Breaking News

Tabel 3.1 Peranan Organisasi Infrastruktur

Questions and Answers to PPKN Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 Table 3.1 The role of organizations or groups that are the power of political infrastructure in the Indonesian political system Pages 80-81 Chapter 3 (Authority of State Institutions according to the 1945 Constitution of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 3.1 Peranan organisasi atau kelompok yang menjadi kekuatan infrastruktur politik dalam sistem politik Indonesia Halaman 80-81 Bab 3 (Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 3.1

Coba kalian tuliskan peranan organisasi atau kelompok yang menjadi kekuatan infrastruktur politik dalam sistem politik Indonesia.

Tabel 3.1 Peranan Organisasi Infrastruktur

No. Organisasi Infrastruktur Contoh Peranannya
1. Partai Politik Partai politik adalah organisasi manusia dimana di dalamnya terdapat pembagian tugas dan petugas untuk mencapai suatu tujuan, mempunyai ideologi, mempunyai program politik sebagai rencana pelaksanaan atau cara mencapai tujuan secara lebih pragmatis serta mempunyai ciri berupa keinginan untuk berkuasa.

Partai politik merupakan sebuah organisasi yang mewakili beberapa golongan masyarakat dengan tujuan sama untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam masyarakat berbeda dengan syarat pembentukan partai-politik, partai politik memiliki fungsinya. Ada beberapa fungsi dari partai politik. Pertama, partai politik berfungsi sebagai penghubung antara pemerintah dan rakyat dimana dengan adanya partai politik maka rakyat dengan mudah menyalurkan aspirasinya terutama ketika pemilihan wakil rakyat. Kedua, partai politik memiliki fungsi untuk mengajak masyarakat dalam melakukan kegiatan- kegiatan kenegaraan dan yang terakhir yaitu mengatur jika terjadi pertikaian dalam kasus politik di masyarakat.

Peranan:

Sebagai representasi ide dari masyarakat yaitu mewakili segala hal yang berkaitan dengan kepentingan warga, jalur perundingan bagi tuntutan atau pendapat yang beraneka ragam, serta sebagai sarana sukses kepemimpinan politik yang damai.

Contoh peranan:

  • Duduknya para wakil rakyat di DPR yang sebagian adalah orang-orang yang berasal dari partai politik. Dalam hal ini tugas mereka adalah  menampung  dan menghimpun aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat untuk dirapatkan dan diperjuangkan agar dapat dijalankan oleh pemerintah.
  • Kampanye anggota partai politik menjelang pemilu untuk menyampaikan sosialisasi program politik agar masyarakat tidak buta terhadap program yang ingin dibuat oleh pemerintah dalam menjalankan pemerintahannya.
  • Berpartisipasi Dalam Sektor Pemerintahan
  • Melakukan Pengawasan terhadap Kebijakan
  • Para Pemegang Otoritas
  • Menafsirkan Kepentingan melalui Isu- Isu Politik bagi Masyarakat.
  • Kelompok Kepentingan
2. Kelompok Kepentingan Kelompok kepentingan adalah anggota masyarakat yang secara sukarela memberikan ekspresi mengenai segala aspirasi keinginan dan pendapatnya terhadap sistem pemerintah untuk kepentingan masyarakat ataupun kelompok tertentu.

Peranan:

Memperjuangkan kepentingan-kepentingan tertentu dari masyarakat atau golongan

Contoh peranan:

  • NU dan Muhammadiyah berperan memperjuangkan dakwah Islam.
  • IDI memperjuangkan kebijakan mengenai kesehatan rakyat Indonesia.
  • PGRI memperjuangkan nasib guru dan juga sebagai wadah konsolidasi antar guru.
  • Aksi demo masyarakat menuntut penurunan harga BBM atau biaya pendidikan.
3. Kelompok Penekan Kelompok penekan adalah sekelompok manusia yang tergabung menjadi anggota suatu lembaga kemasyarakatan dengan aktivitas yang tampak dari luar sebagai golongan yang sering mempunyai kemauan untuk memaksakan kehendaknya kepada pihak penguasa.

Peranan:

  • Melontarkan kritikan-kritikan untuk para pelaku politik lain dengan tujuan membuat perpolitikan maju. Kelompok penekan juga dapat memengaruhi atau bahkan membentuk kebijaksanaan pemerintah melalui cara-cara persuasi, propaganda, atau cara lain yang lebih efektif.
  • Mengkritik Pelaku Politik Lain.
  • Memajukan Dunia Politik.
  • Mempengaruhi Sistem Pemerintahan.
  • Membentuk Kebijaksanaan Pemerintahan.
  • Wadah Penyalur Aspirasi dan Kebutuhan Masyarakat.
  • Media Komunikasi Politik

Contoh peranan:

  • Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mengritik kebijakan sekolah negeri yang memiliki kebijakan cenderung merugikan masyarakat miskin.
  • Organisasi Lingkungan Hidup yang aktif mengkampanyekan pemeliharaan lingkungan dan mengkritisi kebijakan pemerintah yang kurang ramah lingkungan.
4. Media Komunikasi Politik Media komunikasi politik adalah salah satu instrumen politik yang berfungsi menyampaikan informasi mengenai politik baik dari pemerintah kepada masyarakat maupun sebaliknya.

Adapun pengertian dari media komunikasi politik yaitu salah satu komponen infrastruktur politik dengan fungsi untuk menyampaikan informasi- informasi penting mengenai politik maupun pemerintahan kepada masyarakat dan sebaliknya. Selain itu media komunikasi politik dapat digunakan untuk menghubungkan pemikiran politik dalam masyarakat. Dengan adanya media komunikasi politik dalam infrastruktur politik maka suasana politik dalam masyarakat akan terdukung dan media komunikasi politik ini juga sebagai salah satu sarana pemersatu antar golongan politik. selain memiliki fungsi penting seperti di atas berbeda dengan hak dan kewajiban komnas ham, media komunikasi politik.

Peranan:

  • Membantu pembentukan memori publik melalui penyampaian informasi yang menambah pengetahuan masyarakat.
  • Membantu menyusun agenda kehidupan yang berhubungan dengan politik dan kepentingan umum.
  • Menjadi fasilitator yang membantu mediasi antara aktor politik dengan aktor politik lainnya.
  • Membantu menyosialisasikan pribadi seseorang, termasuk nilai-nilai yang diajarkan oleh orang tersebut.
  • Membujuk khalayak untuk menemukan kelebihan dari pesan-pesan politik yang diterima.

Contoh peranan:

  • Media elektronik menyebarluaskan keunggulan Erdogan sebagai calon presiden Turki untuk meyakinkan masyarakat Turki bahwa Erdogan pantas menjadi presiden.
  • Koran mengkritisi kebijakan pemerintah yang mengijinkan pembangunan reklamasi padahal ijinnya belum terbit. Dari berita ini masyarakat menjadi tahu dan bersama-sama mengontrol pemerintah untuk mencegah pelanggaran lebih lanjut.
  • Televisi memberitakan bahwa oknum A selalu membuat alasan saat dipanggil penyidik perkara untuk mempertanggung jawabkan tindak pidana korupsi. Dari hal ini masyarakat menjadi tahu watak oknum tersebut dan mulai menjauhinya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 3.1 Peranan organisasi atau kelompok yang menjadi kekuatan infrastruktur politik dalam sistem politik Indonesia Halaman 80-81 Bab 3 (Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 3.1 Peranan organisasi atau kelompok yang menjadi kekuatan infrastruktur politik dalam sistem politik Indonesia Halaman 80-81 Bab 3 (Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!