Simak Berita dan Informasi SNMPTN 2022 Terkini dan Terbaru, SNMPTN 2022 Digelar Tahun Depan !

Simak Berita dan Informasi SNMPTN 2022 Terkini dan Terbaru, SNMPTN 2022 Digelar Tahun Depan !

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis jadwal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Jadwal SNMPTN 2022 dimulai pada 1 Desember 2021 hingga 8 Februari 2022 mendatang untuk sosialisasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Selanjutnya, akan diakhiri dengan pengumuman hasil SNMPTN yang akan dilaksanakan pada 29 Maret 2022.

Selain jadwal, LTMPT melalui laman resminya, juga telah merilis tahapan hingga persyaratan sekolah untuk mendaftar SNMPTN 2022.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan jadwal pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2022.

Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo menyampaikan, pengumuman jadwal itu sudah bisa diakses dan dilihat melalui situs resmi LTMPT sejak Rabu (1/12/2021).

“Sudah bisa diakses sejak 1 Desember 2021, di media sosial (LTMPT) juga sudah ada,” ujar Budi, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/12/2021).

Budi mengatakan, saat ini sudah dimulai sosialisasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

“Sudah dimulai, sosialisasi bisa melalui media sosial, web LTMPT, sosialisasi paguyuban guru BK, maupun dari sekolah-sekolah,” lanjut dia.

Bagi pelajar yang berencana mengikuti SNMPTN, diwajibkan untuk membuat akun LTMPT pada periode 4 Januari sampai 15 Februari 2022.

Jadwal SNMPTN 2022

  • Pengumuman kuota: 28 Desember 2021
  • Sosialisasi PDSS: 01 Desember 2021-08 Februari 2022
  • Sosialisasi SNMPTN: 01 Desember 2021-28 Februari 2022
  • Peluncuran kegiatan penerimaan mahasiswa baru: 04 Januari 2022
  • Penetapan siswa yang memenuhi syarat: 04 Januari-08 Februari 2022
  • Pengisian PDSS: 08 Januari-08 Februari 2022
  • Pendaftaran SNMPTN: 14-28 Februari 2022
  • Pengumuman hasil SNMPTN: 29 Maret 2022
  • Pembuatan akun LTMPT: 04 Januari-15 Februari 2022

Sebagai catatan, semua kegiatan di hari yang telah ditentukan berakhir pada pukul 15.00 WIB.

Pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS)

PDSS adalah basis data yang berisi rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri. Sekolah yang tidak menerapkan kurikulum nasional tidak dapat mendaftar PDSS. Pengisiannya juga dilakukan oleh sekolah dan tanggung jawab ada di tangan kepala sekolah. Berikut ini jadwal tahapan dari sosialisasi PDSS hingga pengumuman hasil SNMPTN 2022.

Sebelum melaksanakan SNMPTN, para siswa maupun pihak sekolah harus memperhatikan prosedur pengisian data dan nilai pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

  • PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar.
  • PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.
  • Untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama, PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap.
  • Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah.

Persyaratan Sekolah untuk SNMPTN 2022

Selain itu, LTMPT juga merinci apa saja yang menjadi persyaratan sekolah agar siswanya dapat mendaftar SNMPTN 2022. SMA/MA/SMK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Untuk mencari data NPSN, Anda bisa mengakses laman berikut.

Ketentuan Akreditasi:

  • Akreditasi A: 40 persen terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi B: 25 persen terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi C dan lainnya: 5 persen terbaik di sekolahnya

Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligibel sesuai dengan ketentuan.

Persyaratan Peserta SNMPTN 2022

Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2022 yang memiliki prestasi unggul.

  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS.

Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

Seperti diketahui, kuota daya tampung setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN paling sedikit sebesar 20 persen dari total daya tampung.

Pilihan Program Studi

  • Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
  • Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih  satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
  • Disarankan tidak  lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)

Kalo aku gambarkan kombinasi kemungkinan pemilihan jurusan, kira-kira seperti gambar di bawah

Yang perlu kamu perhatikan secara khusus selama periode pendaftaran di website SNMPTN ini adalah: Dalam proses itu ada rincian jurusan di masing-masing PTN berikut persyaratan masing-masing jurusan. Misal nih, jurusan Akuntansi di PTN A bisa didaftari oleh SMA/MA IPA, IPS, SMK Jurusan Akuntansi, SMK Jurusan Bisnis Manajemen. Atau misal jurusan Pendidikan Dokter yang cuma bisa didaftari oleh anak IPA. Berhubung persyaratan setiap jurusan ada banyak banget tergantung kebijakan universitas masing-masing, sulit buat nampilin semuanya satu per satu di sini. Jadi baiknya, informasi tentang persyaratan masing-masing jurusan terkait background akademis kalian, bisa bisa kalian ketahui secara lengkap, berikut daya tampung dan pendaftar tahun lalu. Buat anak SMA IPA yang mau lintas jurusan ke jurusan kuliah IPS, ataupun anak SMK/MAK wajib banget nih melihat persyaratan jurusan yang diinginkan di website SNMPTN selama periode pendaftaran.

