Breaking News

Reproduksi yang memungkinkan tumbuhan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari satu induk adalah perkembang-biakan secara

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Reproductive Competency Test that allows plants to inherit all characteristics or traits from only one parent is reproduction Page 112-114 Chapter 2 (Breeding System of Plants and Animals) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Reproduksi yang memungkinkan tumbuhan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari satu induk adalah perkembang- biakan secara Halaman 112-114 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Reproduksi yang memungkinkan tumbuhan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari satu induk adalah perkembang- biakan secara . . . .

A. alami

B. seksual

C. generatif

D. vegetatif

Jawaban :

D. vegetatif

Pembahasan :

Tumbuhan dapat bereproduksi dengan menggunakan bagian tumbuhan seperti akar, batang, ataupun daun.

Cara reproduksi tumbuhan dengan menggunakan bagian tumbuhan disebut reproduksi secara vegetatif. Reproduksi tumbuhan secara vegetatif disebut juga reproduksi aseksual karena tumbuhan dapat menghasilkan individu baru tanpa melibatkan proses fertilisasi (proses peleburan inti sel sp3rma dengan inti sel telur sehingga membentuk zigot). Tumbuhan dapat melakukan reproduksi as3ksual karena tumbuhan memiliki sel- sel yang memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi berbagai jenis sel penyusun jaringan dan organ tumbuhan yang disebut sel meristem. Keturunan yang dihasilkan dari reproduksi as3ksual memiliki sifat atau karakter yang sama dengan sifat induk.

Reproduksi Aseksual ada dua macam yaitu Reproduksi Aseksual Alami dan Reproduksi Aseksual Buatan.

Tumbuhan yang dapat bereproduksi dengan bagian tubuhnya tanpa bantuan manusia inilah yang disebut dengan reproduksi aseksual alami atau reproduksi vegetatif alami.

2. Perkembangbiakan vegetatif buatan dapat dilakukan dengan . . . .

A. merunduk, setek, dan cangkok

B. merunduk, enten, dan umbi lapis

C. okulasi, stolon, dan tunas adventif

D. rhizoma, enten, dan tunas adventif

Jawaban :

A. merunduk, setek, dan cangkok

Pembahasan :

Perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan dapat dilakukan dengan mencangkok, okulasi, stek, enten, dan merunduk. Selain vegetatif buatan terdapat juga reproduksi secara vegetatif alami. Diantaranya tunas, rhizoma, geragih, umbi akar, umbi batang dan umbi lapis. Perkembagbiakan vegetatif buatan mempunyai beberapa keuntungan seperti sifat anakan sama dengan induk. Yang lainnya yaitu dibutuhkan waktu relatif lebih cepat dibandingkan dengan reproduksi seksual/generatif. 

3. Berikut menunjukkan seekor kupu-kupu hinggap pada tanaman bunga A lalu membawa serbuk sari dari tanaman bunga A ke tanaman bunga B. Hasil yang akan terjadi dari peristiwa tersebut adalah . . . .

A. keturunan dari tanaman bunga A akan terlihat seperti tanaman bunga B

B. keturunan dari tanaman bunga B akan terlihat seperti tanaman bunga A

C. keturunan dari tanaman bunga B akan terlihat seperti tanaman bunga A dan tanaman bunga B

D. tidak akan terbentuk keturunan karena serbuk sari berasal dari jenis tanaman yang berbeda

Jawaban :

D. tidak akan terbentuk keturunan karena serbuk sari berasal dari jenis tanaman yang berbeda

Pembahasan :

Perlu kita ketahui jika tanaman A pada gambar merujuk pada tanaman soka merah jepang, sedangkan tanaman B pada gambar merujuk pada tanaman bunga matahari. Proses penyerbukan merupakan peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua proses penyerbukan akan menghasilkan pembuahan. Salah satu penyebab tidak terjadinya pembuahan pada penyerbukan adalah faktor genetik, yaitu penyerbukan antar bunga pada tanaman yang berbeda jenis.

4. Perhatikan gambar berikut dibawah ini !

Gambar berikut menunjukkan tanaman buncis pada tahap pertumbuhan yang berbeda. Urutan tahapan pertumbuhan yang benar adalah ….

