Breaking News

Ringkaslah isi teks itu dengan langkah-langkah yang telah dipaparkan terdahulu

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Individual Assignments Summarize the contents of the text with the steps previously described Page 135 Chapter 5 (Sequence of Interesting Stories in Explanation) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Individu Ringkaslah isi teks itu dengan langkah-langkah yang telah dipaparkan terdahulu Halaman 135 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Individu

1. Bacalah sebuah teks eksplanasi, baik itu dari buku, surat kabar, majalah, internet, maupun sumber-sumber lain!

2. Ringkaslah isi teks itu dengan langkah-langkah yang telah dipaparkan terdahulu!

3. Laporkan hasilnya dalam format seperti berikut!

Judul teks :  Tsunami

Sumber :  Situs Yuksinau

Topik :  Fenomena alam

Gagasan pokok :

  1. Tsunami berasal dari bahasa jepang yaitu “tsu” (pelabuhan) dan “nami” (gelombang).
  2. Tsunami datang tiba-tiba dengan kecepatan tinggi menuju kawasan pantai, disebabkan aktivitas gunung berapi atau gempa bawah laut.
  3. Tsunami terjadi karena terlepasnya energi dalam jumlah sangat besar.
  4. Gempa memicu surutnya air laut dan mengirimnya kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami).
  5. Letusan gunung berapi mengakibatkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di dekatnya dan menimbulkan tsunami.
  6. Kecepatan tsunami mencapai 700km/jam.
  7. Ketinggian tsunami mencapai 50 – 100 meter dan menyebar ke semua arah.
  8. Tsunami sangat berbahaya bagi manusia karena bisa menyebabkan kerusakan besar dan merenggut jiwa
  9. Kita wajib waspada dan menyiapkan diri untuk menghadapi tsunami.

Ringkasan

Tsunami berasal dari bahasa jepang yaitu “tsu” (pelabuhan) dan “nami” (gelombang). Istilah ini merujuk pada gelombang laut yang datang tiba-tiba dengan kecepatan tinggi menuju kawasan pantai, disebabkan aktivitas gunung berapi atau gempa bawah laut.  Penyebab utama terjadinya tsunami adalah pelepasan energi dalam jumlah sangat besar di laut. Hal ini dapat dipicu oleh gempa bumi dan letusan gunung api bawah laut. Tubrukan antarlempeng yang terjadi saat gempa memicu surutnya air laut secara tiba-tiba. Namun dengan cepat, tubrukan ini menghasilkan energi dalam jumlah sangat besar dan berbalik mengirim air laut kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami). Letusan gunung berapi juga dapat mengakibatkan tsunami dengan menciptakan pergerakan air laut atau perairan di dekatnya yang sangat tinggi.  Kecepatan tsunami mencapai 700km/jam, sementara ketinggiannya mencapai 50 – 100 meter dan menyebar ke semua arah.

Tsunami sangat berbahaya bagi manusia karena bisa menyebabkan kerusakan besar dan merenggut jiwa. Meski tidak semua gempa bumi dan letusan gunung api bawah laut dapat menyebabkan tsunami, namun kita wajib waspada dan menyiapkan diri untuk menghadapi bencana tsunami.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Individu Ringkaslah isi teks itu dengan langkah-langkah yang telah dipaparkan terdahulu Halaman 135 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Individu Ringkaslah isi teks itu dengan langkah-langkah yang telah dipaparkan terdahulu Halaman 135 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/ringkaslah-isi-teks-itu-dengan-langkah-langkah-yang-telah-dipaparkan-terdahulu/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi yang paling panjang menjadi 9 cm, maka panjang sisi terpendek menjadi ….

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!