Breaking News

Tabel 5.5. Perbuatan yang Kurang Menunjukkan Adanya Sikap Bela Negara

Questions and Answers to the Class 10 PPKN in the 2017 Revised Curriculum Table 5.5. Actions that do not show the existence of State Defense Page 168-169 Chapter 5 (National Integration in the Framework of Unity in Diversity) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 5.5. Perbuatan yang Kurang Menunjukkan Adanya Sikap Bela Negara Halaman 168-169 Bab 5 (Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Kelompok 5.2

Diskusikan dengan kelompok kalian mengenai sikap dan perbuatan yang kurang menunjukkan komitmen, kecintaan pada tanah air, tidak memiliki jiwa patriotisme, tidak mau rela berkorban, dan tidak memiliki perhatian terhadap pelaksanaan bela negara dalam bidang hukum, ekonomi, pendidikan, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Tabel 5.5. Perbuatan yang Kurang Menunjukkan Adanya Sikap Bela Negara

No. Bidang Perbuatan Langkah Penyelesaian
1. Hukum Tidak menaati peraturan jalan raya seperti tidak menghiraukan lampu lalu lintas. Pemberian hukuman atau pemberian tilang terhadap pelanggar yang dimana tidak melakukan sebagaimana Undang Undang dalam bekendara.
Perilaku menyogok dan Korupsi. Melakukan rotasi kepemimpinan yang terbukti menyimpang untuk menghindari aksi sogok dan korupsi di kemudian hari.
Ketidakadilan terhadap korban yang dimintai keadilan. Menyadarkan pada dirinya bahwa semua orang itu harus sama di depan hukum. 
Hepotisme. Ingatlah bahwa semua manusia itu sama derajatnya didepan hukum. Dan ingatlah bahwa semuakesalahan itu ada balasannya.
2. Ekonomi Adanya pedagang yang dimana hanya mementingkan sebuah keuntungan kepadanya daripada memikirkan barang dan juga lebih memilih produk luar negeri untuk dijual. Lakukanlah sebuah perdagangan yang dimana lebih mementingkan produk yang berasal dari dalam negeri dan lebih berdagang dengan bijak.
Berperilaku Hedonisme Berperilaku arif serta menanamkan pola hidup sederhana agar terhindar dari perilaku konsumerisme.
Pedagang yang mementingkan keuntubgab daripada kualitas barang dan mengutamakan produk luar negeri. Berdagang dengan bijak dan lebih mengutamakan berdagang produk dalam negeri.
Monopoli Dagang. Sadarlah bahwa semua manusia mempunyai kebutuhan, dimana kebutuhan itu harus mereka cukupi untuk kelangsungan hidup mereka. Dan tidak smeua orang memiliki dana yang cukup untuk mencapai kebutuh itu.
3. Pendidikan Menyontek Menyadarkan bahwa semua yang kita lakukan dihari ini akan kembali pada diri kita. Ingatlah bahwa kita itu adalah generasi muda penerus bangsa.
Tidak bekerja sesuai profesi. Ingin Indonesia maju? Mulailah dari diri anda! Saat anda belum bisa membenarkan apa yang kalian lakukan maka bawahan anda akan meniru seniornya (anda).
Bermalas malasan dan tidak fokus dalam belajar. Menyadari pentingnya pendidikan dan menerapkan semangat belajar.
Tidak menghormati dan menghargai guru Melakukan pendekatan secara fisik dan batin terhadap siswa baik dilakukan oleh guru maupun orangtua agar siswa dapat berperilaku lebih arif dan bijaksana.
Lebih suka untuk bermalas-malasan dan tidak ingin mengerjakan tugas maupun tidak belajar. Membuat peserta didik sadar akan pentingnya pendidikan agar ia dapat termotivasi dan mempunya semangat untuk belajar.
4. Sosial Budaya Lebih banyak meniru sikap kebudayaan yang berasal dari luar negeri dan kemudian memakai produk yang berasal dari luar negeri tersebut. Lakukan sikap untuk pelestarian terhadap kebudayaan sendiri dan mulailah mencoba untuk melakukan seleksi terhadap setiap kebudayaan asing yang masuk.
Bersikap apatis terhadap lingkungan sekitar Berhenti bersikap defensif, pasif, serta menjadi pribadi yang terbuka (extrovert) selain itu menyadarkan diri bahwa setiap makhluk hidup membutuhkan bantuan orang lain untuk kelangsungan hidupnya.
Meniru budaya asing dan memakai produk luar negeri. Melestarikan budaya sendiri dan menyeleksi budaya asing yang masuk.
5. Pertahanan Keamanan Ikut dalam bentrok dan demostrasi. Memanggil pihak yang berseteru dan menyelesaikan masalahnya secara baik-baik.
Melakukan aksi tawuran antar kelas, antar fakultas, maupun antar sekolah dan kampu Melakukan pembenahan mental dan cara pandang terhadap pelaku tawuran agar tidak terulang aksi yang sama di kemudian hari.
Melakukan kegiatan kerusuhan pada saat mengikuti demonstrasi. Melakukan pemanggilan terhadap orang-orang yang terlibat dan melakukan penyelesaian masalah secara baik-baik

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 5.5. Perbuatan yang Kurang Menunjukkan Adanya Sikap Bela Negara Halaman 168-169 Bab 5 (Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 5.5. Perbuatan yang Kurang Menunjukkan Adanya Sikap Bela Negara Halaman 168-169 Bab 5 (Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!