A. 2, 1, 3, 4

B. 2, 1, 4, 3

C. 3, 2, 1, 4

D. 4, 2, 3, 1

Jawaban :

B. 2, 1, 4, 3

Pembahasan :

Buncis merupakan jenis sayuran yang dibudidayakan. syarat buncis agar tumbuh baik yaitu : memiliki iklim dataran tinggi, ditanam saat akhir musim kemarau, suhu 20°C – 25°, cahaya matahari yang cukup, dan media tanam yang gembur.

Tahapan pertumbuhan tanaman buncis yaitu :

  • Dimulai dengan pertumbuhan biji. Biji tersebut awalnya mulai menyerap air yang mengakibatkan ukurannya bertambah besar dan lunak.
  • Kemudian selanjutnya yaitu perkecambahan yang ditandai dengan munculnya radikula (Calon akar) dan plumula (Calon batang). calon akar dan batang tumbuh disebabkan karena air dan oksigen didalam tanah.
  • Kemudian muncul batang dan daun hijau muda.
  • Setelah itu terakhir adalah akan mulai tumbuh daun hijau tua yang dinamakan dengan buncis tua.

5. Dayu meletakkan beberapa biji kacang di piring yang diberi kapas basah. Siti juga menaruh beberapa biji kacang di piring dekat piring Dayu dan merendamnya dalam air. Setelah dua hari biji kacang milik Dayu tumbuh berkecambah sedangkan biji kacang milik Siti tidak tumbuh. Penyebab tidak tumbuhnya biji kacang milik Siti adalah . . . .

A. biji kacang milik Siti memerlukan lebih banyak udara

B. biji kacang milik Siti memerlukan lebih banyak cahaya

C. Siti tidak menaruh piring di tempat yang cukup hangat

D. Siti seharusnya menggunakan jenis biji kacang yang berbeda

Jawaban :

A. biji kacang milik Siti memerlukan lebih banyak udara

Pembahasan :

Pada faktanya, jika kamu mencoba melakukan percobaan seperti pada gambar di atas, maka biji kecambah yang kamu rendam juga akan tumbuh, meskipun lebih lambat, karena pada faktanya ada oksigen dan beberapa gas lainnya yang juga terlarut dalam air.

Karena kedua piring tempat tumbuh diletakkan berdekatan, maka faktor cahaya dan faktor kehangatan tidaklah berpengaruh. Sedangkan biji kacang haruslah tetap sama agar bisa dilakukan perbandingan. Jadi yang paling memungkinkan dari opsi jawaban di atas adalah opsi A.

Tahap-Tahap Proses Perkecambahan:

  • Perkecambahan diawali dengan penyerapan air dari lingkungan sekitar biji, baik tanah, udara, maupun media lainnya. Perubahan yang teramati adalah membesarnya ukuran biji yang disebut tahap imbibisi (berarti “minum”).
  • Kehadiran air di dalam sel mengaktifkan sejumlah enzim perkecambahan awal. Fitohormon asam absisat menurun kadarnya, sementara giberelin meningkat. Perubahan pengendalian ini merangsang pembelahan sel di bagian yang aktif melakukan mitosis, seperti di bagian ujung radikula. Akibatnya ukuran radikula makin besar dan kulit atau cangkang biji terdesak dari dalam, yang pada akhirnya pecah.
  • Terjadi penguraian bahan-bahan seperti karbohidrat, lemak dan protein menjadi bentuk-bentuk yang melarut dan ditranslokasikan ke titik-titik tumbuh.
  • Asimilasi dari bahan-bahan yang telah terurai di daerah meristematik untuk menghasilkan energi dari kegiatan pembentukan komponen dalam pertumbuhan sel-sel baru.
  • Pertumbuhan dari kecambah melalui proses pembelahan, pembesaran dan pembagian sel-sel pada titik-titik tumbuh, pertumbuhan kecambah ini tergantung pada persediaan makanan yang ada dalam biji.

6. Peristiwa yang terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah . . . .

A. pembelahan sel telur

B. perkembangan embrio

C. produksi sel sperma dan sel telur

D. penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur

Jawaban :

D. penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur

Pembahasan :

Peristiwa yang terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah adanya proses penyatuan antara inti sel sperma dengan inti sel telur. Penyatuan dua inti srl gamet tersebut akan membentuk zigot yang akan tumbuh menjadi individu baru.

