Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Competency Test The safest energy source for the environment is Pages 245-246 Chapter 10 (Environmentally Friendly Technology) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah Halaman 245-246 Bab 10 (Teknologi Ramah Lingkungan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah ….

A. nuklir

B. batu bara

C. matahari

D. minyak bumi

Jawaban :

C. matahari

Pembahasan :

Minyak bumi: mengakibatkan polusi udara (penyebab utama pemanassan global) dan pencemaran perairan

Batubara: menghasilkan polusi udara yang menyebabkan terjadinya hujan asam

Energi matahari: sumber energi utama dan pertama di tata surya, terutama di bumi.

Nuklir: Sumber energi ramah lingkungan yang menghasilkan limbah radioaktif yang relatif sedikit dibandingkan sumber energi lainnya. Tetapi dapat menyebabkan bencana besar jika terjadi kebocoran radiasi nuklir.

2. Minyak mentah dapat diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, avtur, kerosin, serta aspal. Prinsip dasar dalam pengolahan minyak mentah tersebut adalah ….

A. penyaringan berdasarkan ukuran molekul

B. penyaringan berdasarkan berat jenis molekul

C. pemanasan dan pemisahan berdasarkan titik didih

D. pemisahan berdasar kelarutannya pada pelarut tertentu

Jawaban :

C. pemanasan dan pemisahan berdasarkan titik didih

Pembahasan :

Minyak mentah sejatinya bisa diolah menjadi berbagai macam produk seperti bensin atau avtur. Prosesnya adalah dengan pemanasan dan pemisahan berdasarkan titik didih (C)

Minyak bumi merupakan sumber dari berbagai produk yang biasa kita gunakan sehari-hari seperti bensi dan solar. Namun, untuk bisa mendapatkannya, diperlukan proses yang panjang. Mula-mula, minyak bumi di ambil dari dalam tanah dengan cara di bor, lalu minyak tersebut akan di proses untuk memisakannya dengan partikel lainnya dalam proses destilasi. Proses tersebut menggunakan panas untuk mendidihkan minyak. Produk minyak memiliki titik didih yang berbeda, dari situlah bisa kita dapatkan produk turunan dari minyak bumi seperti bensin, solar, dan avtur.

Proses pemisahan berbagai jenis bahan bakar dari minyak bumi dilakukan dengan menggunakan teknik pemisahan campuran yang sangat mirip dengan teknik  ‘destilasi’, yaitu memisahkan campuran berdasarkan perbedaan titik didihnya. Teknik pemisahan camppuran pada minyak bumi dinamakan fraksinasi. Perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih memahami proses pemisahan campuran dengan menggunakan kolom fraksinasi pada minyak bumi!

3. Pembakaran batu bara sebagai sumber energi dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. Berikut ini yang merupakan dampak negatif pembakaran batu bara adalah ….

A. menyebabkan polusi udara

B. menghasilkan zat radioaktif

C. menghasilkan natrium klorida

D. menyebabkan pencemaran tanah

Jawaban :

B. menghasilkan zat radioaktif

Pembahasan :

Pembakaran batu bara bisa membahayakah bagi seseorang ataupun lingkungan. Hal ini dikarenakan pembakaran batu bara akan menghasilkan zat radioaktif (A)

Batu bara merupakan bahan bakar yang paling kotor di antara bahan bakar yang lain. Proses mendapatkan batu bara memerlukan proses dan peralatan yang panjang. Untuk mendapatkan batu bara, diperlukan penebangan banyak pohon di hutan dan menghentikan aliran sungai. Setelah itu baru digali untuk mendapatkan batu bara.

Selain prosesnya yang tidak ramah lingkungan, pembakaran batu bara akan mengeluarkan zat radioaktif. Sebagai contoh, suatu pembangkit istrik yang menggunakan batubara sebagai sumber energi menghasilkan zat radioaktif 100 kali lebih banyak daripada pembangkit listrik tenaga nuklir.  Limbah padat batubara juga harus disimpan dalam tempat yang aman karena bersifat racun.

4. Bentuk aplikasi teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan baik sekarang maupun yang akan datang merupakan pengertian dari ….

A. bioteknologi

B. bioremediasi

C. teknologi modern

D. teknologi ramah lingkungan

Jawaban :

D. teknologi ramah lingkungan

Pembahasan :

Bentuk aplikasi teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan baik sekarang maupun yang akan datang merupakan pengertian dari teknologi ramah lingkungan. Teknologi merupakan upaya untuk memberikan kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan manusia.

Teknologi ramah lingkungan adalah bentuk teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi manusia dan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Beberapa jenis teknologi ramah lingkungan yang bermanfaat adalah :

  • Biopori
  • Fitoremediasi
  • Toilet Pengompos
  • Water Purication.

5. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip-prinsip teknologi yang tetap menjaga kelestarian lingkungan adalah ….

A. menjaga keberlangsungan lingkungan di masa depan

B. memperhatikan kesimbangan lingkungan, sosial, dan ekonomi

C. menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui

D. menggunakan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang

Jawaban :

D. menggunakan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang

Pembahasan :

Berikut ini yang bukan merupakan prinsip-prinsip teknologi yang tetap menjaga kelestarian lingkungan adalah menggunakan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang (D). Untuk menjaga kelestarian lingkungan dapat menerapkan bioteknologi ramah lingkungan. Contohnya adalah menggunakaan energi alternatif selain dari minyak bumi. Energi alternatif tersebut antara lain biofuel maupun panas bumi.

