Breaking News

Pesan yang terkandung dalam surat Al-baqarah ayat 285

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Student Activities Explain the message contained in the Q.S. al-Baqarah/2:285 and What is the relation between believing in one messenger and believing in all apostles Page 106 Chapter 7 (Beloved Apostles of Allah swt) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Jelaskan pesan yang terdapat pada Q.S. al-Baqarah/2: 285 dan Apa kaitannya beriman kepada satu rasul dan beriman kepada semua rasul Halaman 106 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas Siswa

1. Jelaskan pesan yang terdapat pada Q.S. al-Baqarah/2: 285 tersebut di atas!

  • Surat al-baqarah ayat 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Latin :  Amanar-rasulu bima unzila ilayhi min rabbihi wal-muminun ,Kullun amana billahi wa mala ikatihi wa kutubihi wa rusulih ,La nufarriqu bayna ahadin min rusulih ,Wa qalu sami’na wa a-ta’na ghufranaka rabbana wa ilaykal masir

Arti: Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”.

Pesan yang terkandung dalam surat Al-baqarah ayat 285 :

  • Bahwasannya Nabi Muhammad telah beriman kepada alquran,dan kita semua sebagai orang yang beriman mengikuti beliau.
  • Orang beriman tidak membeda”kan antara rosul yg satu dgn rosul yg lain.

Dalam ayat ini Allah menuntun manusia agar beriman dengan meniru Rasul yang beriman kepada kitab suci Al-Qur’an yang telah diturunkan-Nya, beriman kepada malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, agar kita termasuk golongan orang-orang yang beriman.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mempunyai pengaruh yang positif dalam jiwa, salah satu pengaruh iman dalam jiwa mereka adalah: jiwa mereka menjadi bersih, berhati suci, dan mempunyai cita-cita sangat tinggi. Dengan demikian, mereka mampu melahirkan berbagai keajaiban yang sangat menakjubkan, yakni mampu menaklukan berbagai negara dan bangsa.

Mereka semua beriman kepada Allah dan kekuasaan-Nya. Juga terhadap kebijaksanaan Allah yang sempurna dalam menata makhluk. Mereka beriman kepada para malaikat dan tugas mereka sebagai duta kepada para rasul-Nya untuk menyampaikan wahyu Allah kepada para Nabi-Nya. Sedang mngenai zat dan jenis mereka (para malaikat) dan pekerjaan-pekerjaan yang mereka lakukan, adalah tidak mendapatkan izin bagi manusia untuk mengetahuinya.

Masing-masing mereka beriman secara keseluruhan terhadap universalitas Al-Qur’an, dan beriman terhadap apa yang dirincikan di dalam Al-qur’an. Mereka beriman bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para Rasul untuk memberi petunjuk kepada umat manusia.[2]

Mereka mengatakan, “Rasulullah telah menyampaikan kepada kami, dan kami mendengarkan ucapannya dengan penuh perhatian dan pengertian. Kami pun taat tehadap apa yang disampaikannya yang berupa perintah dan larangan, dengan ketaatan yang sungguh-sungguh.”

Jelas hal semacam ini merupakan pendorong yang kuat terhadap jiwa untuk beramal seperti apa yang diperintahkannya, kecuali jika secara insidentil terjadi halangan yang menghambat kelancaran pengalamannya. Orang-orang yang ikhlas dalam keimanan mereka,akan melakukan intropeksi terhadap diri mereka sendiri apabila terjadi sedikit kelalaian yang disebabkan adanya halangan yang mendadak. Mereka tidak mau melakukan hanya kesempurnaan yang memang didambakannya.[3]

2. Apa kaitannya beriman kepada satu rasul dan beriman kepada semua rasul?

Apabila kita beriman terhadap satu rasul, maka kita akan mempelajari seluk beluk (sejarah) rasul tersebut

Nah, lama kelamaan kita akan menemukan titik di mana adanya hubungan antara semua rasul itu. Seperti nabi ibrahim, yang memiliki Julukan bapak para nabi, karena anaknya jugalah memberikan keturunan rasul dan nabi nantinya.

Nah, maka kita juga akan beriman (mempercayai) adanya rasul2 yang lain, dan itupun akan membuat iman kita semakin kuat, dan melaksanakan rukun iman.

Iman kepada satu rasul ya. Rasul kita nabi muhammad saw.kita pasti mengikuti jalanya untuk beriman kepada allah.tapi di balik itu semua kita harus beriman kepada semua rasul allah dengan cara meneladani sikap para rasul. Sama sama mempunyai sikap pemberani seperti nabi musa, sikap penolong seperti nabi isa, dan sikap yang patut kita contoh adalah nabi Ayyub berkat kesabaranya dia menjadi hamba Allah yang mempunyai kesabaran yg sangat luar biasa.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Jelaskan pesan yang terdapat pada Q.S. al-Baqarah/2: 285 dan Apa kaitannya beriman kepada satu rasul dan beriman kepada semua rasul Halaman 106 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Jelaskan pesan yang terdapat pada Q.S. al-Baqarah/2: 285 dan Apa kaitannya beriman kepada satu rasul dan beriman kepada semua rasul Halaman 106 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/pesan-yang-terkandung-dalam-surat-al-baqarah-ayat-285/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!