Fertilisasi pada hewan dapat terjadi secara eksternal maupun internal. Pada fertilisasi eksternal, penyatuan inti sel gamet menjadi zigot terjadi di luar tubuh induk, contoh hewan yang mengalami fertilisasi eksternal adalah ikan dan katak. Fertilisasi internal terjadi bila penyatuan dua sel gamet menjadi zigot terjadi di dalam tubuh. contohnya adalah kelompok aves dan mamalia.

7. Perlakuan khusus pada serangga jantan agar tidak memproduksi sperma adalah untuk . . . .

A. menghasilkan spesies baru serangga

B. meningkatkan jumlah serangga betina

C. mengurangi jumlah populasi serangga

D. mencegah serangga melakukan fertilisasi

Jawaban :

C. mengurangi jumlah populasi serangga

Pembahasan :

Alasan pemandulan serangga berdasarkan dari perkawinan suatu individu yang mandul, dalam hal ini serangga mandul, baik antara serangga jantan mandul dengan betina normal, serangga jantan normal dengan betina mandul, maupun serangga jantan mandul dengan betina mandul, tidak akan dihasilkan keturunan. Oleh karena itu bila ditemukan cara untuk memandulkan serangga maka hasilnya dapat digunakan dalam pengendalian hama, yaitu dengan melepas sebanyak mungkin serangga mandul untuk mengawini serangga hama di lapangan.sejumlah besar serangga mandul dilepas ke lapangan agar bersaing kawin dengan serangga normal.

Pada waktu dilepas di lahan pertanian serangga mandul akan berbaur dan bersaing untuk memperoleh pasangan kawin dengan serangga subur.  Hasilnya, hanya perkawinan antar sesama serangga subur saja yang akan menghasilkan keturunan, sedangkan antara jantan mandul dengan betina subur ataupun antara jantan subur dengan betina mandul, dan sesama serangga mandul tidak. Keberadaan serangga mandul dapat mengurangi kesempatan serangga normal untuk kawin dengan serangga normal yang lain, oleh karena itu dapat mengurangi jumlah keturunannya.

Proses pemandulan ini bisa dilakukan dengan meradiasi serangga dengan dosis tertentu, lalu kemudian melepaskan serangga tersebut ke lingkungan.

8. Untuk mencari tahu apakah biji tumbuh lebih baik di tempat terang kita dapat melakukan kegiatan . . . .

A. meletakkan biji di tempat gelap dan hangat

B. meletakkan biji di tempat hangat dan terang

C. meletakkan biji tersebut di tempat terang dingin dan gelap dingin

D. meletakkan biji satu kelompok di tempat terang dan yang lain di tempat gelap

Jawaban :

D. meletakkan biji satu kelompok di tempat terang dan yang lain di tempat gelap

Pembahasan :

Proses perkecambahan dipengaruhi oleh faktor ekstenal dan faktor internal Untuk faktor eksternal terdiri dari: air, suhu, oksigen, cahaya, dan media tanam. Pada soal jika kamu ingin mencari tabu apakah biji tumbuh lebih baik di tempat terang, maka kamu perlu membandingkannya dengan faktor eksternal yang sama, yaitu cahaya. Percobaan yang bisa kamu lakukan adalah dengan menanam beberapa biji kacang hijau di medium yang sama, lalu tempatkan beberapa di tempat yang terang, dan beberapa lagi ditempatkan di tempat yang gelap.

Perkecambahan biji akan berlangsung lebih cepat dalam kondisi gelap, karena proses perkecambahan butuh air, kelembaban tinggi serta oksigen serta tidak membutuhkan cahaya matahari.

Setelah perkecambahan, kemudian terjadi pertumbuhan dan perkembangan. Secara umum, cahaya dapat menghambat pertumbuhan tinggi tanaman. Tanaman yang diletakkan di tempat terang akan lebih pendek namun daunnya lebih hijau dan lebih lebar, batangnya lebih pendek dan kokoh. Sedangkan tanaman yang diletakkan di tempat gelap akan lebih tingginamun daunnya lebih pucat atau berwarna kuning dan lebih sempit, batangnya lebih tinggi namun rapuh sehingga mudah patah dan mati.

