Breaking News

Tahukah kamu bahwa di dalam saluran pencernaan juga melibatkan tekanan?

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Did you know that the digestive tract also involves pressure? discuss the amount of pressure on each of the digestive organs. Page 187 Chapter 4 (Human Digestive System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahukah kamu bahwa di dalam saluran pencernaan juga melibatkan tekanan? diskusikan besar tekanan pada masing-masing organ pencernaan Halaman 187 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Diskusikan

Tahukah kamu bahwa di dalam saluran pencernaan juga melibatkan tekanan? Perhatikan Gambar 4.18! Tekanan dalam saluran pencernaan berkisar di antara 0,5 hingga 5 kilo Pasca (kPa). ‘Tekanan dalam usus halus berkisar di antara 1,5 hingga 1,9 kPa, sedangkan dalam usus besar berkisar di antara 2,1 – 2,8 kPa. Tekanan ini dihasilkan oleh gaya otot polos pada saluran pencernaan. Tekanan ini yang membuat makanan dapat terus bergerak mulai dari mulut menuju anus. Bersama kelompokmu diskusikan besar tekanan pada masing-masing organ pencernaan pada Gambar 4.18b, berdasarkan data pada Gambar 4.18a!

Besar tekanan pada masing-masing organ pencernaan  pada Gambar 4.18b, berdasarkan data pada Gambar 4.18a adalah tekanan pada esophagus dan lambung sebesar 0,5 kPa. Tekanan pada duodenum, jejunum dan illeum sebesar 1,5 – 1,9 kPa. Tekanan pada usus besar yaitu 2,1 kPa, tekanan pada rectum yaitu 3 kPa dan tekanan pada anus yaitu 4 kPa.

Pembahasan

Tekanan dalam saluran pencernaan berkisar di antara 0,5 hingga 5 kilo rascal atau ditulis dengan kPa. Tekanan dalam usus halus berkisar di antara 1,5 hingga 1,9 kPa, sedangkan dalam usus besar berkisar di antara 2,1 – 2,8 kPa. Tekanan ini dihasilkan oleh gaya otot polos pada saluran pencernaan. Tekanan ini yang membuat makanan dapat terus bergerak mulai dari mulut menuju anus.

Jika dilihat dari mulut tekanannya sebesar 0,5 kPa dan sampai anus tekanannya sebesar 4 kPa, maka dapat dilihat bahwa saat makanan dikunyah di dalam mulut sampai anus maka tekanannya terus bertambah.

Tekanan yang sesuai akan meningkatkan kelancaran proses pencernaan sehingga tidak akan terjadi gangguan dalam pencernaan seperti konstipasi ataupun diare.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahukah kamu bahwa di dalam saluran pencernaan juga melibatkan tekanan? diskusikan besar tekanan pada masing-masing organ pencernaan Halaman 187 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tahukah kamu bahwa di dalam saluran pencernaan juga melibatkan tekanan? diskusikan besar tekanan pada masing-masing organ pencernaan Halaman 187 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!