Breaking News

Tabel 6.4. Peran Serta Masyarakat untuk Mengatasi Ancaman

Questions and Answers to the Class 10 PPKN in the 2017 Revised Curriculum Table 6.4. Community Participation in Overcoming Threats Page 193 Chapter 6 (Threats to the State in the Framework of Unity in Diversity) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 6.4. Peran Serta Masyarakat untuk Mengatasi Ancaman Halaman 193 Bab 6 (Ancaman Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal lka) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Kelompok 6.1

Nah setelah kalian membaca uraian diatas, coba kalian bersama teman sebangku melakukan penilaian atas peran serta masyarakat untuk mengatasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional! Informasikan hasil penilaian kelompok kalian kepada kelompok lainnya!

Tabel 6.4. Peran Serta Masyarakat untuk Mengatasi Ancaman

No. Bidang Peran Serta Indikator Keberhasilan
1. Ideologi Menerapkan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata). Keamanan di wilayah Indonesia relatif terkendali, dikarenakan adanya kerja sama yang erat antara TNI/Polri dan rakyat.
Tidak membeda-bedakan keberagaman misalnya pada suku, budaya daerah dan sebagainya untuk menjadi seseorang yang mampu memahami keberagaman bangsa indonesia. Akan tercipta lingkungan yang aman dan damai.
Mengamalkan nilai ketuhanan yang maha esa. Untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa, sehingga kita senantiasa terhindar dari paham tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
2. Politik Ikut berpatisipasi untuk mempengaruhi setiap proses pembuatan dan pelaksanan kebijaksannan publik oleh para pejabat/lembaga negara Pembuatan kebijakan sesuai denean kebutuhan masyarakat dan pemerintahan tidak menyalahgunakan kekuasaannya.
Melakukan pembangunan pada sistem politik dari demokrasi Indonesia yang dimana akan semakin menjaga dan juga menghargai akan perbedaan yang ada di Indonesia. Terbentuknya kesatuan yang solid yang berada di wilayah Republik Indonesia dan akan tetap terjaga dengan baik.
Pembangunan sistem politik demokrasi yang menghargai kebhinekaan dan kemajemukan bangsa. Kesatuan di wilayah Indonesia masih terjaga dengan baik, meski tidak 100% dapat menghargai satu sama lain dengan baik.
Mengikuti pesta demokrasi dengan baik Meningkatnya peran serta masyarakat untuk mengikuti pemilu.
3. Ekonomi Memberikan bantuan sosial, rehabilitasi sosial, pembinaan kepada fakir miskin Fakir miskin menjadi lebih tertata dan berkurang
Lebih menggunakan produk yang berasal dari dalam negeri. Akan menjaga perekonomian sebuah bangsa karena penggunaan dari rupiah tidak akan digunakan diberikan kepada luar negeri dan akan menjaga kestabilan dari rupiah itu sendiri.
Berupaya menjadi pengusaha atau menekuni bidang UMKM Semakin banyak penjual / pebisnis di Indonesia baik secara online maupun offline
4. Sosial Budaya Memelihara nilai-nilai positif (eotong royong, rukun) Kerukunan dan persatuan di masyarakat meningkat
Melakukan tindakan terhadap penjagaan dan juga pelestarian untuk budaya tradisional yang berada di Indonesia yang akan diwariskan kepada calon penerus bangsa. Budaya tradisional Indonesia yang diwariskan akan semakin terkenal dan lebih diminati oleh masyarakat lokal maupun asing dikarenakan bangsa Indonesia mampu untuk menjaga tradisi.
Menjaga dan melestarikan budaya tradisional Indonesia kepada para penerus bangsa. Budaya-budaya tradisional Indonesia banyak digemari orang asing dikarenakan bangsa Indonesia melestarikan budayanya hingga mancanegara.
Menggemari lagu-lagu bertema daerah Semakin populernya kebudayaan terutama lagu-lagu daerah di Indonesia.
5. Pertahanan dan Keamanan Menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan Keamanan di wilayah Indonesia menjadi lebih meningkat dan tidak ada kerusuhan yang terjadi
Melakukan penjagaan terhadap wilayah NKRI yang dimana adanya kemungkinan untuk datangnya sebuah ancaman yang dapat datang baik dari dalam maupun luar ngeri. Kestabilitasan kedaulatan NKRI.
Menjaga keamanan wilayah negara dari ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam negeri. Sudah berjalan dengan baik dan masyarakat pun mampu menjaga wilayah dari hal-hal kecil.
Aktif menjaga keamanan lingkungan dengan mengikuti kegiatan siskamling. Bisa mendeteksi munculnya bibit bibit terorisme dalam lingkungan masyarakat

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 6.4. Peran Serta Masyarakat untuk Mengatasi Ancaman Halaman 193 Bab 6 (Ancaman Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal lka)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 6.4. Peran Serta Masyarakat untuk Mengatasi Ancaman Halaman 193 Bab 6 (Ancaman Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal lka). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!