasuk hewan vivipar. Vivipar adalah salah satu cara perkembang biakan dengan cara melahirkan.

Nama Hewan: Bintang laut

Cara berkembang biak: Cara reproduksi bintang laut adalah secara generatif dengan cara bertelur. Sel sel telur yang diproduksi oleh bintang laut akan dikeluarkan dari tubuhnya ke air laut untuk kemudian dibuahi oleh sperma di air.

Nama Hewan: Burung Cendrawasih

Cara Berkembang Biak: Burung Cendrawasih berkembang biak dengan  cara bertelur. Burung Cendrawasih termasuk hewan ovipar. Ovipar adalah salah satu perkembang biakan dengan cara bertelur.

Nama Hewan: Cicak

Cara berkembang biak: Cicak memiliki banyak spesies, dan setiap spesies memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri.Kebanyakan cicak berkembang biak dengan cara bertelur. Karena cicak termasuk hewan ovipar yang berarti hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Nama Hewan: Harimau

Cara berkembang biak: Harimau berkembang biak dengan cara melahirkan Harimau termasuk hewan vivipar. Vivipar adalah salah satu caraperkembanh biakan dengan cara melahirkan.

Nama Hewan: Elang

Cara berkembang biak: Burung Elang berkembang biak dengan  cara bertelur. Burung Elang termasuk hewan ovipar. Ovipar adalah salah satu perkembang biakan dengan cara bertelur.

Nama Hewan: Kadal

Cara berkembang biak: Dalam situasi ini, kami memperkirakan mereka akan tetap bertelur.” Kadal tiga jari adalah satu dari segelintir spesies yang memiliki dua jenis reproduksi. Itu berarti sebagian populasi kadal berkembang biak dengan bertelur (ovipar), sedangkan lainnya merupakan hewan vivipar.

Nama Hewan: Kecoa

Cara berkembang biak: Umumnya Kecoa berkembang biak dengan cara bertelur atau Ovipar dan sebagian kecil lainnya berkembang biak dengan cara Ovovivipar. Dalam perkembangbiakannya, Kecoa mengalami metamorfosis tidak sempurna dimana siklus hidupnya terbagi dalam 3 fase perkembangan yaitu Telur, Nimfa dan Imago

Nama Hewan: Kerbau

Cara berkembang biak: Perkembang biakan vivipar biasa terjadi pada hewan mamalia yang memiliki kelenjar susu atau menyusui anak-anaknya. Jadi, kerbau berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan.

Nama Hewan: Kuda

Cara berkembang biak: Kuda berkembang biak dengan cara melahirkan. Kuda termasuk hewan vivipar. Vivipar adalah salah satu perkembang biakan dengan cara melahirkan.

Nama Hewan: Paus

Cara berkembang biak: Paus berkembang biak dengan  cara bertelur. Paus termasuk hewan ovipar. Ovipar adalah salah satu perkembang biakan dengan cara bertelur. Setelah menetas, anaknya keluar dari tubuh induknya. Sedangkan Paus bukanlah “Pisces” tetapi termasuk “Mamalia”. … Cara perkembang-biakan Paus adalah vivipar, yaitu perkembang-biakan hewan dengan cara beranak atau melahirkan. Oleh karena itu, maka anak yang dilahirkan diberi makan oleh induk betina dengan cara menyusui.

Nama Hewan: Kupu-kupu

Cara berkembang biak: Kupu-kupu berkembang biak dengan  cara bertelur. Kupu-kupu termasuk hewan ovipar. Ovipar adalah salah satu perkembang biakan dengan cara bertelur.

Nama Hewan: Ular

Cara berkembang biak: Ular berkembang biak dengan  cara bertelur. Ular termasuk hewan ovipar. Ovipar adalah salah satu perkembang biakan dengan cara bertelur.

Buatlah kesimpulan berdasarkan permasalahan yang telah kamu selesaikan!

