Breaking News

Setelah kamu menyaksikan pementasan drama oleh teman kelompokmu, tentukan mana pementasan yang baik dan mana yang kurang baik beserta alasannya! Tulislah jawabanmu pada lembar terpisah atau buku kerjamu dengan format seperti di bawah ini.

Questions and Answer Key Indonesian Class 11 Revised 2017 Curriculum 2013 Task Decide which staging is good and what is not good and the grounds for Page 280 Chapter 8 (Playing Drama) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Tentukan mana pementasan yang baik dan mana yang kurang baik beserta alasannya Halaman 280 Bab 8 (Bermain Drama) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas

Untuk mengasah kemampuanmu dalam bermain drama, demonstrasikanlah naskah drama di bawah ini dengan memperhatikan isi dan kebahasaan!

Drama Tengah Malam

oleh Yandianto

(Malam sudah larut. Ibu duduk termenung. Ratih keluar dari pintu samping kanan)

Ratih : Maaf, Bu. Mungkin pertanyaan Anwar tadi siang telah membuat hati Ibu resah. Hatiku pun turut resah seperti hati Ibu.Barangkalimalam ini, semua penduduk desa ini menjadi resah seperti kita.

Ibu : Tidurlah, Ratih!

Ratih : Adilkah jika seseorang menyuruh orang lain tidur, sementara dia sendiri tetap terjaga? Ibu tidak boleh memaksakan diri untuk terus-terusan memikirkan kata-kata Anwar. Dia masih kekanak-kanakan.Kata-katanya seperti angin yang berembus, lalu hilang begitu saja.

Ibu : Apa yang diucapkan adikmu Anwar itu benar, Ratih. Pertanyaannya wajar. Dia bertanya tepat pada waktunya, yaitu pada saat para romusha pulang ke desa masing-masing dan ayah kalian seharusnya berada bersama mereka.

Ratih : Ayah tidak mungkin berada di antara para romusha itu, Bu! Beberapa jam yang lalu kapal terakhir sudah berlabuh. Pak

Hasta tetangga kita sudah kembali. Telah kudengar sorak-sorai anak-anak dan istrinya.Tetapi ayah? (Diam sejenak) Mungkin kabar yang dibawa angin itu benar. Dengan demikian akan bertambahlah kekecewaan keluarga kita.

Ibu : Lebih kecewa lagi hati adikmu, Anwar. Dia tidak tahu sama sekali ke mana ayahnya pergi. Dia tidak tahu apa itu kerja paksa. Dia hanya tahu kalau ayahnya pergi, kemudian kembali dengan membawa setumpuk mainan di tangannya.

(Terdengar jam berdentang 12 kali)

Ratih : Tengah malam, Bu. Kapal terakhir sudah meninggalkan pelabuhan setelah menurunkan para romusha. Artinya kapal itu sudah tiga jam beristirahat sebelum berlayar kembali. Mana ayah kita? Kalau dia terkubur di pelabuhan, apakah ada koran yang membuat berita tentang kematiannya? Atau mati di tengah laut dan jasadnya diumpankan kepada ikan hiu?

Ibu : Jepang adalah Jepang, Ratih. Saudara Tua dapat bertindak sewenang-wenang terhadap saudara mudanya yang terlantar. Kecil harapannya untuk menemukan ayahmu. Berita yang ibu terima enam bulan yang lalu memberi keyakinan bahwa ayahmu meninggal disengat ular berbisa. Banyak orang bercerita tentang perlakuan Jepang terhadap romusha. Dan ayahmu pasti diperlakukan sama seperti kepada mereka. Nasib orang bodoh selalu tidak menguntungkan.

Ratih : Jadi Ibu berkeyakinan kalau ayah telah meninggal dunia?

Ibu : Ibu tidak mengatakan demikian, tapi akh…..?

(Jam berdentang satu kali)

Ratih : Malam telah mulai berlalu. Selamat pagi, dunia! Kalau ayah kami tidak kembali….. terkutuklah penjajah itu!

(Terdengar pintu diketuk. Seorang lelaki muncul membawa sebungkus pakaian)

Ibu : Pak Hasta!

Hasta : Inilah. Harap kalian terima dengan lapang dada.

Ratih : Mana ayahku, Pak?

Hasta : Hanya Tuhan yang tahu.

(Tangis meledak, ke babak berikutnya)

(Sumber: Naskah Drama Tengah Malam)

Setelah kamu menyaksikan pementasan drama oleh teman kelompokmu, tentukan mana pementasan yang baik dan mana yang kurang baik beserta alasannya! Tulislah jawabanmu pada lembar terpisah atau buku kerjamu dengan format seperti di bawah ini.

No. Hal-hal yang dinilai Tanggapan
1. Isi Teks drama tengah malam mampu menyihir perasaan pembaca, terlebih karena menyuguhkan rasa kekhawatiran yang besar dari tokoh ibu dan sang putrinya yang khawatir ayah mereka tidak kunjung pulang. seluruh kekhawatiran ini disuguhkan dengan bahasa yang sederhan dan ketakutan yang sesungguhnya, sehingga setiap orang yang membaca atau menyaksikannya akan langsung mengalami perasaan yang sama.
2. Kaidah Kebahasaan Kebakuan ejaan atau tanda baca

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Tentukan mana pementasan yang baik dan mana yang kurang baik beserta alasannya Halaman 280 Bab 8 (Bermain Drama)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Tentukan mana pementasan yang baik dan mana yang kurang baik beserta alasannya Halaman 280 Bab 8 (Bermain Drama). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/setelah-kamu-menyaksikan-pementasan-drama-oleh-teman-kelompokmu-tentukan-mana-pementasan-yang-baik-dan-mana-yang-kurang-baik-beserta-alasannya-tulislah-jawabanmu-pada-lembar-terpisah-atau-buku-kerja/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!