Energi alternatif adalah sumber energi yang berasal selain dari fosil. Energi alternatif dapat dibuat menggunakan bahan alam seperti ketela, kelapa sawit maupun biji jarak.

Bahan bakar adalah suatu benda yang dapat menghasilkan energi atau panas. Bahan bakar biasanya dipakai untuk menggerakkan mesin ataupun sebagai pemanas. Bahan bakar tersebut misalnya gas, minyak, batu bara, arang atau kayu. Semuanya itu dapat diambil dari alam sehingga disebut sumber daya alam.

6. Contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah sebagai berikut, kecuali ….

A. biofuel

B. geotermal

C. panel surya

D. osmosis balik

Jawaban :

D. osmosis balik

Pembahasan :

Teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang mempergunakan materi-materi yang dapat diperbarui dan dapat terdegredasi sempurna di lingkungan organik. Teknologi ramah lingkungan seperti

  • Biofuel
  • Panel Surya
  • Geotermal

Teknologi yang bukan ramah lingkungan yaitu Teknologi osmosis balik

Teknologi osmosis terbalik merupakan teknologi yang terdapat pada proses penjernihan air, dan bukan pada bidang energi.

Reverse osmosis atau osmosis balik adalah proses memaksa pelarut dari daerah konsentrasi  zat terlarut tinggi melalui membran semipermeabel ke daerah konsentrasi zat terlarut rendah dengan menerapkan tekanan melebihi tekanan osmotik.

7. Teknologi penyediaan energi alternatif dengan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui berupa tumbuhtumbuhan disebut ….

A. biofuel

B. biogas

C. fuel cell

D. biopori

Jawaban :

A. biofuel

Pembahasan :

Teknologi biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik.

Teknologi fuel cell adalah alat konversi energi elektrokimia yang akan mengubah hidrogen dan oksigen menjadi air, secara bersamaan menghasilkan energi listrik dan panas dalam prosesnya.

Teknologi biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk di antaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik.

Teknologi biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

8. Keunggulan dari penggunaan panel surya untuk menghasilkan energi listrik adalah sebagai berikut, kecuali ….

A. tidak menghasilkan gas SO2

B. mudah dipasang dan dikembangkan

C. tidak menghasilkan emisi rumah kaca

D. menghasilkan listrik meskipun di malam hari

Jawaban :

D. menghasilkan listrik meskipun di malam hari

Pembahasan :

Penggunaan panel surya membawa banyak keuntungan kecuali panel surya dapat menghasilkan listrik meskipun di malam hari (D)

Panel surya merupakan sebuah alat yang bisa mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik. Energi matahari yang menyinari panel surya akan menghasilkan emisi elektron yang akan diubah menjadi tenaga listrik. Sayangnya, panel surya hanya bisa digunakan untuk mendapatkan energi listrik pada saat siang hari ketika ada sinar matahari. Jika malam, panel surya tidak bisa dipakai. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan menginstal baterai yang akan menyimpan energi listrik sehingga bisa digunakan pada malam hari.

Keuntungan dari penggunaan panel surya antara lain:

  • Panel surya ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi dan efek rumah kaca
  • Biaya pemeliharaanya rendah
  • Memanfaatkan energi terbarukan yaitu energi matahari

Kelemahannya adalah:

  • Panel surya relatif mahal
  • Efesiensi konversi sinar matahari menjadi listrik masih rendah yaitu 20%
  • Beberapa bahan pembuat panel surya adalah silikon, selenium, kadmium, dan sulfur heksafluorida yang merupakan gas rumaha kaca

9. Teknologi yang memanfaatkan panas yang ada dalam lapisan dalam bumi untuk digunakan dalam penyediaan energi listrik dilakukan dengan ….

A. geologi

B. geopower

C. geotermal

D. geoelektrik

Jawaban :

C. geotermal

Pembahasan :

Pengunaan teknologi panas bumi yang berada pada lapisan dalam bumi untuk dikonversi menjadi listrik dilakukan dengan cara geotermal (C)

Teknologi yang memanfaatkan panas yang ada dalam lapisan dalam bumi untuk digunakan dalam penyediaan energi listrik dilakukan dengan geotermal.  Geotermal merupakan energi panas yang tersimpan dalam tanah, lapisan dasar bumi, dan cairan dalam kerak bumi. Pengambilan energi geotermal untuk dijadikan energi listrik dapat dilakukan dengan hydrothermal resevoir.

10. Kendaraan-kendaraan berikut yang paling ramah lingkungan adalah ….

A. bus dengan mesin diesel

B. bus dengan mesin motor listrik

C. pesawat dengan bahan bakar avtur

D. motor dengan bahan bakar minyak bumi

Jawaban :

B. bus dengan mesin motor listrik

Pembahasan :

Kendaraan-kendaraan berikut yang paling ramah lingkungan adalah bus dengan mesin motor listrik (B) karena motor listrik tidak menghasilak emisi gas buang.

Kendaraan yang paling ramah lingkungan adalah bus dengan mesin motor listrik. Bus dengan mesin motor listrik tidak menghasilkan emisi gas buang yang membahayakan lingkungan seperti pada bus dengan bahan bakar bensin. Kendaraan dengan bahan bakar bensin, solar, avtur serta turunan minyak bumi lainnya akan menghasilkan gas buang yang mengandung zat pencemar seperti karbondioksida, karbon monoksida, sulfur oksida maupun nitrogen oksida yang dapat mencemari udara.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah Halaman 245-246 Bab 10 (Teknologi Ramah Lingkungan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah Halaman 245-246 Bab 10 (Teknologi Ramah Lingkungan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!