Rangkuman LIVE Hasil LTMPT SBMPTN dan SNMPTN Tahun 2021/2022

Buat lo yang mungkin belum familiar dengan sistem SBMPTN sekarang, gue jelasin sekilas ya. Sejak tahun 2019 lalu, SBMPTN berbeda cukup signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kalau dulu definisi SBMPTN adalah ujian yang diselenggarakan secara nasional untuk menyaring siswa-siswa masuk PTN. Nah, sekarang yang namanya SBMPTN adalah proses seleksinya saja, tanpa ujian lagi. Sekarang diukur menggunakan nilai UTBK.

Berita dan Informasi SBMPTN Tahun 2022, berikut dibawah ini :

Kali ini gue mau ngasih beberapa rangkuman hasil LIVE LTMPT Tahun 2021 tentang Syarat dan Ketentuan SBMPTN dan SNMPTN. Oke guys, gausah lama-lama lagi, langsung aja ke rangkumannya yaa

  • Perhatikan dengan baik ketentuan dan persyaratan pendaftaran. Misal: periode pembuatan akun, foto yang digunakan untuk akun ltmpt, jangan sampai tidak sesuai dengan ketentuan
  • Siswa MA harus buat akun lagi karena ada perubahan NISN
  • Hanya yang berkurikulum nasional yang bisa daftar PDSS. Dan yang mengisikan data PDSS adalah pihak sekolah
  • Tanggal 04 Januari 2022 akan diumumkan kuota peserta SNMPTN yang bisa didaftarkan masing-masing sekolah
  • Kuota peserta SNMPTN berdasarkan perangkingan paralel sekolah tiap jurusan. Misal sekolah A punya siswa IPA 100 anak dan siswa IPS 100 anak dengan kuota daftar SNMPTN 40% berarti yang bisa daftar SNMPTN dari IPA 40 siswa dan IPS 40 siswa.
  • Kriteria pemeringkatan siswa sudah ada standarnya dari LTMPT, jadi sekolah tidak sembarang
  • Jadwal kegiatan, persyaratan, dan ketentuan SNMPTN UTBK SBMPTN masih sama dengan seminar kemarin
  • Kenapa sekolah yang melakukan seleksi eligibilitas siswa? Karna sekolah yang tau siswanya masing- masing. Misal ada anak yang masuk ke 40% yang mau kuliah ke luar negeri dan tidak mau ikut
  • SNMPTN, jadi bisa ditarik dari siswa lain untuk mengisi kekosongan tersebut.
  • Perhatikan dengan baik untuk NISN, NPSN, dan tanggal lahir yang akan digunakan untuk
  • registrasi akun LTMPT
  • Tahapan pendaftaran UTBK masih sama dengan tahun sebelumnya. Tahun 2022, ada 4 bank yang bekerjasama untuk pembayaran yaitu BTN, Mandiri, BNI, dan BRI
  • Siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2022 ataupun lulus SBMPTN di tahun sebelumnya, akan ditolak mendaftar UTBK SBMPTN 2022
  • Jika saat SNMPTN sudah menginput portofolio, di UTBK SBMPTN tidak perlu upload lagi jika pilihan prodinya masih di bidang seni dan olahraga. Kecuali jika ada yang mau diubah di portofolionya
  • LTMPT dan KIP-K akan host to host data. jadi yang sudah lolos daftar KIP-K, maka bisa mendaftar jalur seleksi PTN di LTMPT dengan KIP-K
  • Lintas jurusan di SNMPTN diijinkan dengan melihat persyaratan jurusan PTN   Tapi tidak disarankan untuk siswa IPS karena tingkat kegagalannya yang lebih tinggi jika memilih lintas jurusan.
  • Saat pelaksanaan UTBK SBMPTN, ketentuan peserta harus membawa hasil tes SWAB atau tidaknya tergantung protokol di setiap daerah
  • LTMPT melakukan clustering bidang keilmuan, yang di dalamnya akan ada pembobotan nilai- nilai subtes
  • NEW! Kesepakatan LTMPT dan PKN STAN yaitu harus punya nilai TPS dan TKA SOSHUM untuk daftar di PKN STAN, tapi pembobotannya akan berbeda nanti di PKN STAN. Selengkapnya tunggu info resmi dari PKN STAN.
  • Soal Bahasa Inggris tetap ada di TPS, ada di bagian PPU
  • Nilai UTBK tahun tersebut hanya berlaku untuk mendaftar di tahun tersebut (misal UTBK 2020 hanya berlaku di tahun 2020) berlaku juga untuk mendaftar kedinasan
  • Kalau di provinsinya ga ada PTN atau prodi yang di inginkan, disarankan saat SNMPTN utk memilih 1 prodi disemua provinsi yang di inginkan. Daripada ambil 2 prodi dan malah keterima, nanti gak bisa ikut UTBK.
  • Kenapa ada TKA lagi? Padahal masih sama-sama dalam keadaan pandemi, Jawaban nya Karena PTN membutuhkan justifikasi lebih banyak utk menerima calon mahasiswanya.
  • Kenapa milih prodi dulu baru ujian? Tidak diumumkan nilai dulu baru milih prodi?
  • Jawaban nya LTMPT memberi waktu dan kesempatan untuk masing-masing PTN dalam makukan seleksi mandiri
  • Untuk pendaftar SBMPTN yang gap year HARUS registrasi akun LTMPT. Dikarenakan takut ada perubahan data NISN dan lain-lainnya. Tetapu, jika tidak ada kesalahan data tidak perlu di update atau buat akun baru. Tapi kalau ada nisn yang salah berarti harus validasi. Nanti registrasi akun saat pendaftaran utbk.
  • LTMPT akan mengumumkan kuota SNMPTN untuk tiap sekolah tanggal 28 Desember.
  • SNMPTN dianjurkan TIDAK lintas jurusan.
  • UTBK 2022 untuk memilih jurusan sama dengan UTBK 2021. Sehingga memilih jurusan dulu baru keluar nilanya.
  • Jika memilih dua program studi, salah satu HARUS berada di PTN di provinsi yang SAMA dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
  • Kalau sudah diterima SNMPTN tidak bisa mendaftar UTBK.
  • Jadi, nanti skor UTBK yang didapat ada skor TPS, TKA, dan bahasa Inggris.
  • Tes bahasa Inggris terpisah. Waktu pengerjaan Bahasa Inggris masuk ke dalam pengerjaan TPS seperti biasanya.
  • Tetapi untuk nilai akan terpisah dari TPS.
  • Ujian Bahasa Inggris: Waktu pengerjaan ikut waktunya TPS. Dalam TPS (seolah-olah) jadi ada 5 subtes: PBM, PPU, PU, PK, dan Bahasa Inggris. Namun, Bahasa Inggris ini nilainya tersendiri, di luar dari TPS.
  • SBMPTN: Idealnya memang kita tahu skor UTBK dulu, baru nanti memilih jurusan (seperti 2019). Namun, untuk SBMPTN 2022 belum bisa dengan sistem seperti itu lagi. Jadi, tetap pilih jurusan dulu dan nanti skor UTBK yang didapat langsung dimasukkan ke SBMPTN untuk seleksi.

