Tabel 3.9 Aktivitas Kelompok Apa saja yang dapat kalian lihat dari kedua gambar tersebut terkait dengan pendistribusian kembali pendapatan nasional

Questions and Answer Key Grade 8 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2017 Table 3.9 Group Activity What can you see from the two images are associated with the redistribution of income nasional Halaman 182-183 Chapter 3 (Advantages and Limitations Between Space and Its Effect on Economic Activity, Social, Cultural in Indonesia and ASEAN) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 3.9 Aktivitas Kelompok Apa saja yang dapat kalian lihat dari kedua gambar tersebut terkait dengan pendistribusian kembali pendapatan nasionalHalaman 182-183 Bab 3 (Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi ,Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 orang.

2. Amati Gambar 3.18 di atas dan diskusikan dengan teman satu kelompok, apa saja yang dapat kalian lihat dari kedua gambar tersebut terkait dengan pendistribusian kembali pendapatan nasional, dilihat dari pemerataan pendapatan, dampak, dan upaya apa yang harus dilakukan.

3. Tuliskan hasil diskusimu pada lembar kerja yang telah disediakan di bawah ini!

Tabel 3.9 Aktivitas Kelompok

No. Aspek Hasil Diskusi
1. Pemerataan Berdasarkan pengamatan Gambar 1 dan 2, dapat disimpulkan bahwa pendistribusian kembali pendapatan nasional masih belum merata, sebab terlihat sangat jelas perbedaan serta masih adanya kesenjangan ekonomi antara orang yang berada pada Gambar 1 dan 2 yang sangat tajam. Pada Gambar 2, masyarakat masih mengalami kemiskinan, namun sangat berbeda dengan orang-orang yang ada pada Gambar 1. Selisih besaran pendapatan yang diterima masyarakat kelas atas dan kelas bawah masih besar.
2. Dampak Akibat selisih besaran pendapatan yang diterima masyarakat kelas atas dan kelas bawah yang masih besar ini, dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, antara lain :

  • Menimbulkan Kriminalitas.
  • Menimbulkan Kemiskinan.
  • Inefisiensi ekonomi.
  • Melemahkan mobilitas sosial dan stabilitas solidaritas.
  • Tidak meratanya infrastruktur pembangunan.
  • Terjadinya Inflasi.
  • Menghancurkan para pelaku UKM dan sejenisnya, dan sebagainya.
3. Upaya yang dapat dilakukan Untuk menghindari dampak-dampak pada no.2, banyak upaya yang dapat dilakukan, antara lain :

  • Program Pemberian Jaminan Akses Kebutuhan Dasar bagi Rakyat Bawah.
  • Program Kredit Lunak dan Penjaminan Kredit Berbasis Komunitas.
  • Pengembangan Usaha atau Industri Kecil.
  • Pemerintah Bekerja Sama dengan Swasta Lokal dan Asing untuk Menjalankan Program Corporate Social Responsibility (CSR).
  • Pemerintah Konsisten dalam Mewujudkan Kebijakan Penegakan Hukum dan Keadilan Ekonomi.
  • Pemberian Subsidi, seperti subsidi BBM, pupuk, Sembako, dsb.
  • Pengenaan Pajak bagi orang mampu.
  • Kesadaran diri untuk membeli produk-produk dari orang-orang kecil baik berupa makanan, pakaian, dan sebagainya.
4. Pengertian Redistribusi Pendapatan Redistribusi (pendistribusian kembali) pendapatan adalah pendistribusian kembali pendapatan masyarakat kelompok kaya kepada masyarakat kelompok miskin baik berasal dari pajak ataupun pungutan-pungutan lain. Redistribusi pendapatan dilakukan sebagai salah satu bentuk jaminan sosial yang dilakukan negara kepada masyarakat. Jaminan sosial bukanlah pengeluaran publik yang sia-sia, melainkan sebuah bentuk investasi sosial yang menguntungkan dalam jangka panjang yang dilandasi dua pilar utama, yakni redistribusi pendapatan dan solidaritas sosial. Redistribusi pendapatan dapat berbentuk vertikal dan horizontal.
5. Program Redistribusi untuk Pemerataan Distribusi Pendapatan di Indonesia
  • Program Pemberian Jaminan Akses Kebutuhan Dasar bagi Rakyat Bawah
  • Program Kredit Lunak dan Penjaminan Kredit Berbasis Komunit
  • Pengembangan Usaha atau Industri Kecil
  • Pemerintah Bekerja Sama dengan Swasta Lokal dan Asing untuk Menjalankan Program Corporate Social Responsibility (CSR)
  • Pemerintah Konsisten dalam Mewujudkan Kebijakan Penegakan Hukum dan Keadilan Ekonomi

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 3.9 Aktivitas Kelompok Apa saja yang dapat kalian lihat dari kedua gambar tersebut terkait dengan pendistribusian kembali pendapatan nasional Halaman 182-183 Bab 3 (Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 3.9 Aktivitas Kelompok Apa saja yang dapat kalian lihat dari kedua gambar tersebut terkait dengan pendistribusian kembali pendapatan nasiona lHalaman 182-183 Bab 3 (Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang dan Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!