Selanjutnya, pada tahapan pendaftaran ada tahap pemeringkatan siswa oleh sekolah dengan memperhitungkan nilai beberapa mata pelajaran per jurusan dan juga kriteri lain seperti prestasi akademik. Berikut ini ketentuannya:

Tahapan Pendaftaran

Tahap Pendaftaran SNMPTN 2022

  1. Registrasi akun LTMPT bagi sekolah
  2. Registrasi akun LTMPT bagi siswa di laman portal.ltmpt.ac.id
  3. LTMPT memberi informasi jumlah siswa yang berhak mendaftar
  4. Sekolah menentukan calon peserta
  5. Pengisian PDSS
  6. Pendaftaran SNMPTN
  7. Pilihan PTN dan program studi
  8. Pengunggahan portofolio
  9. Seleksi jalur SNMPTN berdasarkan kriteria yang ditetapkan masing-masing PTN
  10. Pengumuman kelulusan SNMPTN
  11. Daftar ulang sesuai dengan PTN yang menyatakan menerima

Perlu ditekankan bahwa waktu pendaftaran tidak menentukan penilaian. Misal mau daftar awal, tengah ataupun akhir periode pendaftaran tidak berpengaruh apapun. Jadi aku sarankan kamu gak buru-buru daftar, kalo memang pilihan kampus dan jurusan kamu belum sreg. Tapi, sebisa mungkin juga jangan daftar di akhir-akhir periode pendaftaran (sekitar H-3 penutupan) karena biasanya server websitenya suka nggak stabil (sering down) seiring dengan banyaknya traffic pendaftar yang menumpuk di akhir periode.

Ketentuan Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah

Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.

  • Jurusan IPA : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Jurusan IPS : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.
  • Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.
  • Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.

Mekanisme Seleksi

Nah, setelah pendaftaran ditutup, maka selanjutnya adalah periode penilaian. Gimana sih sistem seleksi buat nentuin seorang siswa itu diterima/nggak? Selain melihat nilai raport dan prestasi siswa, PTN juga akan mempertimbangkan asal sekolah siswa. Tentunya nilai 90 di sekolah favorit kualitasnya beda dengan nilai 90 di sekolah antah berantah. Kombinasi antara nilai rapor dan asal sekolah adalah dua faktor utama yang dilihat untuk penilaian SNMPTN. Lebih jelas tentang indikator penilaian SNMPTN bisa kamu baca di sini.

Pada prinsipnya, proses seleksi SNMPTN ini dilakukan secara “seri”, bukan “paralel”. Artinya penilaian ga dilakukan di 2 PTN bersamaan, tapi urut sesuai prioritas pilihan PTN. Apabila tidak diterima di PTN pilihan I, maka “berkas-berkasmu” akan dioper ke PTN pilihan II yang kamu inginkan. Jadi kalo kamu udah diterima di PTN pilihan I, jadi berkas kamu udah gak akan perlu dioper lagi ke PTN pilihan II untuk dinilai.

Misal, pilihanku seperti bagan di atas. Maka pertama “berkas”ku akan diseleksi di UI, jika ga diterima juga, baru deh dioper berkasnya ke ITB. Jadi di sini, kamu harus taktis juga buat milih jurusan dan kampus yang kamu inginkan.

Situs Web Resmi dan Alamat LTMPT

Kalau kamu merasa belum ter-update banget dengan artikel ini, kamu bisa kok akses langsung situs resminya SNMPTN. Ini dia daftarnya:

Nah, kira-kira seperti itu nih aturan umum SNMPTN. Moga-moga bisa jadi informasi yang bermanfaat buat kamu untuk punya strategi tersendiri dalam mendaftar PTN dan jurusan yang diinginkan.

Buat kamu yang masih bingung buat apa sih itu SNMPTN, aku saranin kamu baca deh artikel penjelasan jalur SNMPTN berikut ini :

About Muhammad

Check Also

Komponen Pembiayaan KIP Kuliah

Komponen Pembiayaan KIP Kuliah KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!