Breaking News

Tabel 2.10 Tahapan Metamorfosis

Questions and Answers to Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Complete Table 2.10 Metamorphosis Stages by describing the stages or providing a picture. Page 103-104 Chapter 2 (Plant and Animal Breeding System)~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkapilah Tabel 2.10 Tahapan Metamorfosis dengan menggambarkan tahapan ataupun memberikan gambar Halaman 103-104 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Selesaikan

Lengkapilah Tabel 2.10 dengan menggambarkan tahapan ataupun memberikan gambar!

Tabel 2.10 Tahapan Metamorfosis

No. Gambar Hewan dan Tahap Pertumbuhannya Keterangan
1. Metamorfosis pada nyamuk tergolong metamorfosis sempurna, Karena nyamuk melalui fase larva berupa jentik nyamuk dan fase pupa. Fase jentik pada nyamuk ini memiliki ciri dan sifat yang berbeda dengan nyamuk saat dewasa, sehingga metamorfosisnya adalah metamorfosis sempurna.
2. Tahapan metamorfosis pada belalang ialah:

  • Tahap Stadium Telur

Metamorfosis Belalang pada tahapan pertama yaitu tahap stadium telur atau fase telur. Telur belalang berasal dari sel betina yang dibuahi oleh belalang jantan dengan sprematozoa miliknya. Telur belalang diletakkan oleh belalang betina di berbagai tempat sekitarnya seperti tanah, dedaunan dan batang.

Bentuk telur belalang yaitu seperti satu butir beras. Proses pembuahan betina mampu menghasilkan 10 hingga 200 butir telur.

Pada wilayah yang beriklim subtropis, belalang betina menyimpan telurnya di bawah tanah dengan kedalaman sekitar 3 hingga 4 dari permukaan. Tujuan disimpan didalam tanah yaitu untuk menjaga telur agar tidak rusak karena suhu dingin ketika musim salju.

Waktu penetasan telur belalang bermacam-macam tergantung dari kondisi lingkungannya. Daerah yang beriklim tropis membuat telur belalang lebih cepat menetas.

  • Tahap Stadium Nimfa

Setelah telur belalang menetas, maka akan menjadi nimfa atau belalang kecil yang belum memiliki sayap dan alat reproduksi.

Nimfa ketika baru menetas berwarna putih dan akan berubah menjadi hijau atau coklat ketika sudah terpapar oleh sinar matahari dalam waktu yang lumayan lama.

Tahap stadium nimfa berlangsung sekitar 25 hingga 40 hari. Ketika dalam tahapan ini, nimfa hanya memakan dedaunan saja dan ganti kulit atau instar sebanyak 4 hingga 6 kali. Banyak sedikitnya pergantian kulit yang terjadi bergantung pada suhu dan kelembapan lingkungannya.

Pada instar yang terakhir tepatnya ketika ke 30 hingga 40 hari, nimfa mulai memiliki sayap yang kecil pada bagian tubuhnya.

  • Tahap Stadium Belalang Dewasa

Tahap terakhir yaitu tahap stadium belalang dewasa setelah tahap stadium nimfa sudah dilalui. Umur belalang diperkirakan mampu bertahan hingga 12 bulan, meskipun dalam kelangsungan hidupnya belalang menjadi makanan lezat oleh para predator yaitu burung, tikus dan kadal.

Belalang dewasa memiliki sayap yang lengkap dan kuat serta dapat digunakan untuk terbang. Selain itu, sistem reproduksinya pun sudah matang dan siap untuk digunakan.

Sistem reproduksi akan menghasilkan telur belalang yang baru ketika sudah mengalami proses pembuahan dengan pasangannya. Belalang dewasa akan memperoleh kematangan seksual dalam waktu 15 hari dan bertahan hingga 30 hari.

Metamorfosis pada belalang termasuk tipe metamorfosis Tidak sempurna, karena nimfa memiliki ciri dan sifat mirip dengan nyamuk dewasa. Selain itu belalang juga tidak memiliki fase pupa atau kepompong.

 

3. Gambarkan tahap metamorfosis pada kupu-kupu dan berilah keterangan pada tiap tahapan!

Tahap metamorfosis kupu – kupu adalah

a. Telur. Telur dihasilkan oleh induk betina yang kemudian dibuahi oleh induk jantan. Telur kupu – kupu akan menetas dalam jangka waktu 3 hingga 5 hari.

b. Larva atau ulat. Pada tahap ini, bentuknya sangat berbeda dengan individu dewasa. Setelah menetas telur berubah menjadi larva. Larva akan terus mencari makan dan berganti kulit hingga pertumbuhan maksimal ia akan berhenti makan dan mencari tempat untuk melekatkan diri, biasanya pada ranting dan daun. Kemudian larva akan membentuk kepompong.

c. Pupa atau kepompong adalah masa transisi dimana kepompong akan beristirahat selama 7 – 20 hari tergantung jenis spesies.

d. Kupu – kupu. Setelah kupu-kupu muda keluar dari kepompong, ia akan merangkak dengan sayapnya yang lemah dan ia akan berlatih terbang kemudian menjadi kupu-kupu dewasa. Kupu-kupu dewasa kemudian bertelur dan berulanglah tahap metamorfosis kembali seperti induknya.

