Breaking News

Teks Negosiasi Kegiatan siswa di sekolah dibatasi hingga jam 16.00 WIB

Questions and Answer Key Indonesian Grade 10 curriculum in 2013 Revised 2016 Activity 1 Develop Oral Negotiating Text in the Shape of Dialogue activities are limited to students in the school at 16:00 pm Page 170 Section 5 (Make Deal Through Negotiation) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 1 Menyusun Teks Negosiasi Lisan dalam Bentuk Dialog Kegiatan siswa di sekolah dibatasi hingga jam 16.00 WIB Halaman 170 Bab 5 (Membuat Kesepakatan Melalui Negoisasi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 1

Menyusun Teks Negosiasi Lisan dalam Bentuk Dialog

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi permasalahan yang perlu dinegosiasikan oleh beberapa pihak karena adanya perbedaan kepentingan. Berikut ini contoh permasalahan yang bisa diangkat menjadi topik negosiasi.

2. Kegiatan siswa di sekolah dibatasi hingga jam 16.00 WIB.

Contoh 1 :

Mulai Februari 2016, sekolah mengeluarkan peraturan baru mengenai pembatasan waktu untuk aktivitas siswa hingga jam 16.00. Para siswa menemui Ketua OSIS untuk meminta tolong menyampaikan usulan agar aktivitas siswa tetap hingga jam 17.00 dengan berbagai alasan. Dan setelah masukan terkumpul, Ketua OSIS menemui Kepala Sekolah setelah upacara bendera pada hari Senin.

“Permisi, Bu, maaf saya mengganggu. Bisa mohon waktunya sebentar?” pinta Ketua OSIS.

“Iya, silahkan. Ada yang bisa saya bantu?” tanya Ibu Kepala Sekolah dengan ramah.

“Begini, Bu, teman-teman kemarin menemui saya untuk meminta kepada Ibu agar jam aktivitas siswa kembali ke jam 17.00, Bu.”

“Oh begitu. Aturan yang baru ini memang saya terapkan, untuk mengurangi banyaknya permasalahan anak-anak yang pulang kemalaman dan tawuran yang makin ramai dibicarakan.”

“Iya, Bu, kami memahaminya. Tapi Bu, bila kegiatan siswa dimulai setelah kami pulang sekolah dan langsung melaksanakan kegiatan seperti ekstrakurikuler olahraga, kami kurang dalam beristirahat, Bu.”

“Oiyaya, benar juga ya?”

“Dan kemudian, Bu. Bila ekstrakurikuler dimulai jam 15.00, kami hanya punya waktu 1 jam untuk melaksanakannya, Bu.”

“Betul juga. Baiklah. Akan Ibu pertimbangkan sekali lagi. Untuk sementara ini, kegiatan ekstrakurikuler akan Ibu liburkan dahulu hingga keputusan yang baru Ibu umumkan. Terima kasih atas masukannya,” kata Ibu Kepala Sekolah dengan bijaksana.

“Saya juga berterima kasih, Bu. Ibu mau mempertimbangkan masukan dari kami. Kami sungguh bersyukur memiliki Ibu di sekolah kami ini.”

“Sama-sama, Nak. Tapi Ibu berharap, bila jam kegiatan Ibu mundurkan, kalian harus memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya dan tetap menjaga nama baik sekolah ya.”

“Iya, Bu. Akan saya sampaikan kepada teman-teman, Bu.”

Contoh 2 :

Pembina pramuka : ” Selamat siang, Pak. Boleh saya meminta waktu sebentar.”

Kepala sekolah : ” Iya, Pak boleh. Ada apa?”

Pembina pramuka : ” Saya ingin membicarakan batas waktu kegiatan siswa yang diberikan sekolah.”

Kepala sekolah : ” Memangnya kenapa pak?”

Pembina pramuka : ” Begini, saya ingin meminta tambahan waktu kegiatan siswa di sekolah lebih dari jam 16.00 WIB.”

Kepala sekolah : ” Batas waktu itu sudah menjadi ketentuan sekolah.”

Pembina pramuka : “Tapi waktu yang diberikan terlalu singkat untuk melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler.”

Kepala sekolah : ” Batas waktu yang diberikan demi kebaikan siswa yang bertempat tinggal jauh dari sekolah agar tidak kemalaman sampai ke rumahnya dan agar para siswa memiliki waktu belajar di rumah yang cukup.”

Pembina pramuka : “Benar juga sih pak. Tapi itu tergantung dari siswanya bagaimana mengatur waktunya dengan kegiatan di sekolah. Boleh ya pak?”

Kepala sekolah : “Maaf, pak tetap tidak boleh.”

Pembina pramuka : “Bagaiaman kalau hari sabtu saja?”

Kepala seklah : “Baiklah, saya akan memberikan waktu lebih dari jam 16.00 WIB, karena kegiatan itu dilakukan hanya pada hari sabtu, dan sehubungan besoknya adalah hari minggu, para siswa ounya  banyak waktu untuk istirahat.”

Pembina pramuka : “Kalau begitu terimakasih pak.”

Contoh 3 :

Murid:  “Permisi, Bu. Maaf mengganggu, boleh saya minta waktunya sebentar?”

Guru:    “Ada apa, Nak? Silahkan masuk.”

Murid: “Saya ingin membahas soal pengumuman kemarin, tentang kegiatan sekolah yang hanya dibatasi sampai jam 4 sore.”

Guru:    “Oh, iya, Nak. Apa ada masalah?”

Murid:  “Saya mewakili murid-murid lain, tidak setuju dengan hal tersebut, Bu.”

Guru:    “Mengapa, Nak? Tujuan kami membuat peraturan tersebut agar menghemat penggunaan listrik di sekolah ini.”

Murid: “Kami membutuhkan waktu lebih di sekolah untuk kegiatan ekstrakurikuler atau mengerjakan tugas kelompok.”

Guru:    “Ya sudahkalau begitu. Bagaimana kalau AC dan lampu harus dimatikan pada jam 4 sore?”

Murid: “Tapi, Bu, kami membutuhkan fasilitas tersebut agar kegiatan kami kondusif. Bagaimana kalau mematikan AC dan lampu di kelas-kelas yang sudah tidak digunakan? Kan, tidak semua kelas digunakan untuk kegiatan ekstrakulikuler. Kalau mengerjakan tugas kami dapat menyelesaikannya di luar kelas.”

Guru:    “Baiklah kalau begitu. Saya akan ajukansaran kamu kepada pihak yang bersangkutan. Terima kasih atas sarannya, Nak.”

Murid: “Terimakasih juga atas pengertiannya, Bu.”

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 1 Menyusun Teks Negosiasi Lisan dalam Bentuk Dialog Kegiatan siswa di sekolah dibatasi hingga jam 16.00 WIB Halaman 170 Bab 5 (Membuat Kesepakatan Melalui Negoisasi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 1 Menyusun Teks Negosiasi Lisan dalam Bentuk Dialog Kegiatan siswa di sekolah dibatasi hingga jam 16.00 WIB Halaman 170 Bab 5 (Membuat Kesepakatan Melalui Negoisasi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/teks-negosiasi-kegiatan-siswa-di-sekolah-dibatasi-hingga-jam-16-00-wib/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!