Materi UTBK 2022

  1. TPS (PU, PPU, PBM, dan PK)
  2. Bahasa Inggris
  3. TKA (Saintek: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi; Soshum: Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi)

Penjelasan :

Sebetulnya, ini bukan sesuatu yang baru karena sebelum UTBK, materi Kemampuan Dasar memang ada tiga: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Model ujian semacam ini juga masih diterapkan pada sebagian besar ujian mandiri, termasuk SIMAK-UI.

Jadi, tidak perlu panik karena kalaupun materi bahasa Inggris tidak dibuat secara terpisah (masuk dalam PPU), kalian juga pasti tetap akan menemukan ujian bahasa Inggris pada ujian-ujian mandiri. Jadi, menurut saya, ini bukan sesuatu yang terlalu mengejutkan.

SNMPTN

  • Pilih 2 univ 2 jurusan,Pilih yang disukai kalau memang ga suka pilih satu aja. # 1 di prov sesuai SMA nya
  • Dianjurkan tidak lintas minat
  • Portofolio Seni dan Olahraga

SBMPTN

  • Test UTBK hanya 1×
  • Belum tau Nilai UTBK sebelum daftar SBMPTN # Maksimalkan sesuaikan oleh jurusan
  • Bayar UTBK 200K (Campuran 300K)
  • Test TPS dan TKA, TKA tidak ada matematika (Untuk SOSHUM)
  • Ada sesi Pagi dan Siang
  • Bebas memilih 2 Univ diluar Provinsi
  • Politeknik D4

