Breaking News

Sebuah benda diletakkan di depan cermin cekung pada jarak 4 cm. Jika titik fokus cermin tersebut adalah 8 cm, berapa jarak bayangan terhadap benda? Gambar dan sebutkan sifat bayangan yang terbentuk!

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 An object is placed in front of a concave mirror at a distance of 4 cm. If the focal point of the mirror is 8 cm, what is the distance between the image and the object? Draw and say the nature of the formed shadows! Page 191 Chapter 11 (Lights and Optical Instruments) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Sebuah benda diletakkan di depan cermin cekung pada jarak 4 cm. Jika titik fokus cermin tersebut adalah 8 cm, berapa jarak bayangan terhadap benda? Gambar dan sebutkan sifat bayangan yang terbentuk! Halaman 191 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Diskusikan

1. Sebuah benda diletakkan di depan cermin cekung pada jarak 4 cm. Jika titik fokus cermin tersebut adalah 8 cm, berapa jarak bayangan terhadap benda? Gambar dan sebutkan sifat bayangan yang terbentuk!

Jarak benda cermin cekung adalah 4 cm -> s = 4 cm

Jarak fokusnya adalah 8 cm -> f = 8 cm

2. Sebuah benda diletakkan di depan cermin cembung pada jarak 3 cm. Jika titik fokus cermin tersebut adalah 6 cm, berapa jarak bayangan terhadap benda? Gambar dan sebutkan sifat bayangan yang terbentuk!

Jarak benda cermin cembung adalah 3 cm -> s = 3 cm

Jarak fokusnya adalah 6 cm -> f = 6 cm

Selanjutnya, karena yang ditanyakan pada soal no 1 dan no 2 sama yaitu mencari jarak bayangan, gambar dan sifat bayangan, maka perlu mencari s’ gambar dan sifat bayangan.

Penyelesaian soal no.1

Untuk mencari jarak bayangan pada cermin cekung caranya sebagai berikut :

1/f = 1/s + 1/s’

1/8 = 1/4 + 1/s’

1/8 – 1/4 = 1/s’

1/8 – 2/8 = 1/s’

(Disamakan penyebutnya dengan penyebut 8)

-1/8 = 1/s’

-8/1 = s’/1

(Dibalik, penyebut jadi pembilang dan sebaliknya)

-8 = s’

Untuk gambar terlampir pada foto pertaman dan sifat bayangan yang dibentuk yaitu maya, tegak dan diperbesar.

Penyelesaian soal no.2

Untuk mencari jarak bayangan cermin cembung caranya sebagai berikut :

-1/f = 1/s + 1/s’

-1/6 = 1/3 + 1/s’

-1/6 – 1/3 = 1/s’

-1/6 – 2/6 = 1/s’

(Disamakan penyebutnya dengan penyebut 6)

-3/6 = 1/s’

-6/3 = s’/1

(Dibalik, penyebut jadi pembilang dan sebaliknya)

-2 = s’

Untuk gambar terlampir pada foto kedua dan sifat bayangan yang dibentuk yaitu maya, tegak dan diperkecil.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Sebuah benda diletakkan di depan cermin cekung pada jarak 4 cm. Jika titik fokus cermin tersebut adalah 8 cm, berapa jarak bayangan terhadap benda? Gambar dan sebutkan sifat bayangan yang terbentuk! Halaman 191 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Sebuah benda diletakkan di depan cermin cekung pada jarak 4 cm. Jika titik fokus cermin tersebut adalah 8 cm, berapa jarak bayangan terhadap benda? Gambar dan sebutkan sifat bayangan yang terbentuk! Halaman 191 Bab 11 (Cahaya dan Alat Optik). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!