Breaking News

Persebaran Hutan Mangrove dan Terumbu Karang di Indonesia

Questions and Answer Keys for Class 7 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2016 Distribution of Mangrove Forests and Coral Reefs in Indonesia Page 38 Chapter 1 (People, Places, and the Environment) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Persebaran Hutan Mangrove dan Terumbu Karang di Indonesia Halaman 38 Bab 1 (Manusia, Tempat, dan Lingkungan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Carilah informasi tentang persebaran hutan mangrove dan terumbu karang di Indonesia!

Persebaran Hutan Mangrove di Indonesia :

  • Luas terbesar hutan Mangrove berada di pulau Papua yang mencapai 3,7 Juta Hektar (Pesisir Sebelah Selatan Papua).
  • Pesisir sebelah Barat Pulau Sumatera yang mencapai  417 Ribu Hektar.
  • Sepanjang pesisir Pulau Kalimantan yang mencapai 165 Ribu Hektar.
  • Pesisir Pulau Sulawesi mencapai 53 Ribu Hektar.
  • Pantai Utara pulau Jawa mencapai 34,4 Ribu Hektar.
  • Bali dan Nusa Tenggara mencapai 3,7 Hektar.

Persebaran Terumbu Karang di Indonesia :

Sebaran terumbu karang dimulai dari utara Pulau Sulawesi terdapat Taman Laut Bunaken, Taman Laut Banda yang terdapat di  Kabupaten Maluku Tengah, Taman laut Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Taman Laut Raja Ampat di Papua, Taman Laut Kepulauan Derawan di Berau Kalimantan Timur, Taman Laut Selat Pantar di NTT, Taman Laut Takabonerate di Sulawesi Selatan, Taman Laut Kepulauan Togean di di Teluk Tomini Sulawesi Tengah, Taman Laut Rubiah di Sabang Aceh, Taman Laut Karimun Jawa dan beberapa perairan lain di Indonesia

2. Jelaskan alasan mengapa hutan mangrove hanya terdapat di wilayah tersebut saja!

Alasan mengapa hutan mangrove hanya terdapat di wilayah tersebut

Mangrove atau bakau adalah jenis semak dan pohon yang hidup di sepanjang pantai, sungai, dan muara di daerah tropis dan subtropis. Mangrove adalah tanaman yang sangat tangguh. Sebagian besar hidup di tanah berlumpur, tetapi beberapa jenis juga tumbuh di atas pasir, gambut, dan batu karang. Mangrove bisa hidup di perairan yang100 kali lebih asin daripada perairan tembah tumbuh tanaman lain. Tidak semua tempat memiliki ekosistem yang dibutuhkan mangrove untuk tumbuh oleh karena itu hutan mangrove hanya terdapat di wilayah tertentu saja.

Alasan mengapa Terumbu karang hanya terdapat di wilayah tersebut

  • Karena Indonesia berada di daerah tropis dan suhu perairannya hangat, sehingga Terumbu Karang banyak ditemukan di Indonesia.
  • Pertumbuhan Terumbu Karang akan baik pada kondisi air yang jernih dan dangkal. Kedalaman air yang baik untuk tumbuhnya terumbu karang tidak lebih dari 18 Meter.
  • Terumbu karang akan tumbuh baik apabila terdapat kandungan garam air laut yang tinggi (Salinitas).

3. Jelaskan fungsi hutan mangrove dan terumbu karang, sehingga wajib dijaga kelestariannya!

  • Hutan mangrove dan terumbu karang berfungsi sebagai tempat berkembang biak dan hidupnya ikan dan hewan lainya seperti penyu, kerang, cumi-cumi, bintang laut dan teripang. Hewan ini memanfaatkan hutan mangrove dan terumbu karang sebagai tempat bertelur dan berkembang bagi hewan yang baru menetas. Hutan mangrove dan terumbu karang memiliki banyak ruang dimana ikan dan hewan kecil lainya bisa bersembunyi dari mangsa. Sehingga tempat ini adalah tempat ideal berkembang biak bagi binatang laut.
  • Hutan mangrove dan terumbu karang juga berperan sebagai penahan dan pemecah arus gelombang laut di pantai. Sehingga keduanya berperan melindungi terkikisnya pantai dari arus yang kuat. Fungsi penahan gelombang ini juga bermanfaat saat terjadi bencana alam seperti hurikan, topan atau tsunami. Gelombang besar akan terpecah sebelum mencapai pantai sehingga mengurangi dampak bencana yang terjadi.
  • Terumbu karang dan hutan mangrove dan bermanfaat sebagai tempat wisata dan memberi pendapatan pada masyarakat setempat. Wisata hutan mangrove misalnya seperti di hutan mangrove Angke, Jakarta. Sementara wisata terumbu karang misalnya seperti di Bunaken, Derawan dan Raja Ampat adalah tempat wisata yang terkenal dan banyak dikunjungi.
  • Karena manfaat besar ini terumbu karang dan hutan bakau harus dilindungi dari eksploitasi agar tetap lestari.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Persebaran Hutan Mangrove dan Terumbu Karang di Indonesia Halaman 38 Bab 1 (Manusia, Tempat, dan Lingkungan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Persebaran Hutan Mangrove dan Terumbu Karang di Indonesia Halaman 38 Bab 1 (Manusia, Tempat, dan Lingkungan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!