Studi Kasus Jelaskan bentuk interaksi asosiatif yang terjadi dalam kegiatan festival budaya tersebut

Questions and Answer Key Grade 8 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test 2 Case Studies Describe associative forms of interaction that occur in the cultural festival activities Pages 132-133 Chapter 2 (Social Interaction Effect Against Social Life and Nationality) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 2 Studi Kasus Jelaskan bentuk interaksi asosiatif yang terjadi dalam kegiatan festival budaya tersebut Halaman 132-133 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

C. Studi Kasus

Perhatikan bacaan di bawah ini!

Festival budaya Jawa digelar di Surabaya

Festival Budaya Jawa dengan menghadirkan berbagai ragam kesenian dan budaya Jawa  digelar di Jembatan Merah Plasa (JMP) Kota Surabaya mulai 13-30 Oktober 2012. Dirut PT Lami Citra Tbk selaku pengelola JMP, Priyo Setia Budi, di Surabaya, Kamis mengatakan gelar festival ini merupakan upaya melestarikan budaya-budaya Jawa yang nyaris terkikis perkembangan zaman.

“Kami punya kepentingan membangun karakter bangsa melalui festival budaya ini. Karakter bangsa tercermin dari kekuatan budaya,” katanya. Menurut dia, festival budaya tersebut akan menampilkan berbagai ragam kesenian khas Jawa, seperti Tari Remo dari Surabaya, Tari Gembyong dari Jawa Tengah, Tari Gandrung Banyuwangi, dan lainnya. Selain itu, dalam kegiatan ini juga akan digelar pesta seni dan pameran kerajinan milik usaha kecil menengah (UKM). “UKM juga pilar ekonomi. Untuk itu, kami telah menyiapkan tempat khusus bagi para UKM binaan yang ada di Jatim,” katanya. Adapun barang-barang yang akan ditampilkan para UKM diharapkan masih ada unsur budaya Jawa, seperti penjualan kain batik, kerajinan tangan, makanan, dan lainnya. Adapun peserta dalam festival tersebut diambil dari beberapa daerah di Jatim. “Kami juga mengundang para seniman dari Jawa Tengah untuk ikut meramaikan festival kali ini,” katanya.

(Sumber : antaranews.com, Kamis, 11 Oktober 2012)

Berdasarkan bacaan di atas, kerjakan soal-soal di bawah ini!

1. Jelaskan bentuk interaksi asosiatif yang terjadi dalam kegiatan festival budaya tersebut!

Bentuk interaksi asosiatif yang terjadi dalam kegiatan festival budaya adalah interaksi asosiatif berjenis kerjasama.

Pada bacaan yang berjudul “Festival Budaya Jawa Digelar di Surabaya” terdapat satu jenis interaksi asosiatif, yaitu kerjasama. Bentuk interaksi asosiatif kerjasama ini diperlihatkan dari adanya usaha bersama antara penggiat festival budaya Jawa dengan pengelola JMP, dimana diadakannya festival budaya Jawa memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah :  

  • Upaya melestarikan budaya-budaya Jawa yang nyaris terkikis perkembangan zaman.
  • Membangun karakter bangsa melalui festival budaya Jawa.
  • Mengokohkan pilar ekonomi melalui UKM berunsur budaya Jawa.

2. Jelaskan peranan festival budaya tersebut dalam kegiatan ekonomi masyarakat!

  • Sebuah festival budaya akan berperan apabila banyak yang meminati jika banyak yang meminati orang akan banyak mempelajari budaya tersebut dan ingin mengembangkannya dalam kegiatan ekonomi di masyarakat festival budaya dapat menjadi penghasilan dan wawasan budaya.
  • Memperkenalkan budaya kepada dunia melalui festival.
  • dengan adanya festival budaya.
  • Membuat perekonomian masyarakat menjadi meningkat di sebabkan datang nya pengunjung dari berbagai daerah.

3. Ketua pelaksana Priyo Setia Budi mengatakan bahwa gelar festival merupakan upaya melestarikan budaya-budaya Jawa yang nyaris terkikis perkembangan zaman. Festival budaya juga merupakan media membangun karakter bangsa. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!

Maksud dari pernyataan tersebut adalah dengan mengadakan festival tentang budaya maka generasi selanjutnya tidak akan melupakan budayanya sendiri serta akan adanya rasa empati dari masyarakat untuk mengembangkan budayanya karena budaya mereka adalah jati diri mereka jika mereka melupakan budaya mereka maka mereka melupakan jati diri mereka.

Dalam festival budaya, biasanya ditunjukan budaya, filosofi dan pandangan hidup yang menjadi jati diri bangsa Indonesia melalu berbagai macam pagelaran dan pertunjukkan.

Dengan melihat festival budaya, hendaknya para penonton dapat meresapi hal -hal tersebut dan menjadikannya sebagai sarana pembangunan karakter diri mereka.

4. Untuk mencontohi kegiatan tersebut, tuliskan ide menyelenggarakan kegiatan festival budaya di lingkungan tempat tinggalmu! Tuliskan bentuk festival yang kalian rencanakan, siapa saja yang terlibat, serta apa tujuan penyelenggaraan festival tersebut!

Di Lingkungan Sekolah

Bentuk Festival : Festival budaya Nusantara.

Anggota : Siswa kelas dan guru.

Tujuan : Agar para siswa lebih mengenal kekayaan budaya yang tersebar di seluruh Indonesia. Serta dapat mempraktikkan secara langsung budaya daerah di Indonesia.

Di Lingkungan Tempat Tinggal

Bentuk Festival : Acara Festival Wayang/Budaya Nusantara.

Anggota : Yang terlibat dalam acara tersebut adalah seluruh masyarakat yang menonton dan memainkan acara tersebut.

Tujuan : Acara tersebut bertujuan untuk memperingati hari kemerdekaan dan mengingat/membudidayakan budaya-budaya di Indonesia.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 2 Studi Kasus Jelaskan bentuk interaksi asosiatif yang terjadi dalam kegiatan festival budaya tersebut Halaman 132-133 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 2 Studi Kasus Jelaskan bentuk interaksi asosiatif yang terjadi dalam kegiatan festival budaya tersebut Halaman 132-133 Bab 2 (Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!