Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah. Tuliskan simbol U (utara) dan S (selatan) pada kotak untuk menunjukkan kutub dari ujung yang dipotong!

Questions and Answers for Class 9 Natural Sciences Curriculum 2013 Revision 2018 Competency Test A magnet is cut out as shown below. Write the symbols U (north) and S (south) on the box to show the poles of the cut ends! Pages 48-49 Chapter 6 (Magnetism and Its Utilization) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah. Tuliskan simbol U (utara) dan S (selatan) pada kotak untuk menunjukkan kutub dari ujung yang dipotong! Halaman 48-49 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah. Tuliskan simbol U (utara) dan S (selatan) pada kotak untuk menunjukkan kutub dari ujung yang dipotong!

Kutub magnet merupakan salah satu bagian dari ujung dan pangkal magnet, dia memiliki daya tarik yang terbesar untuk menarik partikel jikalau dibandingkan bagian magnet yang lain. Setiap magnet memiliki dua buah kutub, yaitu kutub selatan dan kutub utara.

2. Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya. Kompas tersebut diletakkan di dekat sebuah magnet batang seperti gambar di bawah.

Gambarkan jarum kompas pada lingkaran di atas dan beri label kutub utara dan selatannya. Jelaskan jawabanmu menggunakan pengetahuanmu tentang magnet!

Jika sebuah gambar menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatan diletakkan di dekat sebuah magnet batang (soal diperkirakan seperti gambar pada lampiran), maka maka kutub S jarum kompas akan mendekati Kutub U magnet batang dan sebaliknya.

Magnet merupakan suatu benda yang mampu menarik benda lain di sekitarnya yang memiliki sifat khusus.

Ciri-ciri dan Sifat magnet antara lain:

Magnet memiliki dua kutub, yaitu Kutub Utara (U) dan Kutub Selatan (S)

Magnet akan saling tarik menarik jika kutub yang berdekatan berbeda jenis, sebaliknya akan saling tolak menolak apabila sejenis

Magnet batang, jika dipotong, akan tetap memiliki kutub utara dan kutub selatan.

Sifat magnet bisa melemah maupun bertambah kuat tergantung perlakuan yang diberikan kepada magnet.

Kompas merupakan salah satu benda yang menggunakan magnet jarum yang tetap memiliki kutub utara dan selatan seperti magnet pada umumnya. Maka, jika kompas didekatkan pada magnet akan berlaku salah satu sifat magnet yaitu magnet akan saling tarik menarik jika kutub yang berdekatan berbeda jenis, sebaliknya akan saling tolak menolak apabila sejenis. Maka pada soal yang akan terjadi adalah kutub S jarum kompas akan mendekati Kutub U magnet batang, atau kutub U jarum kompas akan mendekati kutub S magnet batang.

3. Gambar berikut menunjukkan peristiwa yang akan terjadi pada tiga magnet ketika ketiga magnet tersebut diletakkan berdekatan pada sebuah pensil. Magnet X dan Y bergerak sampai bersentuhan tetapi magnet Y dan Z tetap terpisah.

a. Jelaskan mengapa magnet X dan Y dapat bersentuhan?

Setiap magnet memiliki 2 kutub yaitu utara dan selatan jika kedua kutub berbeda maka magnet akan bersentuhan seperti magnet x dan magnet y.

b. Jelaskan mengapa magnet Y dan Z tetap terpisah?

Mengapa magnet z dan y tetap terpisah karena kutub magnet z dan magnet y memiliki area kutub yang sama.

4. Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.

a. Bagaimana Dayu menggunakan batang logam 1 untuk mencari tahu jika batang logam 2 adalah magnet?

Jadi cara untuk mencari jenis batang  dua adalah dengan mendekatkan ujung batang 2 dengan ujung batang 1.

b. Apa yang seharusnya Dayu amati jika batang logam 2 merupakan magnet?

Perhatikan, gaya tolak menolak atau tarik menarik yang terjadi.

  • Bila A didekatkan ke C, terjadi gaya tarik, periksa apakah yang terjadi bila A didekatkan dengan D. Bila A menarik D maka batang dua hanyalah logam magnetik atau logam yang bisa ditarik magnet.
  • Bila A didekatkan ke C terjadi gaya tarik menarik, dan A menolak D saat A didekatkan dengan D, maka batang 2 magnet dengan D sama kutub dengan A.
  • Bila A didekatkan ke C terjadi gaya tolak menolak dan saat A menarik D saat keduanya didekatkan, maka batang dua adalah magnet dengan kutub C sama jenis dengan kutub A.
  • Bila A tidak menarik C dan juga tidak menarik D, maka batang dua bukanlah magnet. melainkan logam diamagnetik atau benda yang tidak ditarik magnet.

Jadi yang harus diperhatikan adalah gaya tarik menarik dan tolak menolak yang terjadi pada ujung – ujung batang dua dan batang 1.

5. Jelaskan bagaimana prinsip kerja kereta maglev!

Prinsip kerja kereta maglev adalah menggunakan gaya magnet untuk mengangkat kereta di atas rel (dengan gaya tolak menolak magnet berkutub sama) dan untuk menggerakkan rel sepanjang lintasan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah. Tuliskan simbol U (utara) dan S (selatan) pada kotak untuk menunjukkan kutub dari ujung yang dipotong! Halaman 48-49 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah. Tuliskan simbol U (utara) dan S (selatan) pada kotak untuk menunjukkan kutub dari ujung yang dipotong! Halaman 48-49 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/sebatang-magnet-dipotong-seperti-pada-gambar-di-bawah-tuliskan-simbol-u-utara-dan-s-selatan-pada-kotak-untuk-menunjukkan-kutub-dari-ujung-yang-dipotong/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!