Breaking News

Suatu bahan makanan ketika diuji dengan Biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan Benedict memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut? Berikan contoh makanan tersebut!

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 State the order of the digestive tract from beginning to end! Why does it take for food to be digested in different digestive organs? Page 206 Chapter 4 (Human Digestive System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Sebutkan urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir! Mengapa waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda? Halaman 206 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Suatu bahan makanan ketika diuji dengan Biuret memunculkan warna ungu, ketika diuji dengan lugol tidak terjadi perubahan warna, dan ketika diuji dengan Benedict memunculkan warna merah bata. Mengandung bahan apakah makanan tersebut? Berikan contoh makanan tersebut!

Uji Biuret, Lugol (atau Iodin) dan juga uji Benedict memiliki tujuan berbeda-beda. Uji Biuret dilaksanakan untuk mengetahui keberadaan protein. Adapun uji Benedict dilaksanakan untuk mengetahui adanya kandungan gula pereduksi. Sementara uji Lugol atau Iodin dilaksanakan untuk mendeteksi adanya keberadaan amilum, selulosa atau glikogen.

Pertanyaan tersebut di atas berhubungan dengan tindakan pengujian makanan. Adapun rinciannya masing-masing sebagai berikut:

  • Diuji dengan BIURET kemudian muncul warna ungu, dengan demikian makanan tersebut mengandung PROTEIN.
  • Diuji dengan BENEDICT kemudian muncul warna merah bata, dengan demikian maka makanan tersebut mengandung gula.
  • Diuji dengan LUGOL dan tidak ada perubahan warna, maka makanan tersebut tidak mengandung amilum, glikogen atau selulosa.

Adapun contoh makanan yang apabila diuji dengan BIURET lantas berubah menjadi ungu adalah TELUR, sebab maknan ini memang mengandung protein. Sementara makanan yang apabila diuji dengan Benedict lantas berubah menjadi merah bata misalnya adalah donat, karena mengandung gula. Contoh makanan yang diuji dengan lugol dan tidak muncul perubahan apapun misalnya adalah sayur bayam karena memang tidak mengandung amilum.

2. Sebutkan urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir! Mengapa waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda? Jelaskan!

Waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda adalah karena adanya pengaruh dari kinerja masing-masing alat pencernaan setiap orang. Ada orang yang bugar dan sehat maka proses pencernaan makanan akan lebih cepat, dan sebaliknya ketika fisik orang dalam keadaan yang kurang fit maka proses percernaan makanan akan lemah dan lambat. Selain itu, tekstur serta serat yang tekandung dalam makanan akan mempengaruhi cepat atau lambatnya proses pencernaan.

Proses pencernaan makanan pada manusia antara lain sebagai berikut:

  • Ingesti adalah proses ketika memasukkan makanan melalui mulut.
  • Mastikasi adalah proses pengunyahan makanan dengan menggunakan gigi.
  • Deglutisi adalah proses menelan makanan dikerongkongan.
  • Digesti adalah proses pemecahan makanan menjadi molekul–molekul dari zat yang kompleks sehingga menjadi lebih sederhana didalam lambung dengan bantuan enzim.
  • Absorpsi adalah proses terjadinya penyerapan sari–sari makanan di usus halus .
  • Defekasi adalah proses terjadinya pengeluaran sisa–sisa dari makanan yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui organ anus.

3. Makanan yang dikonsumsi seseorang dapat mengandung bakteri. Untuk mencegah berkembangnya bakteri tersebut, organ apakah yang dapat membunuh bakteri tersebut? Bagaimana cara kerja organ tersebut?

Lambung disebut juga ventrikulus menghasilkan zat yang bersifat asam disebut dengan asam lambung (HCl). Fungsi asam lambung ini seperti mematikan bakteri dalam makanan, mengubah sifat protein, pengaktif enzim pepsinogen menjadi pepsin untuk mencerna protein. Juga berfungsi untuk merangsang sekretin dan hormon kolesistokinin yang merangsang empedu agar mengeluarkan getahnya. 

Cara kerja lambung yaitu mencerna makanan secara mekanik dan kimiawi. Mencerna secara mekanik terjadi karena kontraksi otot lambung yang menyebabkan bolus/gumpalan makanan tercampur aduk menjadi wujud bubur yang dsiebut kime.

Mencerna secara kimiawi adalah dengan enzim pencernaan dan getah lambung yang dihasilkannya tadi. 

  • Enzim-enzim yang membantu proses pencernaan di lambung terdiri dari:
  • Pepsin berfungsi memecah protein menjadi proteosa dan pepton.
  • Renin berfungsi menggumpalkan kasein yang terdapat dalam susu.
  • Lendir berfungsi melicinkan makanan.

4. Apabila seseorang makan daging ayam, organ apakah yang paling berperan untuk mencerna bahan makanan tersebut secara kimiawi?

Organ yang paling berperan untuk mencerna bahan makanan (daging ayam) secara kimiawi adalah lambung, usus halus dan pankreas. Di dalam lambung, enzim pepsin akan mengubah protein yang ada di daging ayam menjadi pepton. Dari lambung, makanan tersebut masuk ke usus halus dan dengan batuan enzim peptidase di usus halus popipetida pada daging ayam dipecah menjadi asam amino. Dalam pencernaan di usus halus, enzim dari pankreas dan bermuara ke usus halus  bagian usus 12 jari yang berupa tripsin akan mengubah protein menjadi peptida dan asam amino. 

Di dalam organ pencernaan diproses zat-zat makanan seperti karbohidrat, protein, lemak dan lemak. Zat-zat makanan tersebut yang berperan dalam sumber energi, mempertahankan kesehatan, pertumbuhan, dan  untuk berlangsungnya fungsi normal pada setiap jaringan dan organ  tubuh.

5. Apa yang akan terjadi pada proses pencernaan makanan, jika pankreas tidak dapat berfungsi untuk menghasilkan enzim- enzimnya ke dalam usus halus?

Fungsi pankreas salah satunya adalah menghasilkan enzim-enzim pencernaan seperti amilase (memecah karbohidrat), lipase (memecah lemak), dan tripsin (memecah protein). Tujuan pemecahan karbohidrat, lemak dan protein tersebut adalah agar senyawa-senyawa tersebut berubah menjadi molekul kecil-kecil agar bisa diserap oleh sel-sel usus.

Jika pankreas terganggu sehingga tidak dapat menghasilkan enzim-enzim tersebut maka proses pencernaan akan terganggu (mal-absorpsi). Tubuh kita tidak dapat menyerap sari-sari makanan yang kita makan sehingga akan kekurangan energi dengan cepat, tubuh menjadi kurus, dan jika tidak segera ditangani akan menyebabkan berbagai komplikasi.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Sebutkan urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir! Mengapa waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda? Halaman 206 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Sebutkan urutan saluran pencernaan dari awal hingga akhir! Mengapa waktu yang diperlukan makanan untuk dicerna pada tiap organ pencernaan berbeda-beda? Halaman 206 Bab 4 (Sistem Pencernaan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/suatu-bahan-makanan-ketika-diuji-dengan-biuret-memunculkan-warna-ungu-ketika-diuji-dengan-lugol-tidak-terjadi-perubahan-warna-dan-ketika-diuji-dengan-benedict-memunculkan-warna-merah-bata-mengandun/

About Muhammad

Check Also

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah)

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!