Setiap muslim diperintahkan untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?

Questions and Answer Keys Islamic Religious Education and Character Class 10 2013 Revised 2017 Curriculum Activity 7 What lessons can you learn from the story of the Child of the Rock Page 167 Chapter 10 (The Joy of Seeking Knowledge and the Beauty of Sharing Knowledge) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7 Pelajaran apa yang dapat kamu peroleh dari kisah Anak dari Batu Halaman 167 Bab 10 (Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

A. Uji Pemahaman

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar.

1. Setiap muslim diperintahkan untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya. Bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari?

  • Dengan belajar sungguh-sungguh dan membetulkan niat bahwa kita belajar ilmu ini dengan tujuan mendapatkan ridho dan pahala dari Allah Swt, bukan untuk gelar atau kebanggaan.
  • Kemudian sampaikan hak ilmu. Hak ilmu ini ada dua, yaitu mengamalkan dan menyampaikan.
  • Mengamalkannya kepada orang lain.
  • Menjalani kehidupan sehari-hari dengan sifat-sifat baik (akhlaqul karimah)
  • Tidak menyalahgunakan ilmu yang telah kita miliki.
  • Membantu orang lain dengan ilmu pengetahuan.

2. Apa yang akan kamu lakukan jika ingin kuliah, tetapi ekonomi orang tua tidak memungkinkan?

  • Seorang muslim meyakini bahwa segala hal telah ditetapkan oleh ALLAH, kita bisa kuliah atau tidak itu sudah ALLAH tetapkan. Maka kita berikhtiar dengan mencoba mencari beasiswa atau bekerja. Seandainya tidak bisapun maka mencari ilmu tidak harus melalui bangku kuliah, ada jalan lain, misal kursus, pelatihan atau semacamnya yang bisalangsung untuk bekerja. Atau kita bisa belajar agam di pondok pesantren. Ada banyak pondok yang biayanya sangat murah bahkan gratis. Bukankah sebaik-baik ilmu adalah ilmu agama.
  • Membantu Orang Tua
  • Bersikap Mandiri
  • Yaitu, Bekerja untuk mencari uang untuk membayar Kuliah
  • Belajarnya Lebih Giat (Agar Lanjut Semesternya)
  • Selalu bersabar dan tawakal kepada Tuhan
  • Belajarnya Jangan Malas
  • Jangan Bolos Kuliah

3. Jelaskan kandungan Q.S. at-Taubah/9:122.

  • Mengutip Qur’an Kemenag, kandungan Surat At Taubah ayat 122 ini menjelaskan bahwa tidak semua orang mukmin harus berangkat ke medan perang, apabila peperangan itu hanya dilakukan oleh sebagian kaum muslim saja. Tetapi ada pembagian tugas dalam masyarakat, di mana sebagian lagi harus menuntut ilmu dan mendalami agama islam. Tujuannya agar ilmu agama dapat diajarkan secara merata, dan dakwah dapat dilakukan dengan cara yang efektif sehingga kecerdasan umat Islam bisa ditingkatkan. Namun, apabila umat Islam menghadapi peperangan yang memerlukan tenaga manusia yang banyak, seluruh umat harus dikerahkan untuk menghadapi musuh. Tetapi bila peperangan sudah selesai, maka masing-masing harus kembali kepada tugas semula.
  • Ayat ini menunjukkan pentingnya menuntut ilmu (tafaqquh fiddin).
  • Harus selalu ada segolongan umat yang konsentrasi menuntut ilmu. Bahkan dalam kondisi perang sekalipun, ketika perangnya adalah fardhu kifayah.
  • Di setiap kaum, kabilah atau perkampungan, wajib ada yang menuntut ilmu (tafaqquh fiddin) sehingga perkampungan itu tidak dilanda kebodohan.
  • Di setiap kaum, kabilah atau perkampungan, juga harus ada yang berdakwah dan memberikan peringatan.
  • Misi orang yang menuntut ilmu (tafaqquh fid din) adalah mengajarkan ilmu itu kepada orang lain. Tak hanya belajar untuk dirinya sendiri tetapi memiliki misi dakwah dan tarbiyah.
  • Jika terjadi peperangan, tidak perlu semua muslimin berangkat ke medan perang apabila sebagian saja sudah dapat mengatasi
  • Harus ada pembagian tugas dalam masyarakat, sebagian bertugas menjaga keamanan (perang), dan sebagian lagi memperdalam ilmu agama, agar bila yang bertugas perang sudah datang, yang bertugas memperdalam ilmu agama dapat menyampaikan ilmu yang di dapatnya kepada mereka yang bertugas perang
  • Dakwah dapat dilakukan secara efektif
  • Meningkatkan kecerdasan ummat muslim

4. Jelaskan keutamaan orang yang menyebarkan ilmu.

Akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengamalkan ilmu tersebut tanpa dikurangi sedikitpun.

  • Dalilnya adalah hadits riwayat Imam Muslim yang artinya;

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” [HR. Muslim no. 1893].

Penjelasan:

Kata “menunujuki” disini bisa berarti mengajarkan ilmu atau memberi contoh suatu amalan kebaikan, maka orang yang menunjuki tersebut akan mendapatkan pahala seperti orang yang kita ajarkan tersebut, jika orang tersebut mengamalkan apa yang kita ajarkan.