Cahaya merupakan faktor eksternal yang dapat membantu proses fotosintesis, namun cahaya dapat merusak hormone auksin sehingga dapat menghambat pertumbuhan. Jika tanaman ditempatkan dalam kondisi gelap atau kurang cahaya, maka batang akan tumbuh sangat cepat sehingga batang menjadi sangat tinggi namun rapuh, lemah dan pucat. Keadaan demikian kita sebut sebagai peristiwa etiolasi.

9. Ketika ulat menjadi dewasa, bentuknya akan menjadi . . . .

Jawaban :

A. Kupu-kupu

Pembahasan :

Ulat akan mengalami proses metamorfosis. Proses metamorfosis adalah proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan. Pada perkembangannya ulat akan berubah menjadi kepompong, lalu pada akhirnya akan menjadi kupu-kupu.

10. Anak ayam tumbuh di dalam telur selama 21 hari sebelum menetas. Cadangan makanan anak ayam sebelum menetas adalah . . . .

A. makanan dari induk betina

B. kuning telur yang ada pada telur

C. putih telur yang mengandung protein albumin

D. kuning telur dan putih telur yang terdapat di dalam telur

Jawaban :

D. kuning telur dan putih telur yang terdapat di dalam telur

Pembahasan :

Telur pada hewan yang bersifat ovipar (berkembang biak dengan bertelur) seperti pada ayam, memiliki putih telur dan kuning telur di dalam telur yang ditutup cangkang. Baik kuning telur dan putih telur dapat digunakan sebagai cadangan makanan dalam pertumbuhan embrio hingga menetas.

Kuning telur (juga dikenal sebagai yolk atau vitellus) adalah bagian berwarna kuning di pusat telur, yang mengandung nutrisi dari telur dan fungsi utamanya adalah untuk memasok makanan bagi perkembangan embrio. 

Sebagai cadangan makanan, kuning telur kaya akan vitamin, mineral, lipid (lemak), dan protein. Protein pada kuning telur berfungsi selain sebagai makanan juga mengendalikan penyimpanan dan pasokan nutrisi lainnya. Seiring dengan perkembangan embrio di dalam telur, maka 

Putih telur (juga disebut albumen atau glair) adalah cairan bening yang terkandung di dalam telur. Bagian putih telur ini terbentuk di sekitar kuning telur, baik yang dibuahi atau tidak dibuahi. Fungsi utama putih telur adalah untuk melindungi kuning telur dan memberikan nutrisi tambahan untuk pertumbuhan embrio. 

Putih telur terutama terdiri dari sekitar 90% air dan sekitar 10% protein (termasuk albumin, mucoprotein, dan globulin). Berbeda dengan kuning telur, yang kaya akan lemak (lipid), putih telur hampir tidak mengandung lemak sama sekali, dan kandungan karbohidratnya kurang dari 1%, namun nutrisinya terlarut dalam bentuk protein

Fungsi dari bagian-bagian telur tersebut yaitu:

  • Cangkang Telur berfungi sebagai pelindung utama telur. Bagian ini memiliki pori-pori untuk keluar-masuknya udara.
  • Membran cangkang merupakan selaput tipis di dalam cangkang telur. Pada salah satu ujung telur, selaput ini tidak menempel pada cangkang sehingga membentuk rongga udara.
  • Rongga udara berfungsi sumber oksigen bagi embrio.
  • Keping germinal (zigot/sel embrio) merupakan calon individu baru.
  • Kuning telur (yolk) adalah cadangan makanan bagi embrio.
  • Putih telur (albumin) berfungsi sebagai pelindung embrio dari goncangan dan sebagai cadangan makanan dan air.
  • Kalaza (tali kuning telur) berfungsi untuk menahan kuning telur agar tetap pada tempatnya dan menjaga embrio agar tetap berada di bagian atas kuning telur.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Reproduksi yang memungkinkan tumbuhan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari satu induk adalah perkembang- biakan secara Halaman 112-114 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Reproduksi yang memungkinkan tumbuhan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari satu induk adalah perkembang- biakan secara Halaman 112-114 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/reproduksi-yang-memungkinkan-tumbuhan-mewarisi-semua-karakteristik-atau-sifat-hanya-dari-satu-induk-adalah-perkembang-biakan-secara/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!