Mandiri

  • Poin-poin tambahan terkait webinar LTMPT 04 Desember 2021
  • Siswa yang akan daftar PKN-Stan 2021 harus punya nilai UTBK (TPS & TKA Soshum)
  • Ada 40 Politeknik Negeri yang akan bergabung pada SNMPTN & UTBK-SBMPTN 2022
  • Soal dalam bentuk bahasa Inggris akan tetap ada di TPS
  • Program studi  di  Politeknik  Negeri  yang  masuk  di  SNMPTN  &  UTBK-SBMPTN  2022  hanya program studi tingkat D4!
  • Nilai UTBK hanya berlaku SEKALI DOANG di tahun yang sama saja. Jadi kalo ikutan di tahun 2021 gak bisa dipake tahun 2022.
  • Launching sistem tanggal 4 Januari

CARA  MEMBUAT AKUN LTMPT DAN TAHAPAN DAFTAR UTBK SBMPTN 

PEMBUATAN AKUN LTMPT (SBM/SNM)

  • Nah akun ltmpt ini nanti gunanya buat daftar SNM sama SBM. Kalo kalian udah bikin buat SNM gausah bikin lagi buat SBM. Satu akun udah cukup.
  • Biasanya pembuatan akun ltmpt ini sekitaran bulan Desember sampai Januari.
  • Perlu diingat kita harus selalu update portal ltmpt ya di web nya http://ltmpt.ac.id .Jangan sampai ketinggalan info.

Yang perlu disiapkan untuk membuat akun LTMPT :

  • NIK KK (Kartu Keluarga)
  • RAPOT
  • FOTO IJAZAH/FOTO FORMAL
  • DATA ORANG TUA biasanya di ada KK (Kartu Keluarga) lengkap kayak Tempat tanggal lahir dan pendidikan.

Note : Hati-hati dalam waktu memasuki atau menginput data. Apalagi yang Nomor NIK salah satu angka aja udah gawat.

Oiya sama EMAIL+PASS. Pass nya jangan susah-susah ya :). Nanti malah merepotkan diri sendiri waktu daftar utbk sbmptn. Kita bakalan sering logout login logout login gara-gara server nya down. Bayangin aja satu Indonesia daftar SBM dalam satu waktu.

Berikut ini langkah-langkah dalam mendaftar UTBK-SBMPTN 2022.`

  • Login ke portal http://portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password yang sudah kamu daftarkan. Kalau belum memiliki akun LTMPT, lakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Lengkapi data diri kamu.
  • Pilih PTN dan program studi yang kamu inginkan.
  • Unggah portofolio bagi kamu yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga. Tata cara pengisian portofolionya bisa kamu unduh di laman http://download.sbmptn.ac.id
  • Pilih lokasi UTBK dan waktu/gelombang yang kamu inginkan.
  • Cek nomor pendaftaran yang tertera.
  • Lakukan konfirmasi kartu peserta ujian.
  • Jangan lupa untuk mengunduh kartu peserta ujian.

Saran gue nanti, kalau bisa jangan menunda-nunda bikin akun LTMPT. Soalnya takut lupa kalau ditunda. Kalau udah bikin akun nanti kita tinggal nunggu tanggal pendaftaran SBMPTN aja.

  • Eligible

Kuota jalur SNMPTN masing2 sekolah ditentukan dari akreditasi sekolah dan jumlah siswa jurusan paralel..

Untuk akreditasi A itu 40% : paralel sekolah (institusi) bukan jurusan, trus nanti dibagi per jurusan (wewenang sekolah).

Yang masuk 40% yang dipilih sekolah nya itu lah siswa yang eligible yang bisa daftar SNMPTN.

  • Pilihan SNMPTN

Jika di dalam provinsi gada jurusannya : tetep aja gabisa, harus ada yang di dalam provinsi! Tidak wajib ada 2 pilihan, boleh 1 pilihan aja.

Lintas jurusan : tidak disarankan (tapi boleh aja karena ada juga univ yang bisa ambil IPS meski kita IPA).

  • Matematika Wajib atau Minat?

Di TPS kan ada PK lah itu tuh Mat dasar (jadi bisa IPA bisa IPS). Matematika Saintek itu matematika di mapel SMA (jadi mat wajib + minat).

  • Sekolah akan menyesuaikan dengan jadwal LTMPT.