  • Akan menjadi amalan yang tidak terputus, walaupun kita sudah meninggal dunia

Dalilnya adalah hadits riwayat Imam Muslim yang artinya;

“Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya, kecuali tiga hal. Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan do’a anak yang sholeh atau sholehah.” [HR. Muslim]

Penjelasan:

Jika kita meninggal maka semua amalan kita akan terputus, tapi ada tiga amalan yang akan tetap mengalirkan pahala kepada kita, salah satunya adalah Ilmu yang bermanfaat.

Maksud Ilmu yang bermanfaat disini adalah ilmu yang kita ajarkan kepada orang lain dan mendatangkan manfaat untuk orang tersebut dan orang lain.

Dan di saat kita meninggal orang tersebut masih mengamalkannya, bahkan mengajarkannya kepada orang lain lagi, maka pahala tersebut akan terus mengalir kepada kita.

  • Menjadi pewaris para Nabi

Dalilnya adalah hadits riwayat Imam At-Tirmidzi, Ahmad, Abu dawud dan Ad-Darimi yang artinya;

“Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu, maka barangsiapa mengambil warisan tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak.” [HR At-Tirmidzi, Ahmad, Abu dawud dan Ad-Darimi]

Penjelasan:

Para ulama yang menyebarkan ilmu agama adalah pewaris para Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena merekalah yang menggantikan tugas para Nabi dan Rasul ‘alaihis salam, yaitu menyebarkan petunjuk Allah Ta’ala dan menyeru manusia ke jalan yang diridhai-Nya, serta bersabar dalam menjalankan semua itu, maka merekalah orang-orang yang paling mulia kedudukannya di sisi Allah Ta’ala setelah para Nabi dan Rasul ‘alaihis salam.

  • Akan mendapatkan doa dari malaikat dan semua mahluk dilangit dan di bumi

Dalilnya adalah hadits riwayat Imam At-Tirmidzi dan Ath-Thabrani yang artinya;

“Sesungguhnya Allah dan para Malaikat, serta semua makhluk di langit dan di bumi, sampai semut dalam lubangnya dan ikan di lautan, benar-benar bershalawat ‘mendoakan’ kebaikan bagi orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia” [HR At-Tirmidzi dan Ath-Thabrani].

Penjelasan:

Makna shalawat dari Allah Ta’ala kepada hamba-Nya adalah mendoakan dengan limpahan rahmat, ampunan, pujian, kemuliaan dan keberkahan dari Allah.

Ada juga Ulama yang mengartikannya dengan taufik dari Allah Ta’ala untuk mengeluarkan hamba-Nya dari kegelapan (kesesatan) menuju cahaya (petunjuk-Nya).

Ibnul qayim menjelaskan tentang alasan mengapa semua mahluk mendoakan orang yang mengajarkan ilmu, Beliau mengatakan bahwa orang yang mengajarkan ilmu agama kepada manusia berarti Ia telah menyebarkan petunjuk dari Allah Ta’ala yang merupakan penyebab utama akan terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan di alam semesta beserta isinya.

Maka semua makhluk di alam semesta ini berterima kasih kepada orang yang mengajarkan Ilmu dan mendoakan kebaikan baginya, sebagai balasan kebaikan yang sesuai dengan perbuatannya tersebut.

  • Akan di berikan sakinah atau ketenangan dan Rahmat oleh Allah

Dalilnya adalah hadits riwayat Imam Muslim yang artinya;

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah atau ketenangan, dinaungi rahmat, dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” [HR. Muslim]

Penjelasan:

Ini adalah hadits tentang menuntut ilmu yang menerangkan tentang turunnya sakinah di naungi rahmat dan malaikat berbangga terhadap orang yang berada di majelis ilmu, di dalam majelis ilmu tersebut tentu ada yang mengajarkan ilmu dan ada yang menuntut ilmu, kesemua orang di dalam majelis ilmu akan mendapatkan sakinah dan rahmat dari Allah subhana hu wataala.

5. Jelaskan kegunaan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia.

Meraih Kesuksesan

Hampir dapat dipastikan keberhasilan atau kesuksesan seseorang selalu berkaitan dengan ilmu yang dimiliki. Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin berpeluang besar bisa meraih kesuksesan. Banyak para pengusaha yang telah membuktikan bahwa ilmu bisa membuat hidup seseorang lebih sukses.

  • Bijaksana dalam Mengambil Keputusan

Manfaat ilmu untuk kehidupan sehari-hari berikutnya yaitu bisa membuat seseorang bijaksana dalam mengambil keputusan. Orang yang berilmu cenderung lebih bijak dan hati-hati dalam menyikapi berbagai persoalan.

  • Memudahkan dalam Beribadah

Tak bisa dimungkiri bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa ilmu. Hampir semua sendi kehidupan membutuhkan ilmu, terutama dalam hal ibadah. Yang mana dengan ilmu, manusia bisa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

  • Membuat hidup manusia menjadi lebih mudah dan efisien
  • Meningkatkan keimanan
  • Mudah dalam memecahkan permasalahan yang dialami dalam hidup
  • Maningkatkan kualitas dan derajat
  • Dapat hidup dengan sejahtera

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7 Pelajaran apa yang dapat kamu peroleh dari kisah Anak dari Batu Halaman 167 Bab 10 (Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 7 Pelajaran apa yang dapat kamu peroleh dari kisah Anak dari Batu Halaman 167 Bab 10 (Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/setiap-muslim-diperintahkan-untuk-menuntut-ilmu-dan-mengamalkannya-bagaimana-cara-menerapkannya-dalam-kehidupan-sehari-hari/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!