Breaking News

Seberapa penting energi bagi kehidupan

Natural Science Questions and Answers for Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Let’s Exercise What do you know about biomass energy Page 199 Chapter 6 (Energy in Living Systems) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Latihan Apa yang kamu ketahui mengenai energi biomassa Halaman 199 Bab 6 (Energi dalam Sistem Kehidupan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Kita Latihan

1. Apa yang dimaksud dengan energi?

Yang dimaksud energi yaitu kemampuan untuk mengerjakan atau membuat sesuatu terjadi, yang bersifat kekal, sehingga tidak bisa dimusnahkan, tetapi bisa berubah bentuk. Energi tidak hanya dimiliki oleh manusia, tetapi setiap benda memiliki energi sendiri yang terkandung dalam dirinya.

Definisi energi yang paling umum adalah suatu kerja yang dapat dilakukan oleh gaya tertentu (gravitasi, elektromagnetik, dan lain-lain). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dalam bidang fisika energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika).

2. Seberapa penting energi bagi kehidupan? Jelaskan.

Energi sangat penting bagi kehidupan mahluk hidup di alam semesta. Energi menyalakan banyak peralatan listrik dalam kehidupan manusia. Tanpa energi manusia tidak akan bisa bergerak, berpikir, bermain, belajar, bernapas, dIl. Tanpa energi juga kehidupan tidak akan dapat berlangsung, karena semua mahluk hidup memerlukan energi untuk tumbuh dan berkembang.

Berdasarkan peranannya, energi mempunyai manfaat masing masing dalam peran kehidupan manusia,yaitu:

  • Energi panas atau kalor

Energi panas bersumber dari matahari. contohnya api, sehingga kita dapat menggunakan kompor dan membantu memasak makanan.

  • Energi kimia

Berasal dari reaksi kimia

  • Energi cahaya

Untuk fotosintesis

  • Energi listrik

Contohnya PLN,A

  • Energi air

Contohnya PLTA

3. Apa yang kamu ketahui mengenai energi biomassa? Jelaskan.

Biomassa adalah bahan organik yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Energi yang tersimpan dalam biomassa berasal dari cahaya matahari yang didapat dari proses fotosintesis pada tumbuhan. Energi biomassa juga dapat dikonversi ke bentuk lain yang lebih bermanfaat, seperti gas metana, etanol, dan biodiesel.

Berikut adalah berbagai contoh dari energi biomassa:

  • Biogas

Biogas merupakan jenis energi alternatif yang diproduksi melalui pemecahan bahan organik, seperti pupuk kandang, kotoran manusia, material tanaman dan lainnya. Cara membuat biogas adalah semua bahan organik tersebut diuraikan melalui proses fermentasi dengan menggunakan bantuan mikroorganisme anaerobik untuk menghasilkan gas metana dan karbon dioksida. Gas yang dihasilkan dari proses ini dapat dimanfaatkan untuk menyalakan kompor, pembangkit listrik dan juga sebagai pemanas.

  • Kayu

Kayu juga merupakan contoh dari energi biomassa. Kayu yang dibakar dan digunakan sebagai bahan bakar adalah bentuk sederhana dari biomassa dengan menggunakan kayu. Energi panas yang dilepaskan oleh kayu tersebut digunakan untuk menghasilkan panas, memasak dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, dalam skala besar kayu juga digunakan untuk produksi listrik, seperti pembangkit listrik tenaga uap.

Meskipun begitu, jenis energi alternatif ini memiliki sejumlah kekurangan, seperti pembakaran kayu dengan emisi karbon dioksida dapat menyebabkan efek rumah kaca.  Namun jangan khawatir, karena hal ini juga dapat disiasati dengan cara menanam lebih banyak pohon. Sehingga dapat menyerap karbon dioksida dari atmosfer bumi.

  • Limbah Pertanian

Limbah pertanian juga dapat digunakan untuk produksi energi biomassa. Limbah pertanian yang dapat dimanfaatkan untuk energi ini adalah kotoran ternak, ampas tebu dan juga jerami. Limbah-limbah tersebut dapat diolah menjadi bahan bakar untuk menghasilkan listrik dan juga panas.

  • Tanaman Energi

Contoh dari energi biomassa selanjutnya adalah tanaman energi. Hingga saat ini terdapat tanaman energi yang ditanam secara komersial sebagai sumber energi. Tanaman tersebut diantaranya adalah rami, jagung, gandum dan juga kedelai. Tanaman-tanaman tersebut memang sengaja di tanam dalam skala besar untuk menghasilkan bahan bakar, seperti propanol, bio-diesel, butanol dan juga etanol.

4. Carilah literatur sebanyak-banyaknya mengenai cara untuk menghemat energi.

  • Mengurangi pengunaan listrik (lampu) pada siang hari
  • Mematikan barang-barang elektronik yang tidak digunakan
  • Menghemat pengeluaran bensin pada kendaraan, apabila jarak yang ditempuh dekat maka berjalan kakilah
  • Menggunakan alat listrik yang hemat energi.
  • Mengganti alat listrik yang lama dengan model baru yang lebih hemat energi.
  • Menggunakan alat listrik seperlunya.
  • Mematikan lampu jika tidak digunakan.
  • Menggunakan air secukupnya.
  • Mencabut semua alat steker listrik ketika tidak digunakan.
  • Memanfaatkan penerangan dari cahaya matahari pada siang hari.
  • Menggunakan kendaraan umum ketika bepergian.
  • Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor  
  • Menggunakan transportasi umum mematikan televisi bila tidak ditonton  
  • Mematikan kipas angin dan air conditioner bila tidak ada orang di ruangan  
  • Mematikan lampu saat siang hari
  • Mematikan kompor bila tidak digunakan

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Latihan Apa yang kamu ketahui mengenai energi biomassa Halaman 199 Bab 6 (Energi dalam Sistem Kehidupan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Latihan Apa yang kamu ketahui mengenai energi biomassa Halaman 199 Bab 6 (Energi dalam Sistem Kehidupan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!