Breaking News

Saat cuaca mendung seorang anak mendengar bunyi guntur 1,5 detik setelah terlihat kilat. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s, tentukan jarak sumber petir dari anak tersebut

Questions and Answers for Class 8 Natural Sciences Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test When the weather is cloudy, a child hears the sound of thunder 1.5 seconds after seeing lightning. If the speed of the sound in the air is 320 m / s, determine the distance the source of the lightning is from the child! Pages 162-163 Chapter 10 (Vibrations, Waves, and Sounds in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Saat cuaca mendung seorang anak mendengar bunyi guntur 1,5 detik setelah terlihat kilat. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s, tentukan jarak sumber petir dari anak tersebut! Halaman 162-163 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Perhatikan gambar berikut!

a. Berapa jumlah gelombang pada gambar di atas?

satu gelombang secara sederhana dapat diartikan sebagai satu puncak dan satu lembah. Pada gambar di atas jumlah gelombangnya adalah 1,5.

b. Tentukan amplitudo gelombang.

Amplitudo jadalah jarak/simpangan terjauh dari titik kesetimbangan (atau titik nol). Amplitudo pda gambar di atas adalah 2 cm atau 0,02 m.

c. Tentukan periode gelombang.

Periode adalah waktu yang diperlukan untk melakukan satu kali getaran. Lambangnya “I” dan satuannya sekon (s).

T = waktu / banyaknya getaran = t / n = 2,25 s / 1,5 getaran

T= 1,5 s

d. Tentukan panjang gelombang.

Panjang gelombang adalah jarak antara satuan berulang dari sebuah pola gelombang. Misalnya puncak ke puncak, atau lembah ke lembah. Panjang gelombang pada gambar di atas adalah 30 cm atau 0,3 m.

e. Tentukan cepat rambat gelombang

f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit.

T=t/n

1.25 s = 2 menit / n

1,25 s = 120 s / n (dikali silang)

1,25 n = 120

n = 120 / 1,25 = 96 gelombang

2. Saat cuaca mendung seorang anak mendengar bunyi guntur 1,5 detik setelah terlihat kilat. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s, tentukan jarak sumber petir dari anak tersebut!

Diketahui:

t= 1,5 s

v = 320 m/s

Ditanya:  s?

Dijawab:

s = vt

s = 320 m/s . 1.5 s

s = 480 m

3. Sekarang ini banyak teknologi baru yang memanfaatkan sistem sonar. Menurut kamu adakah dampak negatif penggunaan sistem sonar ini dalam perkembangan teknologi?

Dampak negatif dari penggunaan sistem sonar dalam perkembangan teknologi antara lain adalah:

  • Berdampak pada hewan-hewan yang ada dan hidup didalam laut. Contohnya adalah ikan paus dan lumba-lumba yang pergi untuk mendamparkan diri mereka ke pantai. Diduga hal ini dikarenakan adanya kerusakan pada otak yang disebabkan oleh gelombang berfrekuensi tinggi yang dihasilkan oleh sistem sonar.
  • Selain memicu kerusakan pada otak, sistem sonar bisa memicu kerusakan pada pendengaran. Kerusakan pada pendengaran juga tak lain disebabkan oleh gelombang berfrekuensi tinggi dihasilkan oleh sistem sonar.
  • Merusak komunikasi antara mamalia laut contohnya bisa kita ambil adalah komunikasi antara paus dengan lumba-lumba. Kedua mamalia laut itu mempunyai sistem navigasi untuk mendeteksi objek disekitar mereka dengan cara menggunakan pendengaran mereka serta menggunakan sistem sonar untuk berinteraksi satu sama lain. Namun, bagaimana kalau sistem sonar menghasilkan frekuensi tinggi mengacaukan sistem komunikasi antar mamalia laut dan menghalangi komunikasi?? Maka, mereka akan mengalami pergerakan yang berbeda hingga membuat mereka tersesat dan beberapa kasus ditemukan bahwa bisa hingga terdampar ke pantai.
  • Menimbulkan gelombang dilaut. Saking kuatnya frekuensi tinggi dari sistem sonar bisa membuat gelombang dilaut. Namun, tidak akan berdampak baik jika ada mamalia laut yang sedang berada dilaut. Bisa menimbulkan beberapa gejala seperti yang sudah dijelaskan.
  • Merusak komunikasi antara kapal selam dan kapal laut. Hal ini juga disebabkan karena jika ada sistem sonar lain yang ikut bergabung dalam komunikasi antara kapal selam dan kapal laut. Otomatis juga akan terhalangi dan terjadilah kerusakan komunikasi antar kapal selam dan kapal laut. Membuat kapal laut tidak akan bisa menemukan kapal selam karena disebabkan kerusakan komunikasi.

