Perubahan yang Terjadi pada Masing-Masing Zaman

Questions and Key Answers to Social Sciences Class 7 Curriculum 2013 2016 Revision Individual Activities Changes that occurred in each era Page 208 Chapter 4 (Indonesian Society in the Period of Praaksara, Hindu-Buddha, and Islam) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Individu Perubahan yang Terjadi pada Masing-Masing Zaman Halaman 208 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Individu

1. Setelah membaca uraian di atas, deskrepsikan perubahan yang terjadi pada masing-masing zaman.

2. Tulis pada kolom yang disediakan!

Zaman Deskripsi Perubahan
 

Batu

Palaeolithikum Zaman Batu Tua (Paleolithikum) diperkirakan berlangsung kira-kira 600.000 tahun yang lalu. Pada zaman Palelithikum ini alat-alat yang dihasilkan masih sangat kasar dan sederhana sekali. Maka jangan heran ketika pada zaman ini, alat-alat yang dihasilkan belum terlalu halus.

Paleolitikum atau zaman batu tua disebut demikian sebab alat-alat batu buatan manusia masih dikerjakan secara kasar, tidak diasah atau dipolis. Apabila dilihat dari sudut mata pencariannya periode ini disebut masa berburu dan meramu makanan tingkat sederhana. Manusia pendukung zaman ini adalah Pithecantropus Erectus, Homo Wajakensis, Meganthropus Paleojavanicus dan Homo Soloensis. Fosil-fosil ini ditemukan di sepanjang aliran sungai Bengawan Solo. Mereka memiliki kebudayaan Pacitan dan Ngandong.

Pada saat itu kehidupan yang dijalani oleh manusia praaksara masih sangat sederhana, mereka bertahan hidup dengan memanfaatkan kekayaan alam disekitarnya, seperti : umbi-umbihan, ikan di sungai, hewan liar dan buah-buahan.Manusia sudah berusaha membuat alat bantu dalam kehidupannya tetapi alat-alat itu masih sangat sederhana dan terbuat dari batu atau alat serpih lainnya, alat tersebut biasanya berupa kapak berimbas.

Masyarakat menggunakan alat batu besar dan kasar seperti kapak batu. Manusia hidup secara nomaden atau berpindah-pindah mengikuti hewan buruan. Tempat tinggal manusia saat itu memanfaatkan gua-gua alami atau membangun tenda sederhana dari patahan ranting pepohonan.

Mesolithikum Zaman batu pertengahan “Mesolitikum” diperkirakan berlangsung kurang lebih 20.000 tahun silam, pada zaman ini kehidupan manusia tidak jauh berbeda dengan zaman batu tua yakni berburu, mengumpulkan makanan, dan menangkap ikan, mereka juga sudah mulai hidup menetap di guas, tepi sungai atau tepi pantai.

Mesolitikum atau Zaman Batu Madya “Bahasa Yunani; mesos “tengah”, lithos batu” adalah suatu periode dalam perkembangan teknologi manusia, antara Paleolitik atau Zaman Batu Tua dan Neolitik atau Zaman Batu Muda. Untuk alat-alat perkakas yang digunakan pada masa Mesolithikum hampir sama dengan alat-alat pada zaman Palaeolithikum hanya sudah sedikit dihaluskan.

Pada masa ini mulai terjadi peralihan ke bercocok tanam dan tahap awal domestikasi atau perternakan hewan. Manusia sudah mulai hidup di suatu tempat secara musiman, hingga sumber daya alam suatu lokasi habis, baru berpindah ke tempat lain.

Pada masa ini manusia hidup di gubuk kayu sederhana, dalam kelompok yang berukuran kecil semacam suku.

Alat-alat yang digunakan sudah mulai halus dalam pembuatannya.Kehidupan manusia jaman ini sudah mulai menetap, hal ini dibuktikan dengan adanya fosil arang dan sampah dapur serta adanya fosil kerang yang menumpuk pada satu tempat diduga manusia sudah menetap dalam waktu lama disuatu tempat, misalnya goa yang dekat dengan pantai dan sungai.Nama alat saat itu adalah kapak sumatera, mata panah dan alat dari tulang hewan.

