Breaking News

Tabel 7.1 Contoh Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara

Questions and Answers to PPKN Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 Table 7.1 Examples of Successful Implementation of the Principles of Archipelago Insights Pages 207-208 Chapter 7 (Archipelago Insights in the Context of the Unitary State of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 7.1 Contoh Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara Halaman 207-208 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Kelompok 7.1

Diskusikan dengan kelompok kalian berbagai contoh keberhasilan dan ketidakberhasilan pelaksanaan asas Wawasan Nusantara pada saat ini, baik dalam masalah politik, hukum, ekonomi maupun sosial budaya.

Tabel 7.1 Contoh Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara

No. Contoh Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara Alasan Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara Contoh Ketidakberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara Alasan Ketidakberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara
1. Bidang Politik

Pemerataan di bidang pemerintahan dan tidak adanya kasus pemberontakan oleh rakyat

Bidang Politik

Karena, jika pemerintahan telah merata tidak akan terjadi pemusatan kekuasaan di tangan pemerintah pusat. Selain itu, tidak adanya pemberontakan yang muncul juga termasuk keberhasilan bidang politik.

Bidang Politik

Adanya pemusatan kekuasaan di pemerintahan pusat dan munculnya pemberontakan.

Bidang Politik

Pemusatan kekuasaan dan munculnya pemberontakan merupakan ketidakberhasilan di bidang politik, karena rakyat yang terpengaruh dengan ideologi asing sehingga ingin mengganti ideologi Pancasila.

Bidang Politik

Tidak ada pemberontakan massa

Bidang Politik

Jalannya pemnerintahan sesuai dengan kebutuhan rakyat

Bidang Politik

Berbagai partai politik yang ada belum bisa bersatu.

Bidang Politik

Dengan alasan masih memiliki tujuan dan kepentingan masing-masing.

2. Bidang Hukum

Dilaksanakannya UU oleh seluruh rakyat secara menyeluruh dan tidak pandang hukum dalam menegakkan hukum

Bidang Hukum

Karena, keberhasilan dari penciptaan itu sendiri adalah jika UU yang dibuat sesuai dengan aspirasi atau tampungan syarat dari masyarakat sehingga masyarakat akan melaksanakannya. Selain itu penegakan hukum harus dilakukan secara adil.

 

Bidang Hukum

Banyaknya pelanggaran UU dan masih ada ketidakadilan dalam hukum

Bidang Hukum

Karena, jika masih banyak yang melanggar UU, maka belum berhasil untuk mewujudkan asas wawasan Nusantara di bidang hukum. Contoh lain jika penegakan hukum masih terdapat kasus suap untuk memperingan atau membebaskan hukuman.

Bidang Hukum

UU dibuat untuk memenuhi kepentingan rakyat

Bidang Hukum

UU tidak dibuat untuk kepentingan rakyat hanya untuk kepentingan si pembuat

Bidang Hukum

Masih banyak orang yang terbebas dari hukum, terutama orang yang kaya atau memiliki kekuasaan

 

Bidang Hukum

Karena masih ada badan hukum yang menerima suap dari para penguasa atau orang kaya agar terbebas dari hukum.

 

3. Bidang Ekonomi

Produk dalam negeri lebih disukai penduduk lokal dan internasional

Bidang Ekonomi

Produk dalam negeri lebih berkualitas dan lebih murah serta promosi yang dilakukan juga dengan cara yang lebih kreatif

Bidang Ekonomi

Korupsi yang merajalela dan terjadinya kesenjangan sosial

Bidang Ekonomi

Karena, jika korupsi semakin merajalela baik di kalangan pejabat ataupun pemerintahan dan adanya kesenjangan antara si kaya dan si miskin maka itu tandanya belum berhasil dalam segi ekonomi.

Bidang Ekonomi

Terjadi suatu pemerataan ekonomi rakyat dan tidak adanya korupsi

Bidang Ekonomi

Karena, jika tidak adanya kasus korupsi maka keuangan negara akan tetap berjalan secara stabil (tidak diambil oleh pejabat yang tidak jujur).

Bidang Ekonomi

Kesenjangan harga

Bidang Ekonomi

Untuk memperkaya diri atau memperoleh hidup mewah, maka para pedagang menaikan harga dan memperoleh keuntungan berlebih.

4. Bidang Hankam

Wilayah yang aman, terbebas dari terorisme, dan sengketa perbatasan oleh negara lain

Bidang Hankam

Karena, jika tidak adanya terorisme di suatu negara serta tidak adanya sengketa perbatasan oleh negara lain, maka negara tersebut sudah dianggap aman dari ancaman keamanan.

Bidang Hankam

Munculnya terorisme dan invasi militer dari negara lain

Bidang Hankam

Karena, jika muncul terorisme dan invasi (pendudukan) militer dari negara lain menunjukkan kita kurang memedulikan pertahanan dan keamanan negara.

Bidang Hankam

Semangat gotong royong tetap ada dalam masyarakat

Bidang Hankam

Masyarakat memegang teguh nilai-nilai bangsa Indonesla yang ada dalam Pancasila

Bidang Hankam

Kurang kesadaran akan cinta tanah air

Bidang Hankam

Kurangnya kesadaran akan cint tanah air disebabkan karena adanya sifat individualism dan egoism dari masyarakat. Selain itu karena masyarakat kita belum tahu akan pentingnya kesadaran cinta tanah air.

5. Bidang Sosial Budaya

 

Bidang Sosial Budaya

 

Bidang Sosial Budaya

Masih banyak kerusuhan yang dapat memecahbelahkan rakyat Indonesia dan juga gaya hidup masa kini (kekinian)

Bidang Sosial Budaya

Pengaruh dari globalisasi yang membuat masyarakat kita cenderung memiliki gaya hidup dan budaya asing sehingga budaya yang bangsa kita miliki terlupakan.

Bidang Sosial Budaya

Melestarikan bergotong royong dan kebudayaan daerah

Bidang Sosial Budaya

Karena, jika kita tetap dapat melestarikan kegiatan gotong royong dan kebudayaan daerah kita sendiri, artinya kita sudah berhasil menerapkan asas wawasan Nusantara di bidang sosial budaya.

Bidang Sosial Budaya

Adanya klaim budaya sepihak oleh bangsa lain dan pengaruh globalisasi yang membuat munculnya perilaku individualisme

Bidang Sosial Budaya

Karena, jika adanya pengeklaiman budaya sepihak oleh bangsa lain maka kita gagal untuk dapat mempertahankan budaya sendiri. Munculnya sifat individualisme juga membuat manusia hanya memedulikan diri sendiri.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 7.1 Contoh Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara Halaman 207-208 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 7.1 Contoh Keberhasilan Pelaksanaan Asas Wawasan Nusantara Halaman 207-208 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!