Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya

Questions and Answer Key Grade 8 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2017 Exercise 1 Essay Mention limit the ASEAN region by geography Page 78 Chapter 1 (Spatial Interaction in Life in ASEAN Countries) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Latihan 1 Essay Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya Halaman 78 Bab 1 (Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-Negara ASEAN) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

B. Essay

1. Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya!

  • Timur : ASEAN berbatasan dengan Papua Nueva Guinea dan Samdera Pasifik
  • Barat : ASEAN berbatasan dengan Laut Andaman, India, Bangladesh, Samudera Hindia, dan Teluk Bengala

2. Berikan contoh bahwa iklim dapat memengaruhi perubahan ruang dan interaksi antar ruang!

  • Bila suatu tempat mengalami kekeringan akibat iklim yang panas dan musim kemarau yang panjang tentunya mempengaruhi kehidupan masyarakatnya terutama yang mengandalkan sektor pertanian dan perkebunan. Hal ini, bila berlangsung terus menerus, mendorong terjadinya interaksi antar ruang, misalnya imigrasi atau bahkan transmigrasi bedol desa dari penduduknya.
  • Pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim menjadikan bumi sering mengalami kejadian-kejadian yang tak terduga seperti bencana alam, contohnya bencana badai Haiyan di Filipina yang menyebabkan perubahan ruang pada sebagian wilayah Filipina yang mengalami banyak kerusakan parah karena kecepatan topan yang mencapai 300km/jam sehingga aliran listrik dan telekomunikasi menjadi terputus.
  • Bencana Alam karena perubahan iklim tersebut menyebabkan terjadinya interaksi antarruang antar negara-negara Asean, mereka saling bekerja sama untuk mengirimkan bantuan tenaga, makanan, pakaian dan obat-obatan kepada negara yang mengalami bencana alam. Sehingga korban bisa cepat tertolong dan terhindar dari penderitaan.
  • Terjadinya kekeringan yang berkepanjangan menjadikan adanya kegiatan Transmigrasi maupun Imigrasi menuju suatu daerah yang berkecukupan akan sumber airnya.
  • Adanya Gempa di Lombok dan Yogyakarta menumbuhkan perubahan ruang dan interaksi antarruang seperti adanya donasi dan uluran tangan, kegiatan saling bantu membantu, penyediaan logistik, dan sebagainya.

3. Bagaimana peran teknologi komunikasi dalam interaksi antarruang di negara-negara ASEAN?

  • Tekonologi komunikasi  memiliki peran penting dalam perkembangan Negara-negara di Asean. Tekonologi komunikasi berkembang dengan sangat pesat pada era globalisasi ini. Teknologi komunikasi yang kini menghadirkan media yang menciptakan kemudahan bagi semua penggunanya dan hampir meniadakan batas antara ruang dan waktu, yang mengubah gaya hidup masyarakat.  
  • Teknologi komunikasi menciptakan manfaat positif dengan mengatasi hambatan jarak dan waktu bagi penduduk seluruh Dunia.
  • Mempercepat penyebaran informasi yang luas dalam waktu yang singkat.
  • Membuat akses informasi semakin mudah diakses dan dijangkau.
  • Teknologi komunikasi membuat setiap negara ASEAN dapat terhubung satu sama lain tanpa dibatasi Batasan ruang dan waktu.
  • Memudahkan negara negara  ASEAN untuk melakukan hubungan kerja sama, mempererat persaudaraan antar negara tanpa dibatasi ruang dan waktu.

4. Jelaskan mengapa negara Singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri!

Singapura merupakan salah satu negara kota yang berada di Asia Tenggara, dimana Singapura mempunyai ekonomi maju dimana dengan mengangkat konsentrasi dalam perdagangan serta industri melalui Pelabuhan Singapura.

Didukungnya pada lokasi yang amat strategis dikarenakan berada di Selat Singapura serta Selat Malaka sehingga peranan Singapura tersebut dalam perdagangan Internasional.

Dalam lokasi tersebut merupakan jalur utama dimana menghubungkan Asia Timur terhadap India, Timur Tengah, Eropa maupun Afrika. Karena letak lokasi tersebut banyak sekali kapal yang berlabuh di Singapura, dan bahkan beberapa perusahaan asing menggunakan lokasi tersebut untuk pusat distribusi bahan baku maupun bahan hasil industri. 

Pelabuhan Singapura (Port of Singapura) ialah salah satu pelabuhan tersibuk di dunia terhadap hal tonase pengiriman, dimana mencapai 1,15 miliar gross ton (GT) serta ditangani tepat tahun 2005. Disamping tonase karga, Singapura tepat berada dibelakang Shanghai dnegan 423jt ton ditangani.

Disamping perdagangan, ditopangnya oleh industri untuk merelaksiasikan, terutama pada industri penyulingan serta pengolahan minyak bumi maupun gas alam, karena pada industri ini telah mempunyai fasilitas refinery yang cukup lengkap. Dengan begitu, Singapura menjadi pusat perdagangan minyak bumi yang berada di Asia Tenggara.

Singapura mendapatkan minyak dari yang berada pada negara sekitar, seperti Brunei, Malaysia, maupun Indonesia yang akan mengimport bentuk minyak mentah, kemudian diolah kembali oleh Singapura, sehingga akan diekspor ke Negara lain. Dengan sistem pengolahan seperti ini, maka Singapura akan mendapatkan keuntungan yang begitu besar.

5. Jelaskan alasan negara-negara Asia Tenggara perlu mengandalkan kerja sama ekonomi!

Asia Tenggara merupakan sebuah wilayah yang terletak pada benua Asia bagian Tenggara. Asia Tenggara terdiri dari 11 negara, diantaranya Brunei, Filiphina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste.

Mayoritas dari kesebelas negara ini merupakan negara yang masih berkembang kecuali Singapura yang telah menjadi negara maju. Untuk memudahkan menjadi negara maju, maka dibentuklah kerja sama terutama kerja sama dalam bidang ekonomi, dengan alasan antara lain :

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi antar negara terutama untuk negara yang masih berkembang.
  • Agar dapat bersaing dengan negara maju.
  • Meningkatkan perekonomian nasional.
  • Guna saling melengkapi sektor perekonomian yang lemah antar negara.
  • Menstabilkan ekonomi antar negara.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Latihan 1 Essay Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya Halaman 78 Bab 1 (Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-Negara ASEAN)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Latihan 1 Essay Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya Halaman 78 Bab 1 (Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-Negara ASEAN). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!