Neolithikum Neolitikum atau zaman batun muda merupakan fase atau tingkat kebudayaan pada zaman prasejarah yang memiliki ciri-ciri berupa unsur kebudayaan, seperti peralatan dari batu yang diasah, pertanian menetap, peternakan dan pembuatan tembikar. Pada zaman ini telah hidup jenis Homo sapiens sebagai pendukung kebudayaan zaman batu baru. Mereka mulai mengenal bercocok tanam dan beternak sebagai proses untuk menghasilkan atau memproduksi bahan makanan. Hidup bermasyarakat dengan bergotong royong mulai dikembangkan.

Pada zaman batu muda, kehidupan manusia purba sudah berangsur-angsur hidup menetap tidak lagi berpindah-pindah, manusia pada zaman ini sudah mulai mengenal cara bercocok tanam meskipun masih sangat sederhana. Selain kegiatan berburu yang masih tetap dilakukan. Manusia purba pada masa neolithikum sudah bisa menghasilkan bahan makanan sendiri atau biasa disebut food producing.

Peralatan yang digunakan pada masa neolithikum sudah diasah sampai halus, bahkan ada peralatan yang bentuknya sangat indah. Peralatan yang diasah pada masa itu ialah kapak lonjong dan kapak persegi. Di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan ada yang telah membuat mata panah dan mata tombak yang digunakan untuk berburu dan keperluan lainnya.

Perkembangan penting pada zaman batu muda ialah banyak ditemukannya kapak lonjong dan kapaka persegi dengan daerah temuan yang berbeda. Kapak persegi banyak ditemukan di wilayah Indonesia bagian Barat, seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Nusa Tenggara. Adapun kapak lonjong banyak ditemukan di wilayah Indonesia bagian Timur, seperti Sulawesi, Halmahera, Maluku dan Papua.

Perbedaan daerah temuan kapak persegi dan kapak lonjong tersebut diperkirakan karena daerah penyebaran kapak persegi dan kapak lonjong bersamaan dengan persebaran bangsa Austronesia, sebagai nenek moyang bangsa Indonesia yang datang sekitar 2000 SM.

Logam Zaman logam dimulai saat peradaban manusia mulai mengembangkan metalurgi atau pengolahan logam. Awalnya logam yang banyak digunakan adalah perunggu, yang merupakan campuran (alloy) dari tembaga dan timah. Perunggu memerlukan suhu yang relatif rendah dalam penempaanya, sehingga mudah dibuat menjadi peralatan logam.

Pada masa ini, mulai dikenal sistem tulis menulis, yang menyebabkan berakhirnya masa Prasejarah (Praaksara). Berkembangnya sistem tulis menulis juga memungkinkan adanya sistem administrasi yang kompleks, dan menimbulkan adanya kerajaan-kerajaan dan negara kota.

Peradaban yang termasuk Zaman Logam misalnya peradaban Mesir Kuno, Sumeria, dan China Kuno.

Kegiatan perdagangan berkembang semakin pesat pada masa ini dimana perdagangan sudah dilakukan dari pulau ke pulau di Indonesia bahkan antara kepulauan Indonesia dengan kawasan Asia Tenggara melalui sistem barter. Sistem barter adalah sistem perdagangan menggunakan pertukaran barang yang mana barang tersebut dapat berupa nekara perunggu, manik – manik , rempah – rempah, kayu, moko dan timah.

Kemajuan juga dirasakan dalam bidang pertanian yang sudah menggunakan sistem persawahan yang lebih efektif dan efisien dari sistem ladang.

Pada masa ini, penguburan jenazah dilakukan dengan dua cara yakni secara langsung dan tidak langsung. Penguburan langsung dilakukan dengan menguburkan jenazah langsung di dalam tanah atau diletakkan pada sebuah peti di dalam tanah. Sedangkan, penguburan tidak langsung dilakukan dengan menguburkan jenazah di dalam tanah atau peti kayu berbentuk perahu. Namun, setelah jenazahnya menjadi rangka maka rangka tersebut akan diambil dan dibersihkan, lalu dikuburkan kembali dalam tempayan atau kubur batu.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Individu Perubahan yang terjadi pada Masing-masing Zaman Halaman 208 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Individu Perubahan yang terjadi pada Masing-masing Zaman Halaman 208 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!