4. Pernahkah kamu berdiri di trotoar jalan kemudian mendengar suara sirene mobil ambulans? Saat mobil berada di kejauhan bunyi sirene mobil terdengar pelan. Ketika mobil bergerak mendekati kamu, bunyi akan terdengar semakin keras kemudian bunyi sirene mobil akan terdengar melemah lagi setelah mobil menjauh. Dapatkah kamu menjelaskan mengapa bunyi sirene mobil berubah- ubah ketika mobil bergerak mendekati/menjauhi kamu?

Ketika ambulan bergerak mendekati kita maka frekuensinya akan terdengar makin tinggi, dan ketika ambulan bergerak menjauh maka frekuensinya akan semakin rendah. Peristiwa ini disebabkan karena ketika mobil ambulan bergerak mendekati pengamat (kita) panjang gelombang dari gelombang suara sirine menjadi semakin pendek, hal ini menyebabkan frekuensi suara semakin meningkat. Sedangkan sebaliknya, ketika mobil ambulan bergerak menjaubi pengamat, panjang gelombang bunyi sirine sekamin panjang, sehingga menyebabkan frekuensi semakin rendah. Catatan: panjang glombang berbanding terbalik dengan frekuensi. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar 1 di bawah ini!

Peristiwa inilah yang kemudian menjadi pengamatan Christian Johann Doppler (1803 – 1855 ) sehingga fenomena ini diberi nama efek Doppler.

Apa itu Efek Doppler?

Efek Doppler adalah efek yg menjelaskan tentang hubungan antara jarak pengamat terhadap sirine dengan frekuensi bunyi

Bunyinya :

“Apabila pengamat mendekati sumber bunyi, maka frekuensi yang didengar semakin besar. Apabila pengamat menjauhi sumber bunyi, maka frekuensi yang didengar semakin kecil”

Apa saja contoh dari Efek Doppler?

Contohnya :

Ketika mobil kebakaran sedang melaju. Pada awalnya suara sirine-nya kecil. Semakin mendekati kita suaranya makin besar. Kemudian mobil kebakaran menjauh dan suara sirine-nya mengecil kembali.

Rumus efek Doppler dirumuskan sebagai berikut:

Keterangan :

fp = frekuensi yang didengar oleh pendengar (Hz)

fs = frekuensi sumber bunyi (Hz)

v = cepat rambat bunyi di udara (m/s)

vp = kecepatan pendengar (m/s)

vs =kecepatan sumber bunyi (m/s)

(+) Digunakan untuk pendengar bergerak mendekati sumber bunyi atau digunakan untuk sumber bunyi menjauhi pendengar

(-) Digunakan untuk pendengar menjauhi sumber bunyi atau digunakan untuk sumber bunyi mendekati pendengar

5. Apabila kita menjatuhkan benda keras (misalnya batu atau besi) ke lantai, akan terdengar bunyi.

  • Bunyi dapat dipantulkan?