Mohon maaf, UN tahun ini gaada jadi mungkin tahun depan gaada lagi.. jadi UTBK ada TKA

Rapid test atau Swab semoga tidak diperlukan, semoga vaksin Covid-19 sudah diproduksi massal, tapi tetep ada koordinasi dgn Satgas Covid di daerah masing².

  • Ada TKA lagi??

Memang 2020 darurat karena ada Covid yang baru menggila, tapi PTN melalui rektor tuh masih butuh prestasi berupa hasil tes TKA yang merupakan justifikasi yang lebih akurat utk masuk ke jurusan2 tertentu..

Jadi meski proses belajar tidak efektif tapi gapapa karena ini tuh seleksi jadi bakal diambil yang terbaik dari yang terbaik.. jadi balik lagi ke masing2 apakah mau berjuang utk belajar sendiri atau tidak.

  • Kenapa sistem UTBK nya kek 2020 dimana SBMPTN dan UTBK dilaksanakan bersama?

Idealnya tuh seperti tahun 2019, tapi udh hitung waktu bahwa kita tidak cukup waktu untuk itu (karena bakal ada UM).

  • Apa benar nilai UTBK bisa untuk daftar kedinasan??

Intinya SBMPTN yang daftar tuh harus punya nilai UTBK.

Nilai UTBK digunakan oleh PTN dan PTS atau SEKDIN itu hak masing-masing.

  • STAN udh ada MoU dgn LTMPT. Jadi pendaftar STAN harus punya nilai UTBK (mekanisme yang spesifik nya belum keluar)
  • Kesepakatan LTMPT dan STAN itu punya nilai TPS dan TKA SOSHUM:) Tapi nanti subtes nya tuh bakal di bobot lagi, dan ini wewenang STAN.
  • UTBK terdiri dari TPS dan TKA. LTMPT akan ada klastering bidang keilmuan, termasuk nilai subtes yang akan dibobot. (Setelah dilakukan skor baru bakal diliat bakal perlu ada pembobotan engga).
  • Sesi 1 dan 2 bakal beda, karena bakal ada banyak set soal : 3 Jadi jangan percaya bocoran ya gais itu cuma bikin down doang wkwk
  • Politeknik mulai bergabung dalam sistem/program SNMPTN SBMPTN, ada 40 politeknik D4.
  • Yang tahun kemarin dpt SNMPTN tuh gabisa daftar UTBK tahun ini/nanti, karena ini tuh buat kesempatan adik kelas.
  • Tentang alumni:

Seleksi SNMPTN tuh ada kriteria umum tapi kebijakannyatuh balik lagi ke PTN nya.

LTMPT kasih data ke PTN berupa data anak yang daftar SNMPTN dan SBMPTN dan yang diterima, prestasi anak sekolah itu di PTN tsb, dan yang terbaru adadata peringkat 1000 tps.. (jadi itu semua masuk INDEKS SEKOLAH).

Buat soal dan penskoran tuh antara gelombang 1 dan 2 itu punya keadilan yang sama.

  • Tentang kuota daerah tertentu:

rektor yang menentukan kebijakan itu, dan bakal di SK kan.

  • Tentang skala prioritas:

pembobotan ada, cuma masih dirahasiakan:)

  • Tentang KIP-K:

LTMPT bakal menyarankan tim KIP-K buat ngadain Sosialisasi Daring ttg KIP-K, karena KIP-K itu diluar wewenang LTMPT.

LIVE LTMPT

Hal hal krusial mengenai Tanggal

Launching proses penerimaan mahasiswa baru : 4 Januari 2022

PEMBUATAN AKUN LTMPT

  • Ada beberapa  data  yang  tidak  sinkron  dan  ada  beberapa  data  sekolah  yang  tidak  lengkap sehinggga tidak bisa lanjut dalam proses. persoalannya adalah komplain harus ke LTMPT
  • Komplain terlambat saat proses suadh tutup sehingga tidak memungkingkan adanya pembetulan- Pembetulan.
  • Disiapkan dengan matang data sekolah dll.

MENGINPUT DATA PDSS

  • Yang eligible yang di daftarkan
  • Menjadi Krusial saat ada perbedaan ada yang model SKS dan Model Non SKS;
  • Ada yang  masuk  di  kelas  percepatan  sering  menjadi  kendala  dalam  proses  sehingga  di  siapkan dengan benar-benar.
  • Adanya perbedaan  persepsi  antara  ortu  dan  siswa  dan  juga  sekolah  dan  ltmpt  berkaitan  dengan nilai-nilai, ltmpt menyerahkan sepenuhnya perangkingan dan termasuk yang didaftarkan dalam proses SNMPTN kepada sekolah. LTMPT hanya akan memproses data yang di masukkan ke sekolah.
  • LTMPT Bersifat  memfasilitasi,  memberikan  informasi  memberikan  data  yang  benar  terhadap PTN, terhadap SNMPTN dan SBMPTN kami menyiapkan tes dan nilai (Rektor yang menetapkan). Proses ini dilakukan dengan sangat terbuka, objektif, dan Fair.

KEBIJAKAN SINGLE SIGN ON (SSO)

  • Harus memiliki Akun LTMPT
  • Dimudahkan untuk sekolah dan siswa yang sudah memiliki akun LTMPT tahun sebelumya.
  • Bagi yang sudah memiliki akun LTMPT tidak perlu membuat akun baru.
  • Untuk angkatan 2022 membuat akun LTMPT pada yanggal (4 Januari – 1 Februari), (7 februari – 12 maret) untuk SBMPTN.

PANGKALAN DATA SEKOLAH DAN SISWA (PDSS)

  • hanya yang eligible datanya yang dimasukkan ke PDSS
  • Mengakomodir kurikulum 2006 dan 2013
  • Dilakukan oleh  sekolah  dan  kebenaran  data  di  PDSS  menjadi  tanggung  jawab  sekolah  (Kepala sekolah).

SNMPTN

  • Persyaratan Sekolah Masih Sama
  • Persyaratan Siswa masih sama
  • Pilihan Program  Studi  (Diijinkan  mengambil  2  prodi,  1  prodi  boleh  dimanapun,  kalau  2  prodi salah satunya harus di ptn domisili).
  • 23 desember  pusdatin  sudah  melakukan  perangkingan    sehingga  28  desember  LTMPT sudah mengumumkan Kuota setiap sekolah untuk SNMPTN.
  • Sekolah Menentukan siswq yang eligible (Kriteria pelajaran sesuai yang di UNkan).
  • Sekolah mengisikan PDSS siswa yang eligible.
  • Pemeringkatan Siswa yang dilakukan oleh sekolah dengan mata pelajaran sesuai dengan Jurusan IPA,IPS,BAHASA,SMK.
  • Sekolah dapat menambah kriteria lain (prestasi, atau yang lain) jika ada nilai yang sama.
  • PERHATIKAN JADWAL-JADWAL KEGIATAN SNMPTN 2021.

UTBK 2022

  • Masih menetapkan Protokol Kesehatan
  • Materi Lengkap TPS & TKA
  • Hanya 1x Tes
  • Pelaksanaan tes 2 Gelombang
  • Pendaftaran UTBK  SBMPTN  dilakukan  kesatuan  (Seperti  sistem  2020)  pilh  prodi  baru  nilai keluar.
  • Kelompok Ujian SAINTEK, SOSHUM, IPC.
  • 2022 Materi TPS (PU, PK (matdas), PBM, PPU), TKA
  • PERUBAHAN 2021. materi SAINTEK (TETAP SAMA), SOSHUM (Penghapusan MTK IPS).
  • Perhatikan NISN, NIPSN, dan Tanggal LAHIR.
  • PERHATIKAN TAHAPAN PENDAFTARAN UTBK
  • YANG SUDAH LULUS SNMPTN TIDAK DIZINKAN dan DITOLAK SAAT MENDAFTAR UTBK.
  • Lokasi UTBK 2022 (masih sama dengan lokasi 2021)

PELAKSANAAN UTBK 2022

  • 2 Gelombang pergelombang 7 Hari. (keduanya bulan puasa)
  • Setiap Hari 2 sesi (Pagi dan Siang)
  • yang mengambil  kelompok  Campuran  ada  waktu  tertentu  (Pagi  TPS  &  SAINTEK  dan  Siang SOSHUM)

BIAYA UTBK 2022

  • SAINTEK SOSHUM : Rp. 200.000
  • CAMPURAN : Rp. 300.000

KETENTUAN SBMPTN 2022

Syarat SBMPTN memiliki nilai UTBK.

  • Pemilihan Prodi dan PTN Bebas
  • Untuk Portofolio  pada  saat  di  SNMPTN  sudah  menggungah  tapi  tidak  lolos,  maka  pada  saat SBMPTN mau mengambil PTN yang sama tidak perlu menggungah Portofolio yang baru kecuali ada perbaikan.
  • LIHAT TAHAPAN PENDAFTARAN SBMPTN 2022.
  • LIHAT JADWAL UTBK-SBMPTN 2022.

SBMPTN

PTN-BH (ada ketentuan khusus untuk SBMPTN untuk minimum 30% dan seleksi mandiri maksimum 50%)

  • ITS
  • UGM
  • UNAIR
  • UI
  • UPI
  • USU
  • IPB
  • UNDIP
  • ITB
  • UNPAD
  • UNHAS
  • KIP KULIAH

Bukan di urus oleh LTMPT tapi oleh Kemendikbud.

!PENTING!

Pada tahun sebelumnya ada peserta yang tidak fokus dan ada foto yang tidak di siapkan dengan baik.  (foto yang tidak jelas akan tidak di proses oleh LTMPT) – Disiapkan dengan baik baik

SYARAT PENDAFTARAN KIP KULIAH

  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA Sederajat lulusan 3 tahun terakhir. Untuk pendaftaran KIP Kuliah tahun 2022 diperuntukan bagi lulusan 2022, 2021 dan 2020.
  • Berasal dari keluarga miskin/rentan   miskin yang   dibuktikan   dengan salah   satu   kriteria (tidak harus memenuhi semua kriteria di bawah, cukup satu saja) berikut
  • Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS);
  • Berasal dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang diterbitkan oleh kementerian yang menangani urusan pemerintahan di bidang sosial.
  • Berasal dari panti sosial/panti asuhan;
  • Berasal dari anggota keluarga  yang  memiliki pendapatan  kotor  paling   banyak Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu) per keluarga setiap bulan.
  • Siswa dengan penghasilan orang tua diatas 4 juta otomatis tidak memenuhi syarat pendaftaran KIP Kuliah.
  • Belom terdaftar  sebagai  penerima  KIP  Kuliah  atau  Bidikmisi  di  tahun    Bagi  yang sudah pernah mendaftar di tahun sebelumnya tapi gagal, maka kallian tetap bisa mendaftar KIP Kuliah lagi.
  • Melakukan pendaftaran online di websitenya KIP Kuliah . Bagi alumni yang sudah punya akun sebelumnya, kalian bisa mendaftar lagi menggunakan akun lama yang kalian miliki.
  • Mendaftar di Seleksi Masuk Perguruan Tinggi. Jadi kalian wajib mendaftar dan keterima di salah satu seleksi masuk perguruan tinggi dulu. Jika sudah diterima (misal di SBMPTN) maka selanjutnya KIP Kuliah kalian akan diaktivasi kampus untuk proses seleksi dan pengajuan KIP Kuliah di Kemdikbud.
  • Bagi siswa  yang  tidak  memiliki  KIP  /PKH  /KKS  /DTKS  tetap  bisa  mendaftar  di  website  KIP Kuliah. Selanjutnya nanti akan dilakukan seleksi oleh pihak kampus  untuk  menentukan kelayakan para pelamar KIP Kuliah

Hasil Live LTMPT 4 Januari 2022

  • Semua siswa angkatan 22 bisa mendaftar mulai 4 Januari, baik yang eligible maupun tidak.
  • Semua sekolah vokasi di universitas, yang memiliki program d4, maka mengikuti sistem LTMPT.
  • Siswa bisa daftar SNMPTN dan SBMPTN dengan pilihan program yang berbeda, misalnya pilihan 1 SARJANA dan pilihan 2 nya D4 atau S1 TERAPAN.
  • Pada SNMPTN, bobot SMK lebih tinggi jika mendaftar di Politeknik yang sesuai dengan jurusannya.
  • Top 1000 sekolah digunakan sebagai data valid oleh para rektor untuk menentukan indeks
  • STAN hanya meminta data hasil skor dari UTBK Soshum, namun belum dijabarkan lebih lanjut.
  • Siswa SMA dari jurusan IPA berpotensi memilih jurusan Soshum saat SNMPTN, karena jumlah siswa SMA IPA lebih banyak dari pada siswa IPS dan Bahasa, maka siswa IPA memiliki kemungkinan besar untuk masuk di jurusan Soshum.
  • Sangat tidak dianjurkan siswa IPS mengambil lintas jurusan ke Saintek.
  • Kuota SNMPTN pada setiap Universitas minimum 20%, sehingga sangat mungkin rektor akan menambahkan kuotanya hingga 22% atau 25% untuk mengantisipasi siswa yang tidak jadi mendaftar.
  • Lolos SNMPTN = diblokir dari sekolah kedinasan yang memerlukan data skor UTBK.
  • PENTING! Untuk yang ingin masuk ke kedinasan dan ke luar negeri, lebih baik tidak usah mendaftar di SNMPTN.
  • Seleksi SBMPTN dilakukan oleh para rektor berdasarkan hasil skor.
  • Jika sudah lolos SBMPTN, maka tetap  diperbolehkan mendaftar STAN, dan diberikan kelonggaran.
  • Untuk tahun 2022, kemungkinan besar akan diadakan tes UTBK terlebih dahulu, baru bisa digunakan untuk mendaftar ke SBMPTN maupun Sekolah Kedinasan.
  • Seluruh peserta   didik   harus   mendaftar   akun   di   LTMPT   baik   untukk   SNMPTN   maupun UTBK/SBMPTN
  • Untuk SNMPTN hanya Nilai Pesdik yang Eligible/40% Paralel terbaik yang di entry ke PDSS.
  • Pilihan PTN untuk peserta SNMPTN adalah 2 PTN Dengan ketentuan salah satu pilihan adalah PTN yang satu Provinsi dengan SMA asal, Namun jika hanya memilih satu PTN boleh PTN yang ada di Indonesia.
  • Jadwal registrasi untuk PDSS/SNMPTN : 04 Januari sd 01 Februari 2022.
  • Regristasi Akun LTMPT untuk UTBK/SBMPTN : 7 Februari sd 12 Maret 2022.

Untuk SBMPTN Peserta dapat memilih 2 (dua) PTN yang ada diseluruh Indonesia.

UTBK terdiri dari :

  • TKA
  • TPS

Pilihan UTBK :

  • Saintek
  • Soshum (Mulai tahun 2021 tidak Matematika)
  • Campuran

Ketentuan SNMPTN :

  • Disarankan tidak lintas jurusan untuk SNMPTN.
  • Sekolah WAJIB punya Akun LTMPT Jika sudah punya Akun LTMPT tahun sebelumnya tidak perlu mendaftar lagi.
  • Pengumuman Kuota   dari   LTMPT   tanggal   28   Des   2022   Data   diambil   dari   DAPODIK PUSDATIN. Masa sanggah 15 Jan 2022.
  • Pemeringkatan hanya  mapel  Ciri  khas  jurusan,  jika  ada  peringkat  yang  sama  maka  sekolah  dapat menambahkan kriteria yang lain.

Jadwal Kegiatan SBMPTN :

  • Registrasi akun LTMPT : 14 Februari 2022 – 17 Maret 2022
  • Sosialisasi UTBK – SBMPTN : 01 Desember 2021 – 15 April 2022
  • Pendaftaran UTBK – SBMPTN : 23 Maret 2022 – 15 April 2022
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 17 – 23 Mei 2022
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 28 Mei 2022 – 03 Juni 2022
  • Pengumuman hasil SBMPTN : 23 Juni 2022
  • Masa Unduh Sertifikat UTBK : 25 Juni 2022 – 31 Juli 2022

UTBK Dilaksanakan dalam 2 Gelombang. Setiap peserta hanya boleh ikut 1 ( satu) kali.

Registrasi Akun LTMPT:

  • NISN, NPSN, TGL LAHIR
  • https//portal.ltmpt.ac.id.

Pendaftaran UTBK :

  • Gelombang 1 : 17 – 23 Mei 2022
  • Gelombang 2 : 28 Mei – 03 Juni 2022
  • Pengumuman SBMPTN 23 JUNI 2022.

D4  (Politeknik  dan  beberapa  Perguruan  Tinggi)  mengikuti  SNMPTN  dan  SBMPTN  bergabung dengan LTMPT.

Boleh  memilih  dua  program  studi.  Bisa  dilakukan,  misalkan  pilihan  1  Universitas  atau  Institut (S1), pilihan 2 Politeknik (D4 atau S1 Terapan).

Selain artikel tentang SBMPTN di atas, kamu juga bisa cek beberapa artikel tentang SBMPTN pada postingan berikut ini:

About Muhammad

Check Also

Komponen Pembiayaan KIP Kuliah

Komponen Pembiayaan KIP Kuliah KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!