Metamorfosis pada kupu-kupu termasuk tipe metamorfosis sempurna.
4. Gambarkan tahap metamorfosis pada kecoak dan berilah keterangan pada tiap tahapan!

Fase Telur:

Telur kecoa dilindungi oleh sejenis kapsul yang disebut ootheca. Pada tiap kapsulnya terdapat 32 butir telur (kecoa german) dan 16 butir telur (kecoa amerika). Telur menetas setelah berumur 28 hari (kecoa german) dan 2 bulan (kecoa amerika). Sepasang kecoa mampu menghasilkan keturunan sebanyak 35.000 per tahun.

Fase Nimfa:

Periode Nimfa 60 hari dengan 5 – 7 kali ganti kulit (kecoa german) dan 6 – 12 bulan dengan 13 kali ganti kulit (kecoa amerika).

Fase Imago:

Ukuran panjang kecoa german 12 mm dan lebar 4 mm sedang kecoa amerika 35 mm dan lebar 13mm. Umur kecoa dewasa 200 hari (kecoa german) dan 1 – 2 tahun (kecoa amerika) dekat dengan sumber makanan (dapur, sumber air, tempat yang hangat dan lembab, di celah-celah meja, tumpukan kertas dan retakan-retakan dinding). Tidak mudah menyebar dari satu gedung ke gedung lain kecuali ikut terbawa pada barang-barang.

Metamorfosis pada kecoak termasuk tipe metamorfosis tidak sempurna.

Kecoa dalam perkembangbiakannya mengalami metamorfosis tidak sempurna dimana siklus hidupnya ada tiga fase perkembangan yaitu telur, nimfa dan imago. Fase Telur:Telur kecoa dilindungi oleh sejenis kapsul yang disebut ootheca. Pada tiap kapsulnya terdapat 32 butir telur (kecoa german) dan 16 butir telur (kecoa amerika).

 

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa saja tahap metamorfosis sempurna pada hewan?

Tahap metamorfosis sempurna pada hewan yaitu telur ➡ larva ➡ pupa ➡ hewan dewasa.

2. Apa perbedaan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna?

a. Pada metamorphosis sempurna pada serangga, tahap tahapnya meliputi : telur -> larva / ulat -> pupa/ kepompong -> imago/ dewasa

b. Pada metamorphosis tidak sempurna pada serangga tahap tahapnya meliputi : telur -> nimfa / hewan kecil -> imago/ dewasa

c. Bentuk tubuh hewan saat muda dan dewasa pada metamorphosis sempurna sangat berbeda dengan perbedaan yang mencolok

Misalnya bentuk ulat pada kupu kupu sangat berbeda dengan bentuk kupu kupu dewasa

d. Bentuk tubuh hewan saat muda dan dewasa pada metamorphosis tidak sempurna relatif sama, hanya berbeda ukuran saja

Misalnya bentuk tubuh jangkrik muda  sebagai nimfa dengan jangkrik dewasa tidak terlalu mengalami banyak perubahan

3. Kesimpulan apa yang dapat disusun dari kegiatan yang telah kamu lakukan?

Metamorfosis adalah suatu perubahan individu mahluk hidup dari telur sampai menjadi dewasa yang sempurna dengan mengalami perubahan bentuk morfologi,anatomi bahkan fisiologis.

Metamorfosis pada dibedakan menjadi dua yaitu :

  1. Metamorfosis sempurna merupakan jenis perubahan hewan yang melalui 4 tahapan pertumbuhan dan perubahan, yakni: Telur —> Larva –> Pupa –> Dewasa. Metamorfosis ini disebut juga dengan istilah holometabola atau holometabolisme. Adapun contoh hewan yang dikategorikan mengalami metamorfosis sempurna adalah katak.
  2. Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang melalui tahap telur yang menetas menjadi nimfa, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi imago (dewasa). Nimfa adalah hewan muda yang mirip dengan hewan dewasa tetapi berukuran lebih kecil dengan perbandingan tubuh yang berbeda. Nimfa akan mengalami molting (pergantian kulit),setiap kali setelah molting mahluk hidup itu kelihatan lebih mirip dengan hewan dewasa.

Contoh metamorfosis tidak sempurna pada belalang, kecoak, capung, jangkrik, walang, tonggeret, dan lainnya masih banyak lagi.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkapilah Tabel 2.10 Tahapan Metamorfosis dengan menggambarkan tahapan ataupun memberikan gambar Halaman 103-104 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkapilah Tabel 2.10 Tahapan Metamorfosis dengan menggambarkan tahapan ataupun memberikan gambar Halaman 103-104 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!