Iya, bunyi dapat dipantulkan dan diserap. Sebagian besar bunyi dipantulkan jika mengenai permukaan benda yang keras, seperti permukaan dinding batu atau semen, besi, kaca, dan seng. Sebaliknya, sebagian besar bunyi akan diserap jika mengenai permukaan benda yang lunak, misalnya kain, karet, busa, gabus, karpet, dan wol.

  • Perbedaan pemantulan bunyi di ruang kosong dan pada dinding tebing?

Gema adalah pemantulan bunyi yang diterima oleh pendengar beberapa saat setelah bunyi asli. Bunyi gema terdengar jelas karena jarak antara sumber bunyi dengan benda-benda yang memantulkan bunyi relatif jauh. Contoh: gema akan terdengar ketika berteriak di dekat tebing.

Gaung adalah bunyi pantul yang datang sebelum bunyi asli selesai dikirim. Gaung merupakan kumpulan bunyi yang saling tumpah tindih. Suara yang dihasilkan gaung tidak jelas. Contoh: gaung akan terdengar ketika berteriak di ruangan sempit.

  • Pemanfaat pemantulan bunyi

Mendeteksi cacat dan retak pada logam

Mengukur ketebalan pelat logam

Mengukur kedalaman laut

Mengetahui kedudukan kapal selam dengan mengirim gelombang ultrasonik dari kapal pemburu ke bawah laut.

Proses pemantulan bunyi dapat di manfaatkan untuk kepentingan kita, contohnya untuk mengukur kedalam laut, untuk mengukur kedalaman goa. Untuk mengukur kedalaman laut, dilakukan dengan cara memancarkan bunyi ke dasar laut. Di dasar kapal diberi detector untuk mendeteksi bunyi pantul yang dipancarkan dari dasar laut.Dengan mengukur waktu yang diperlukan sejak bunyi dipancarkan sampai ditangkap detektor, maka kedalaman laut dapat ditentukan. Untuk mengukur kedalaman suatu gua yang belum pernah dijamah manusia, dapat dilakukan dengan menggunakan gelombang bunyi.

  • Bagaimana cara kerja sonar?

Sonar (sound navigation and ranging) adalah gelombang suara berfrekuensi tinggi yang dipancarkan di dalam laut untuk mencari kapal selam atau benda- benda lain yang tidak kelihatan.

Sonar adalah suatu metode yang memanfaatkan perambatan suara di dalam air untuk mengetahui keberadaan obyek yang berada dibawah permukaan kawasan perairan. Sistem kerja sonar adalah dengan cara mengeluarkan sumber bunyi yang akan menyebar di dalam air. Bunyi ini akan dipantulkan oleh obyek di dalam air dan diterima kembali oleh sistem sonar tersebut. Berdasarkan penghitungan kecepatan perambatan suara didalam air maka letak obyek didalam air tersebut dapat diketahui jaraknya dari sumber suara.

Cara kerja sonar adalah Sonar di kapal akan mengirimkan suara yang mengenai reruntuhan kapal atau dasar laut akan dipantulkan kembali. Waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak dari sumber bunyi ke suatu benda kemudian kembali ke sumber bunyi akan dicatat oleh alat tersebut. Semakin lama waktu yang diperlukan, maka semakin jauh jarak benda tersebut.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Saat cuaca mendung seorang anak mendengar bunyi guntur 1,5 detik setelah terlihat kilat. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s, tentukan jarak sumber petir dari anak tersebut! Halaman 162-163 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Saat cuaca mendung seorang anak mendengar bunyi guntur 1,5 detik setelah terlihat kilat. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s, tentukan jarak sumber petir dari anak tersebut! Halaman 162-163 Bab 10 (Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Dalam lahan parkir suatu sekolah, 21 dari 25 sepeda yang terparkir tidak memiliki boncengan di belakang. Persentase dari sepeda yang tidak memiliki boncengan di belakang adalah

[Kunci Jawaban] Dalam lahan parkir suatu sekolah, 21 dari 25 sepeda yang terparkir tidak memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!