Tabel 6.1 Ancaman dan Akibatnya Jika Ancaman-Ancaman Militer Tidak Dapat Ditanggulangi Oleh Negara

Questions and Answers to the Class 10 PPKN in the 2017 Revised Curriculum Table 6.1. Threats and their consequences if military threats cannot be overcome by the state Page 183 Chapter 6 (Threats to the State in the Framework of Unity in Diversity) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 6.1. Ancaman dan Akibatnya jika ancaman-ancaman militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara Halaman 183 Bab 6 (Ancaman Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal lka) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 6.1

Setelah membaca uraian materi di atas, coba kalian cari di internet atau sumber lain akibat jika ancaman-ancaman militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita. Tuliskan akibatnya pada bagian di bawah ini.

Tabel 6.1. Ancaman dan Akibatnya

No. Ancaman Militer Akibatnya bagi Integrasi Nasional
1. Ancaman Militer
  • Semakin pesat perkembangan teknologi militer negara-negara tertentu akan menimbulkan kecemasan bagi negara lain.
  • Segala bentuk ancaman militer yang melibatkan persenjataan merupakan ancaman riil untuk keutuhan bangsa. Ancaman ini memunculkan ketakutan di sebuah wilayah baik regional maupun nasional.
  • Apabila ancaman ini terjadi di wilayah perbatasan negara, maka hal ini bisa mengancam keutuhan wilayah NKRI, dan sudah menjadi tugas TNI untuk menanganinya dan menciptakan ketenangan.
  • Contoh : ancaman kelompok radikal bersenjata di Papua yang mengakibatkan ketakutan di wilayah, perekonomian dan pembangunan wilayah menjadi tersendat.
2. Spionase
  • Spionase dilakukan untuk mendapat informasi penting dari negara lain. Hasil dari spionase itu akan digunakan untuk keuntungan pengirim mata-mata. Sementara negara yang dimata-matai akan menerima kerugian karena rahasia-rahasia penting bocor ke negara lain. Akibat yang berbahaya adalah negara yang dimata-matai akan diserang baik secara militer, politik, ekonomi maupun sosial budaya.
  • Spionase merupakan kegiatan memata matai apa yang seharusnya menjadi kedaulatan suatu negara.
  • Spionase ini berbahaya karena merupakan ancaman terhadap rahasia negara.
  • Negara juga mengantisipasi bahkan membuat sekolah untuk hal ini yang disingkat STSN atau Sekolah Tinggi Sandi Negara.
3. Teroris
  • Akan muncul ketakutan dan trauma dan juga rasa curiga terhadap kelompok tertentu. Jika ini terjadi upaya persatuan bangsa akan terhambat, karena munculnya rasa saling curiga.
  • Group teror sesuai namanya merupakan group yang memiliki tujuan menciptakan ketakutan dan teror di masyarakan.
  • Group teror ini menghambat pertumbuhan perekonomian, kenyamanan dalam melaksanakan ibadah, dan kegiatan bersosial.
  • Di negara kita setiap kegiatan teror akan mendapatkan pidana yang paling berat.
4. Agresi Militer
  • Jika sebuah bangsa mengalami agresi atau invasi militer dari negara lain, hampir bisa dipastikan akan timbul kerusakan dan kehancuran infrastrukur dengan sangat parah. Pada saat yang sama akan muncul kemungkinan terburuk yakni rusaknya integrasi nasional yakni jatuhnya sebuah wilayah ke tangan negara lain.
  • Agresi militer merupakan kegiatan yang secara terang terangan menyerang kedaulatan suatu negara menggunakan persenjataan.
  • Saat ini di timur tengah jelas banyak terjadi agresi militer yang dilakukan oleh negara negara barat seperti okupasi dan penindasan. Setiap agresi yang terjadi, perekonomian menjadi lumpuh.
5. Penyelundupan Senjata
  • Penyelundupan senjata sangat berbahaya jika digunakan untuk kriminal dan terutama digunakan untuk mendirikan kelompok separatis melawan pemerintah resmi.
  • Penyelundupan senjata sangat berbahaya jika digunakan untuk kriminal dan terutama digunakan untuk mendirikan kelompok separatis melawan pemerintah resmi.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 6.1. Ancaman dan Akibatnya jika ancaman-ancaman militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara Halaman 183 Bab 6 (Ancaman Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal lka)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 6.1. Ancaman dan Akibatnya jika ancaman-ancaman militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara Halaman 183 Bab 6 (Ancaman Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal lka). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!