Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 6.1 Halaman 135 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan)

Diposting pada

Questions and Answers for PPKN Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Activities 6.1 Page 135 Chapter 6 (Strengthening Nationality Commitments) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama Laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 6.1 Halaman 135 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya.~

Aktivitas 6.1

Silakan kalian gali informasi secara berkelompok siapa saja pendiri negara yang memiliki semangat dan komitmen kebangsaan yang kuat. Tuliskan bagaimana bentuk perjuangan yang dilakukan. Kemudian, presentasikan di depan kelas.

Tabel 6.2  Bentuk Semangat dan Komitmen Kebangsaan Pendiri Negara

No. Nama Pendiri Negara Bentuk Semangat Dan Komitmen Sejarah Perjuangan
1. K.H. Wahid Hasyim
  • Bersikap Patriotisme dan Nasionalisme, terbukti dari beliau yang dianugerahi sebagai pahlawan nasional
  • Menjadi Pribadi yang jujur, cerdas, amanah, serta dapat dipercaya
  • Aktif Berorganisasi di Organisasi Positif Terutama dalam Bidang kegamaan
K.H. Wahid Hasyim Merupakan seorang Tokoh Pahlawan Nasional yang juga menyabet gelar Founding Fathers (Bapak Pendiri Bangsa). Langkah Perjuangan yang diambil K.H. Wahid Hasyim adalah membentuk kementrian Agama,lalu membujuk Jepang Untuk memberikan latihan militer khusus kepada para santri, serta mendirikan barisan pertahanan Rakyat secara mandiri. Selain itu,beliau juga termasuk salah satu anggota BPUPKI.
2. Prof.Mr.Mohammad Yamin S.H
  • Amanah dalam mengemban tugas sebagai pejabat negara
  • Totalitas dalam menjadi pribadi yang cinta dan siap membela tanah air
  • Memberikan dan memperlakukan negara sebaik mungkin
  • Aktif dalam organisasi yang memiliki Orientasi Positif bagi Pribadi serta bangsanya
Mohammad Yamin merupakan sosok yang lahir pada tanggal 24 Agustus 1903 dan wafat pada 17 Oktober 1962. Mohammad Yamin bisa dikatakan sebagai bapak pendiri bangsa karena beberapa keaktifannya dalam membantu proses kemerdekaan Indonesia, diantaranya seperti menyusun naskah Sumpah Pemuda yang dibacakan pada Kongres Pemuda II Pada 27-28 Oktober 1928 dan Menyampaikan gagasan pendapat landasan negara pada konferensi BPUPKI.
3. Ir.Soekarno
  • Tegas dalam menolak setiap iming-iming bangsa asing
  • Bersifat nasionalisme dan patriotisme yang sangat tinggi
  • Idealisme perjuangan yang sangat kental dan sangat Tinggi
  • Jiwa yang menggelora untuk mencapai kemerdekaan bangsanya Menerapkan nilai nilai keislaman dalam dunia berpolitiknya demi kemaslahatan bangsanya
4 Juli 1927 Beliau Bersama teman-temannya mendirikan PNI Guna menciptakan perjuangan yang terorganisir dan terarah, sehingga kemerdekaan dapat lebih mudah diraih.

Banyak Langkah-Langkah yang beliau lakukan, seperti menyusun Pledoi tertuliskan Indonesia menggugat, Mengusulkan Landasan dasar negara sewaktu Sidang BPUPKI, Ikut berpendapat dalam upaya memerdekakan Indonesia serta ikut aktif dalam Usaha-usaha menciptakan kemerdekaan Indonesia Lainnya.

4. Mochammad Hatta
  • Cinta Tanah Air
  • Mengutamakan Kepentingan Bangsa Indonesia daripada Kepentingan Dirinya sendiri
  • Berjiwa Kepahlawanan
  • Pejuang Hak Asasi Manusia
  • Semangat Persatuan dan Kesatuan
Perjuangan Beliau sudah dimulai sejak beliau menempuh Pendidikan di Negara Belanda. Banyak sekali upaya yang beliau lakukan Bersama teman-temannya, salah satunya menyuarakan kemerdekaan Indonesia di Belanda.

Sepulangnya di Indonesia, ia melanjutkan perjuangannya secara diplomatic guna mengeluarkan Indonesia dari pengaruh kolonialisme Belanda. Salah satu langkah yang beliau ambil adalah bergabung dalam Badan BPUPKI. Tapi, setelah dibubarkannya BPUPKI Beliau kemudian aktif di PPKI Bersama tokoh lainnya Ir.Soekarno. Berkat kerja Kerasnya, Indonesia mampu meraih kemerdekaannya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 6.1 Halaman 135 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 6.1 Halaman 135 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 2 Halaman 48 Bab 2 (Menumbuhkan Kesadaran Terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *