Breaking News

Rambut atau bulu akar hanya terdapat pada bagian akar yang masih muda yang merupakan penonjolan atau diferensiasi dari jaringan

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Hair or root hairs are only found in the young roots which are the protrusion or differentiation of the tissue. Page 149-151 Chapter 3 (Structure and Function of Plants) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Rambut atau bulu akar hanya terdapat pada bagian akar yang masih muda yang merupakan penonjolan atau diferensiasi dari jaringan Halaman 149-151 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Rambut atau bulu akar hanya terdapat pada bagian akar yang masih muda yang merupakan penonjolan atau diferensiasi dari jaringan . . . .

A. korteks

B. epidermis

C. endodermis

D. silinder pusat

Jawaban:

B. Epidermis

Alasan:

Epidermis

Lapisan jaringan paling luar tumbuhan yang terbentuk dari protoderm dan umumnya terdiri selapis. Fungsi jaringan epidermis adalah sebagai pelindung organ tumbuhan, membatasi penguapan, penyokong, penyerapan, dan penyimpan air. Contoh: Trikoma, stomata, rambut akar, sel kipas, dan sel gabus.

Endodermis

Endodermis adalah lapisan sel yang mencegah nutrisi meninggalkan struktur tumbuhan dan kembali ke tanah. Endodermis umumnya ditemukan dalam akar tumbuhan. Endodermis berfungsi untuk mencegah air, dan setiap zat-zat terlarut dalam air, tidak melewati lapisan ini melalui jalur apoplast.

Korteks

korteks adalah bagian terluar dari batang atau akar tumbuhan yang dibatasi di bagian luar oleh epidermis dan di bagian dalam oleh endodermis. Korteks berfungsi dalam transportasi hara dari epidermis ke dalam teras akar. Selain itu, pada beberapa spesies tumbuhan, korteks juga menjadi bagian penyimpan cadangan energi dalam bentuk pati.

Silinder pusat

Terdiri dari pembuluh dan parenkim celah daun, empulur dan perisikel. Silinder pusat/stele merupakan bagian batang yang terletak paling dalam.

2. Umur pohon dapat dilihat dari garis-garis yang menunjukkan hasil kegiatan dari suatu masa pertumbuhan. Garis-garis itu disebut . . . .

A. xilem

B. felogen

C. parenkim kayu

D. lingkaran tahun

Jawaban : D. lingkaran tahun

Pembahasan :

Umur pohon dapat dilihat dari garis garis yang menunjukkan hasil kegiatan dari suatu masa pertumbuhan. Garis garis itu disebut LINGKARAN TAHUN.

Lingkaran tahun merupakan aktivitas dari jaringan kambium. Kambium merupakan jaringan meristem lateral yang melakukan pertumbuhan sekunder, membuat batang menjadi bertambah besar. Aktivitas kambium yang tumbuh ke arah dalam membentuk xilem sedangkan membelah ke arah luar membentuk floem, garis lingkaran tahun akan menunjukkan usia dari suatu tanaman dimana semakin banyak lingkaran tahun pada suatu tanaman, maka semakin tua usia tanaman tersebut.

3. Perbedaan berkas pengangkut pada batang monokotil dengan batang dikotil adalah . . . .

A. berkas pengangkut pada dikotil tidak memiliki kambium

B. berkas pengangkut pada monokotil tersusun beraturan

C. berkas pengangkut pada dikotil tersusun tidak beraturan

D. berkas pengangkut pada dikotil dipisahkan oleh kambium

Jawaban : C. Berkas pengangkut pada dikotil dipisahkan oleh kambium.

Pembahasan :

Monokotil atau yang sering disebut dengan tumbuhan berkeping satu atau berkeping biji tunggal merupakan salah satu dari dua pengelompokkan tumbuhan berbunga yang bijinya tidak mengalami pembelahan dan hidup hanya dengan keping biji yang hanya berjumlah satu.

Dikotil atau yang sering disebut dengan tumbuhan berkeping dua atau berkeping biji belah adalah pengelompokkan Iainnya pada tumbuhan berbunga selain monokotil. Dikotil ini merupakan tumbuhan berbunga yang tumbuh dan hidup dengan keadaan biji yang berkeping dua.

Perbedaan antara kedua hal tersebut yaitu berkas pengangkut pada dikotil dipisahkan oleh kambium. Perbedaan Iainnya pun terletak pada keteraturan pada berkas pembuluhnya, tumbuhan dikotil memiliki berkas pembuluh yang teratur dibandingkan dengan berkas pembuluh yang ada pada tumbuhan monokotil. Selain itu, perbedaannya pun terletak pada keberadaan kambium pada xylem dan floem yang ada dalam akar. Tumbuhan dikotil memiliki kambium di antara xylem dan floem yang ada pada akarnya, sedangkan pada tumbuhan monokotil tidak dijumpai kambium di antara xylem dan floem yang ada didalam akar.

Kesimpulan :

Terdapat 3 Perbedaan antara tumbuhan dikotil dan monokotil. Salah satunya yaitu berkas pengangkut pada batal dikotil dipisahkan oleh kambium sedangkan berkas pengangkut pada batang monokotil tidak dipisahkan oleh kambium. Jadi, dapat disimpulkan jawabannya yaitu C.

4. Perhatikan anatomi daun berikut!

Jaringan yang ditunjukkan oleh huruf X merupakan salah satu jaringan penyusun daun. Jaringan X disebut jaringan … dan berfungsi untuk . . . .

A. palisade, berperan dalam fotosintesis

B. palisade, berperan dalam pengangkutan air

C. bunga karang, berperan dalam fotosintesis

D. bunga karang, berperan dalam pengangkutan air

Jawaban : A. palisade, berperan dalam fotosintesis

Pembahasan :

Jaringan yang ditunjuk oleh huruf x merupakan salah satu jaringan penyusun daun yang disebut jaringan palisade. Palisade atau jaringan tiang berfungsi untuk fotosintesis (pembentukan senyawa organik). Palisade mengandung banyak kloroplas. Selain palisade, jaringan spons juga dapat melakukan fotosintesis.

5. Perhatikan gambar anatomi akar di samping!

Berdasarkan gambar, fungsi dari struktur X adalah . . . .

A. melindungi akar ketika menembus tanah

B. mengangkut air dan unsur hara dari tanah

C. menopang pohon untuk tetap dapat berdiri

D. memperluas daerah penyerapan air dan unsur hara dari tanah

Jawaban : D. memperluas daerah penyerapan air dan unsur hara dari tanah

Pembahasan :

Struktur x yang ditunjukkan pada gambar pada soal adalah rambut akar. Pada akar, terdapat rambut-rambut akar yang merupakan perluasan permukaan dari sel-sel epidermis akar. Adanya rambut-rambut akar akan memperluas daerah penyerapan air dan mineral. Rambut-rambut akar hanya tumbuh dekat ujung akar dan umumnya relatif pendek. Bila akar tumbuh memanjang ke dalam tanah maka pada ujung akar yang lebih muda akan terbentuk rambut-rambut akar yang baru, sedangkan rambut akar yang lebih tua akan hancur dan mati.

6. Berikut ini, bagian-bagian akar yang dilalui oleh air tanah secara berturut turut adalah . . . .

A. epidermis rambut akar – parenkim – endodermis – xilem akar

B. epidermis rambut akar – endodermis – parenkim – xilem akar

C. epidermis rambut akar – kambium – parenkim – xilem akar

D. kulit luar – kambium -endodermis – xilem akar

Jawaban : A. epidermis rambut akar – parenkim – endodermis – xilem akar

Pembahasan :

Epidermis adalah kulit atau lapisan terluar dari akar. Parenkim adalah jaringan dasar penopang akar yang terletak di bawah epidermis. Endodermis adalah lapisan dalam akar. Xylem atau pembuluh kayu adalah jaringan yang tersusun dari sel mati yang berfungsi menyalurkan air dan zat hara dari akar ke daun untuk digunakan dalam proses fotosintesis.

7. Sehelai daun ditutupi sebagian dengan kertas timah, lalu diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari selama 24 jam. Daun tersebut kemudian dipetik dan dilakukan uji iodium pada permukaan atas daun. Proses tersebut merupakan cara untuk . . . .

A. mengetahui bahwa hasil fotosintesis adalah amilum

B. mengetahui bahwa klorofl diperlukan dalam fotosintesis

C. mengetahui bahwa pada fotosintesis terbentuk gas oksigen

D. mengetahui bahwa amilum terdapat pada seluruh bagian daun

Jawaban : A. mengetahui bahwa hasil fotosintesis adalah amilum

Pembahasan :

Perhatikan gambaran ilustrasi prosedur percobaan yang dilakukan pada soal:

Fungsi lugol atau yodium pada percobaan di atas adalah untuk membuktikan apakah proses fotosintesis menghasilkan amilum (polisakarida) atau tidak. Apabila suatu sampel positif mengandung amilum, maka warna sampel tersebut akan berubah menjadi biru tua ketika ditetesi lugol atau yodium.

8. Perhatikan gambar dibawah ini !

Bagian yang berfungsi sebagai jaringan pengangkut ditunjukkan pada bagian bernomor . . . .

A. 1 dan 3

B. 2 dan 5

C. 3 dan 4

D. 3 dan 5

Jawaban : C. 3 dan 4

Pembahasan :

Bagian yang berfungsi sebagai jaringan pengangkut ditunjukkan pada bagian bernomor c. 3 dan 4. Nomor 1 adalah epidermis, no 2 adalah kambium. Nomor 3 adalah floem dan nomor 4 adalah xilem. Nomor 5 adalah empulur. Gambar tersebut adalah gambar peampang melintang batang dikotil.

9. Berikut ini merupakan teknologi yang terinspirasi dari proses fotosintesis yang terjadi dalam daun adalah . . . .

A. panel surya

B. alat pemurnian air

C. light-dependent resistor

D. lapisan pengilap cat mobil

Jawaban : A. panel surya

Pembahasan :

Teknologi yang terinspirasi dari proses fotosintesis adalah panel surya. Teknologi tersebut meniru prinsip daun yang memanfaatkan energi matahari untuk menghasilkan energi kimia, sehingga dapat menjadi alternatif sumber energi yang sangat bermanfaat. Pada panel surya, energi matahari akan diubah menjadi energi listrik.

10. Lapisan pelindung pada daun tumbuhan yang menginspirasi pembuatan lapisan pengilap cat mobil adalah . . . .

A. floem

B. kutikula

C. endodermis

D. rambut akar

Jawaban : B. kutikula

Pembahasan :

Lapisan pelindung daun yang menginpirasi pembuatan lapisan cat mobil adalah kutikula. Lapisan tersebut melindungi daun dari berbagai macam komponen luar, tersusun atas lapisan lilin. Lapisan tersebut yang menginspirasi pembuatan lapisan cat mobil, yaitu agar debu, air dan komponen luar lainnya tidak dapat meresap kedalam cat yang nantinya dapat merusak body mobil.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Rambut atau bulu akar hanya terdapat pada bagian akar yang masih muda yang merupakan penonjolan atau diferensiasi dari jaringan Halaman 149-151 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Rambut atau bulu akar hanya terdapat pada bagian akar yang masih muda yang merupakan penonjolan atau diferensiasi dari jaringan Halaman 149-151 Bab 3 (Struktur dan Fungsi Tumbuhan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!