Vivipar (beranak) : Anoa, babi, Badak, Kerbau, Harimau, Kuda, dan Paus. 

Ovovivipar (Bertelur dan BeranaK) : Ular, Kadal. 

Ovipar (bertelur) : Cendrawasih, Elang, cicak, kupu – kupu , kecoak.

Semua golongan vertebrata bereproduksi secara generatif atau seksual, dan melalui proses fertilisasi, yaitu peleburan sel gamet jantan dan sel gamet betina. Pada hewan yang bereproduksi secara seksual dibagi menjadi tiga macam, yaitu ovipar, Vivipar, dan ovovivipar.

  1. Ovipar

Ovipar adalah reproduksi hewan dengan cara bertelur. Embrionya berkembang didalam telur dengan memanfaatkan cadangan makanan yang berada dalam telur. Perkembangan embrionya terjadi di luar tubuh induk, dengan cara dierami oleh induk hingga menetas. Heawan yang berkembang dengan cara ovipar biasanya dari golongan Aves atau burung, seperti ayam, itik, angsa. Akan tetapi sebagian reptil ada yang bereproduksi secara ovipar seperti cicak dan penyu, serta dari golongan insecta (serangga) seperti semut, belalang, kupu – kupu, kecoak bereproduksi dengan cara bertelur, juga pada sebagian ular.

  1. Vivipar

Vivipar adalah reproduksi hewan dengan cara melahirkan. Embrionya berkembangdidalam tubuh induknya dan mendapatkan asupan makanan dari dalam tubuh induknya melalui plasenta, dan saat embrio sudah berkembang dengan sempurna akan dikeluarkan melalui proses melahirkan. Hewan yang bereproduksi dengan cara vivipar biasanya dari golongan mamalia, artianya memiliki kelenjar mammal (kelenjar susu). Ciri – cirinya : memiliki daun telinga, tubuh ditutupi rambut, bergerak dengan cara berjalan dengan kaki, memiliki kelenjar mammal, memiliki kuku atau cakar. Contonya : tikus, gajah, Anoa, Babi, badak, Kera, mamalia air seperti paus, Lumba – lumba, pesut, dll, Platipus adalah satu – satunya mamalia yang bertelur, dimasukkan kedalam kelas mamalia karena platipus memiliki kelenjar mammal dan menyusui anaknya.

  1. Ovovivipar

Ovovivipar adalah Reproduksi hewan dengan cara bertelur dan melahirkan. Embrio hewan berkembang didalam telur yang masih berada dalam tubuh induknya. Setelah cukup umur, embrio akan menetas dan keluar dari tubuh induknya seperti proses melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan cara ini dari kelas Reptil, yaitu Komodo, kadal, dan sebagian jenis ular.

Selain selain cara tersebut diatas, beberapa hewan ada yang dapat berkembang biak secara vegetatif (Aseksual maupun seksual). Seperti pada Bintang laut dan Cacing pipih dapat berreproduksi dengan seksual .

Bintang laut melakukan perkawinan secara eksternal, artinya telur atau ovum dibuahi diluar tubuh induknya, seperti pada kelas Pisces (ikan). Dan cara Aseksual (Vegetatif) adalah dengan fragmentasi atau memotong sebagian tubuhnya, kemudian dari masing – masing potongan tubuh tersebut akan berkembang menjadi individu baru.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tentukan bagaimana cara hewan pada Tabel 2.9 berkembang biak Halaman 95-96 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tentukan bagaimana cara hewan pada Tabel 2.9 berkembang biak Halaman 95-96 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Jamila adalah seorang perancang busana muda. Dia ingin membuka toko yang khusus menjual baju rancangannya di sebuah ruko. Dia menggambar rancangan toko seperti berikut.

Pertanyaan: 9. Jamila adalah seorang perancang busana muda. Dia ingin membuka toko yang khusus menjual baju rancangannya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!