Breaking News

Selain tapai, yoghurt, keju, tempe, kecap, dan roti, masih banyak produk bioteknologi dalam bidang pangan, misalnya nata de coco, asam cuka, mentega, dan minuman tuak. Coba galilah informasi mengenai produk bioteknologi tersebut bersama kelompokmu!

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Try to dig up information about these biotechnology products with your group Page 66 Chapter 7 (Biotechnology) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Coba galilah informasi mengenai produk bioteknologi tersebut bersama kelompokmu Halaman 66 Bab 7 (Bioteknologi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Cari Tahu

Selain tapai, yoghurt, keju, tempe, kecap, dan roti, masih banyak produk bioteknologi dalam bidang pangan, misalnya nata de coco, asam cuka, mentega, dan minuman tuak. Coba galilah informasi mengenai produk bioteknologi tersebut bersama kelompokmu!

Selain tape, yoghurt, keju, tempe, kecap, dan roti, masih banyak produk bioteknologi dalam bidang pangan, misalnya nata de coco, asam cuka, mentega, dan minuman tuak. Informasi mengenai produk bioteknologi tersebut adalah nata de coco merupakan fermentasi air kelapa oleh bakteri Acetobacter xylinum yang menghasilkan selulosa. Asam cuka merupakan fermentasi dari bahan alcohol oleh bakteri Acetobacter aceti menghasilkan cairan asam. Mentega merupakan fermentasi dari bahan susu oleh bakteri Lactobacillus lactis atau Streptococcus lactis menjadi keju atau mentega. Minuman tuak merupakan fermentasi dari bahan tetes aren oleh jamur Saccharomyces sp menjadi minuman beralkohol.

Pemanfaatan bakteri untuk membuat makanan dengan teknik fermentasi ini merupakan aplikasi dari bioteknologi. Bioteknologi merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang bertujuan untuk memudahkan atau membantu manusia dalam rangka meningkatkan nilai jual baik berupa barang atau jasa. Dalam bioteknologi, yang biasanya digunakan untuk meningkatkan nilai tambah suatu bahan yaitu mikroorganisme.

Bioteknologi secara umum dibagi menjadi 2 jenis yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.

Bioteknologi konvensional menggunakan prinsip fermentasi dengan menaplikasikan mikroorganisme baik bakteri atau jamur untuk meningkatkan nilai tambah suatu bahan. Contoh dari aplikasi bioteknologi konvensional antara lain:

  • Penggunaan Rhizopus oryzae untuk mengubah kedelai menjadi tempe.
  • Penggunaan Neurospora crassa untuyk mengubah bungkil kacang menjadi oncom.
  • Penggunaan Saccharomyces cereviceae untuk mengubah singkong menjadi tape.
  • Penggunaan Acetobcter xylinum untuk mengubah air kelapa menjadi nata de coco.
  • Penggunaan Acetoabcter aceti untuk mengubah alkohol menjadi cuka.
  • Penggunaan Lactobacillus bulgaricus untuk mengubah susu menjadi yoghurt.
  • Penggunaan Acetabcter Streptococcus lactis untuk menguubah susu menjadi mentega dan keju.
  • Penggunaan Acetabcter Penicillium camemberti untuk mengubah susu menjadi keju dan lain sebagainya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Coba galilah informasi mengenai produk bioteknologi tersebut bersama kelompokmu Halaman 66 Bab 7 (Bioteknologi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Coba galilah informasi mengenai produk bioteknologi tersebut bersama kelompokmu Halaman 66 Bab 7 (Bioteknologi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Terdapat 42 siswa yang mengikuti kelas paduan suara. 31 siswa yang mengikuti kelas paduan suaraadalah perempuan. Di antara proporsi berikut yang digunakan untuk menentukan x, yakni persentase siswa laki-laki yang mengikuti kelas paduan suara adalah . . . .

[Kunci Jawaban] Terdapat 42 siswa yang mengikuti kelas paduan suara. 31 siswa yang mengikuti kelas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!