Breaking News

Tabel 2.5 Identifikasi Ciri-Ciri Kemerdekaan Beragama dan Kepercayaan yang Terdapat dalam Dua Peraturan

Questions and Answers to PPKN Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 Table 2.5 Identification of Characteristics of Freedom of Religion and Belief in Two Regulations Pages 58-59 Chapter 2 (Provisions of the 1945 NRI Constitution in National and State Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 2.5 Identifikasi Ciri-Ciri Kemerdekaan Beragama dan Kepercayaan yang Terdapat dalam Dua Peraturan Halaman 58-59 Bab 2 (Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 2.3

Kemerdekaan beragama dan kepercayaan diatur pula dalam Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, serta dalam Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2005 tentang Pengesahan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik. Tugas kalian adalah mengidentifikasi ciri-ciri kemerdekaan beragama dan kepercayaan yang terdapat dalam dua peraturan tersebut. Tuliskan hasil identifikasi kalian ke dalam tabel berikut ini.

Tabel 2.5 Identifikasi Ciri-Ciri Kemerdekaan Beragama dan Kepercayaan yang Terdapat dalam Dua Peraturan

No. Ciri-Ciri Kemerdekaan Beragama Penjelasan
1. Mejalankan agama sesuai dengan keyakinan masing-masing. Artinya umat beragama itu menjalankan ibadah dengan kepercayaan tanpa mengganggu atau menghina agama atau kepercayaan lain.
2. Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadah menurut agamanya. Masyarakat diberi kebebasan untuk memilih agama yang diyakininya, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, dan memilih tempat tinggal di wilayah negaranya.
3. Selalu dipersilahkan untuk berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Dimanapun kita berada kita bisa berdoa karena kita bertoleransi antar umat beragama.
4. Dapat melakukan berbagai kegiatan keagamaan Contohya seperti umat islam yang sedang menunaikan hari besar Islam. Agama lain harus bertoleransi akan hal itu.
5. Tidak boleh menistakan antar umat beragama Karena semua umat beragama itu sama sama mengajarkan kebaikan.
6. Adanya kebebasan otonom bagi setiap golongan umat beragama serta perlindungan hukum. Dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan lainnya yang berhubungan dengan eksistensi agama masing masing.
7. Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan Menyatakan pikiran dan sikap sesuai dengan hati nuraninya.
8. Tiap pemeluk memiliki kewajiban Contoh di agama Islam seperti sholat dan bertaqwa kepada Allah.
9. Hak Untuk Beragama Setiap manusia memiliki hak untuk beragama sesuai dengan keinginannya sendiri. (Pasal 4  UU No 29 Tahun 2009)
10. Setiap orang bebas memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Setiap orang memiliki kebebasan untuk memeluk agamanya dan menjalankan peribadatannya sesuai dengan  agamanya itu tanpa mendapat gangguan dari pihak lain. (Pasal 22 ayat 1 UU No 39 Tahun 2009)
11. Negara menjamin kemerdekaan setiap orang memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Negara memberikan jaminan kepada setiap orang untuk memeluk agamanya masing-masing dan menjalankan ibadah menruut agama dan kerpecayaannya itu. (Pasal 22 ayat 2  UU No 39 Tahun 2009)
12. Pelarangan Diskriminasi Agama Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak dibenarkan melakukan berbagai praktik diskriminasi termasuk dalam hal agama. (Pasal 4 UU RI No 12 tahun 2005)
13. Pelarangan propaganda atas dasar agama Tidak dibenarkan menghasut atau berpropaganda atas dasar agama.  (Pasal 19 UU RI No 12 tahun 2005)
14. Dalam menyampaikan pendapat harus memperhatikan ajaran agama. Ketika bermaksud menyampaikan pendapat harus memperhatikan nilai-nilai agama. (Pasal 23   UU No 39 Tahun 2009)
15. Setiap penganut agama berhak mendapat pendidikan agama sesuai dengan agamanya masing-masing Tidak dibenarkan memberikan pendidikan agama lain kepada orang yang sudah menganut agama tertentu. (Pasal 18 ayat 4 UU No. 12 tahun 2005)
16. Setiap anak berhak untuk beribadah menurut agamanya Setiap anak berhak untuk beribadah menurut agamanya, di bawah bimbingan orangtua/ wali.  (Pasal 55  UU No 39 Tahun 2009)

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 2.5 Identifikasi Ciri-Ciri Kemerdekaan Beragama dan Kepercayaan yang Terdapat dalam Dua Peraturan Halaman 58-59 Bab 2 (Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tabel 2.5 Identifikasi Ciri-Ciri Kemerdekaan Beragama dan Kepercayaan yang Terdapat dalam Dua Peraturan Halaman 58-59 Bab 2 (Ketentuan UUD NRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Dalam tabel informasi nilai gizi pada kemasan biskuit yang dimiliki Dian menyatakan bahwa 16 keping biskuit mengandung 24 gram karbohidrat. Dian memakan 12 keping biskuit. Kandungan karbohidrat dalam 12 biskuit?

[Kunci Jawaban] Dalam tabel informasi nilai gizi pada kemasan biskuit yang dimiliki Dian menyatakan bahwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!