Breaking News

Tawuran antarpelajar marak terjadi sekarang ini. Berikan tanggapanmu mengenai dampak yang ditimbulkan untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Morals for Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Student Activities Pay attention to the events above and give your responses from several points of view Inter-student brawls are rife nowadays Page 184 Chapter 11 (Tolerance as a Uniting Tool for the Nation) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Cermati peristiwa di atas berikan tanggapanmu dari beberapa sudut pandang Tawuran antarpelajar marak terjadi sekarang ini Halaman 184 Bab 11 (Toleransi sebagai Alat Pemersatu Bangsa) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas Siswa

Cermati peristiwa di atas, kemudian berikan tanggapanmu dari beberapa sudut pandang (contoh dari sisi agama, sosial, budaya, dan sebagainya)!

Perhatikan peristiwa berikut ini!

1. Tawuran antarpelajar marak terjadi sekarang ini. Mereka yang terlibat langsung akan menjadi korban, baik korban fisik maupun non fisik, Beberapa dari mereka bahkan ada yang harus masuk tahanan polisi, atau dikeluarkan dari sekolah. Berikan tanggapanmu mengenai dampak yang ditimbulkan untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Tawuran atau bentrokan antarpelajar merupakan salah satu fenomena negatif yang kerap terjadi di masyarakat. Meskipun kita telah berupaya sebaik mungkin untuk menurunkan tingkat terjadinya tawuran, namun nyatanya kejadian ini masih berulang kali terjadi. Tidak jarang tawuran antarpelajar bahkan mengakibatkan jatuhnya korban, baik luka maupun jiwa. Tentunya kita tidak menginginkan hal ini. Oleh karena itu, dibutuhkan tindakan pencegahan dan penindakan yang lebih ampuh untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Pada kesempatan ini, soal memminta kita untuk menyebutkan dampak negatif dari tawuran antarpelajar. Berikut beberapa dampak negatif yang kerap terjadi :

  • Terganggunya proses belajar mengajar
  • Menurunnya prestasi
  • Terganggunya keamanan lingkungan
  • Dapat menimbulkan kecelakaan
  • Hilangnya sikap saling menghargai dan menghormati antarpelajar
  • Timbulnya kecemasan di pihak orangtua dan masyarakat
  • Terganggunya stabilitas masyarakat
  • Tercorengnya nama baik sekolah, keluarga, dan lingkungan

Seperti permasalahan sosial pada umumnya, tawuran antarpelajar selalu terkait dengan hal-hal yang lain. Oleh karena itu, tak aneh jika permasalahan sosial seperti tawuran selalu diibaratkan sebagai puncak dari gunung es. Para pelajar yang terlibat dalam tawuran tidak dapat serta merta disalahkan atas tindakan mereka. Bisa jadi tindakan mereka diambil karena kurangnya perhatian dan kasih sayang yang diberikan dalam keluarga, kesalahan pola didik, lingkungan yang kurang baik, serta beragam faktor lainnya. Oleh karena itu, jika ditanya pihak yang paling bertanggung jawabuntuk menyelesaikan persoalan tawuran antarpelajar maka semua pihak bertanggungjawab, mulai dari pelajar yang terlibat, guru, keluarga, sekolah, teman, hingga lingkungan tempat siswa tinggal dan beraktivitas. Selama kita memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan dan hidup seorang siswa, kita dapat menekan dan bahkan menyelesaikan persoalan tawuran.

2. Pengrusakan tempat-tempat ibadah, tawuran antarwarga, demonstrasi mahasiswa, dan berbagai macam tindakan kekerasan lainnya telah menggambarkan secara jelas pudarnya persatuan dan rasa toleransi. Apa tanggapanmu jika melihat kondisi seperti ini?

Menurut saya, memang sangat sulit untuk mempersatukan bangsa yg mulai memudar rasa toleransinya. Jadi, kita harus berusaha untuk menanamkan pada diri kita bahwa persatuan dan toleransi itu sangat penting bagi bangsa dan negara. Dan kita berusaha untuk menasihati orang-orang yang berbuat salah, saling menghargai perbedaan agama. Kita juga bisa mempelajari budaya sendiri, mengambil apa yang baik dan menghindari budaya yang buruk, kaitannya dengan konflik yang ditimbulkan kita harus lebih bisa menghargai budaya orang lain. Apa yang didalam budaya kita buruk dan menurut budaya orang lain adalah baik, maka kita harus menghargai itu, bukan menimbulkan konflik karena perbedaan.

3. Saat lebaran tiba, semua muslim bersahaja, bergembira menyambut Idul Fitri. Saling bersilaturrahmi dan saling memaafkan menjadi kebiasaan baik di setiap lebaran. Yang tua memaafkan yang muda, yang muda meminta maaf. Sungguh pemandangan yang perlu dilestarikan. Bagaimana tanggapanmu apabila suasana tersebut berlangsung setiap saat?

Akan sangat menjadi pemandangan yang baik setiap harinya dan bisa mengajarkan ke anak-anak yang masih kecil dan mempererat talisilaturahmi kita satu dengan yang lain. Dan tanggapan dalam hal suatu perkara yang kita rutin akan setiap saat dari bidang sosial, budaya, maupun agama karena masing-masing memiliki kebiasaan yang sangat berbeda.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Cermati peristiwa di atas berikan tanggapanmu dari beberapa sudut pandang Tawuran antarpelajar marak terjadi sekarang ini Halaman 184 Bab 11 (Toleransi sebagai Alat Pemersatu Bangsa)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Cermati peristiwa di atas berikan tanggapanmu dari beberapa sudut pandang Tawuran antarpelajar marak terjadi sekarang ini Halaman 184 Bab 11 (Toleransi sebagai Alat Pemersatu Bangsa). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi yang paling panjang menjadi 9 cm, maka panjang sisi terpendek menjadi ….

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!