Breaking News

Setelah kamu membaca wacana di atas, bagaimana jika hal tersebut terjadi pada dirimu? Apakah kamu akan tetap berlaku jujur meskipun akan menanggung risiko yang berat, ataukah kamu akan melakukan kecurangan ketika orang lain tidak mengetahui?

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 10 2013 Revised 2017 Curriculum Activity 1 After you read the above discourse, what if this happened to you Page 35 Chapter 3 (Maintaining Honesty as a Personality Mirror) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1 Setelah kamu membaca wacana di atas, bagaimana jika hal tersebut terjadi pada dirimu Halaman 35 Bab 3 (Mempertahankan Kejujuran sebagai Cermin Kepribadian) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas 1

1. Setelah kamu membaca wacana di atas, bagaimana jika hal tersebut terjadi pada dirimu? Apakah kamu akan tetap berlaku jujur meskipun akan menanggung risiko yang berat, ataukah kamu akan melakukan kecurangan ketika orang lain tidak mengetahui?

Kita harus tetap jujur dan tidak melakukan curang kapan pun itu baik itu didepan orang lain, dibelakang orang lain ketika tidak ada yang lihat, ketika memiliki resiko yang berat dan ketika mengahadapi ujian yang berat. Karena perialku jujur merupakan induk dari perilaku terpuji yang lainnya. Jika kita sanggup jujur ketiak sedang situasi yang sangat sulit maka kita akan mampu menerapkan kejujuran disetiap kehidupan. Contohnya jika ketika mengikuti ujian akhir kelulusan kita tidak boleh melakukan kecurangan walau resiko tidak lulus.

Jujur merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Hal ini disebabkan karena jujur dapat membuat atau membawa seseorang ke arah kebaikan. Keibakan akan menuntun seseorang menuju kepada surga Allah.

2. Ceritakan contoh nyata yang pernah kamu ketahui baik yang terjadi pada orang-orang yang kamu kenal maupun pada orang lain.

  • Donor Darah

Suatu hari, ada seseorang wanita yang melakukan donor darah dalam sebuah kegiatan amal. Setelah mendonorkan darahnya, wanita tersebut langsung menaiki bus untuk pulang ke rumahnya. Namun selama perjalanan, dirinya merasakan ada sesuatu hal yang aneh. Wanita tersebut merasa pusing yang tidak tertahankan, bahkan hingga akhirnya pingsan tak tersadarkan diri di dalam bus.

Hal tersebut tentunya membuat semua penumpang di dalam bus membantunya termasuk supir bus yang langsung mengubah rute perjalanan menuju rumah sakit terdekat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Karena pingsan tersebut, uang serta barang-barang berharga miliknya keluar dan berhamburan kemana-mana. Tapi situasi ini tidak membuat penumpang bus lainnya berniat untuk melakukan tindakan kejahatan dengan mengambil barang-barangnya. Semua barang-barang di kembalikan tanpa ada yang berkurang sedikit pun.

Kebaikan donor darah yang dilakukan oleh seorang wanita itu berbalik padanya dengan kebaikan supir bus yang mengantarnya ke rumah sakit terdekat serta penumpang di dalamnya yang mengembalikan barang tanpa ada yang kurang.

  • Menawari Tempat Duduk saat di Angkutan Umum

Ada seseorang ingin berangkat kerja dengan menggunakan bus. Keberuntungan berpihak kepadanya, sebab saat memasuki bus ia langsung mendapatkan tempat duduk.

Tak bisa dipungkiri bahwa tempat duduk di semua angkutan umum memang menjadi incaran dari semua penumpang. Apalagi, bila banyak penumpang yang naik bus, pastinya mereka akan saling rebut untuk menduduki tempat yang kosong.

Setelah perjalanan beberapa saat, semua tempat duduk di dalam bus tersebut mulai penuh. Tak berapa lama, masuklah seorang gadis dengan menggunakan high heels yang cukup tinggi. Karena semua tempat duduk di dalam bus telah penuh, mau tidak mau gadis itu harus berdiri meskipun dalam kondisi yang sebenarnya sama sekali tidak nyaman.

Seketika orang itu membayangkan jika dirinya sendiri berada dalam kondisi yang sama seperti gadis itu, yaitu berdiri dalam bus dengan kondisi menggunakan heels yang tinggi, tentu sangat tak nyaman dan merepotkan. Dengan begitu, orang itu menawarkan tempat duduknya untuk diberikan kepada gadis tersebut. Gadis itu langsung tersenyum dan mengucapkan terima kasih.

Kemudian hari, orang itu berangkat kantor dengan menggunakan bus dan harus menggunakan heels juga. Namun tak diduga, ada gadis lainnya yang menawarkan tempat duduknya kepada orang itu.

Kondisi di atas bisa dijadikan sebagai pembelajaran juga, yaitu jika memang diharuskan memakai high heels ke kantor, sebaiknya gantilah dengan sandal ataupun flat shoes ketika akan menggunakan transportasi umum. Karena menggunakan high heels tidak hanya merepotkan diri sendiri, tapi juga akan membahayakan orang lain yang ada disekitar kita.

  • Memberikan Sesuatu Pada Yang Membutuhkan

Pada suatu hari, terdapat segerombolan anak-anak sekolah yang pergi ke area belakang sekolahnya ketika waktu istirahat tiba. Tentunya hal tersebut akan membuat orang lain merasa curiga melihatnya. Bisa saja orang mencurigai segerombolan anak tersebut melakukan hal yang tidak diinginkan seperti merokok.

Namun nyatanya dugaannya salah besar, ternyata anak-anak sekolah tersebut sedang membagi-bagikan baju bekas dan makanan kepada seorang bapak tunawisma yang biasanya sering berkeliaran di kawasan sekolah.

Jika Anda melihat perbuatan anak-anak tersebut tentu saja akan ikut tergerak hatinya untuk turut membantu meringankan beban tunawisma tersebut, bukan?

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1 Setelah kamu membaca wacana di atas, bagaimana jika hal tersebut terjadi pada dirimu Halaman 35 Bab 3 (Mempertahankan Kejujuran sebagai Cermin Kepribadian)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1 Setelah kamu membaca wacana di atas, bagaimana jika hal tersebut terjadi pada dirimu Halaman 35 Bab 3 (Mempertahankan Kejujuran sebagai Cermin Kepribadian). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!