Breaking News

Pernyataan tentang kromosom, DNA, dan inti sel yang benar adalah

Questions and Answers for Class 9 Natural Science Curriculum 2013 Revision 2018 Competency Test The correct statement about chromosomes, DNA, and cell nuclei is Pages 157-159 Chapter 3 (Inheritance of Traits in Living Things) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Pernyataan tentang kromosom, DNA, dan inti sel yang benar adalah Halaman 157-159 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!

1. Pernyataan tentang kromosom, DNA, dan inti sel yang benar adalah . . . .

A. kromosom menggulung di dalam DNA di luar inti sel

B. DNA dan kromosom tidak berhubungan tapi sama-sama berada dalam inti sel

C. DNA berbentuk heliks ganda terpilin dalam bentuk kromosom dan berada di luar inti sel

D. DNA berbentuk heliks ganda terpilin dalam bentuk kromosom dan berada di dalam inti sel

Jawaban :

D. DNA berbentuk heliks ganda terpilin dalam bentuk kromosom dan berada di dalam inti sel

Pembahasan :

DNA merupakan singkatan DeoxyriboNucleic Acid atau asam deoksiribonukleat, yaitu polimer yang terdiri dari satuan-satuan berulang yang disebut nukleotida. Tiap-tiap nukleotida terdiri dari tiga komponen utama, yakni gugus fosfat, gula deoksiribosa, dan basa nitrogen (nukleobasa). DNA berbentuk rantai double heliks terpilin. DNA berisi blue print (cetak biru) faktor pembawa sifat manusia yang membentuk kromosom-kromosom. Kromosom terletat di dalam inti sel.

2. Jika sel tubuh pada buah tomat mempunyai 24 kromosom, maka jumlah kromosom pada serbuk sarinya adalah . . . .

A. 6 buah

B. 12 buah

C. 24 buah

D. 48 buah

Jawaban :

B. 12 buah

Pembahasan :

Sel kelamin pada makhluk hiudp, seperti serbuk sari yang merupakan sel kelamin jantan pada tanaman, dihasilkan melalui gametogeneseis (pembuatan gamet) dengan pembelahan mitosis.

Gametogenesis adalah pembentukan gamet. Gamet adalah sel yang digunakan untuk melakukan fertilisasi pada perkembangbiakan secara kawin (secara generatif). Dua gamet yang berbeda jenis akan bergabung dengan satu sama lain dan membentuk sebuah zygot. Pada manusia gamet ini adalah sel telur (pada wanita) dan sel sperma (pada pria).

Gamet memiliki sifat haploid, atau hanya memiliki separuh dari jumlah set lengkap kromosom dari individu dewasa. Manusia memiliki sifat sel diploid atau memiliki sel dengan dua set lengkap kromosom pada intinya (2n), karena itu gamet pada manusia yang bersifat haploid hanya akan memiliki satu set lengkap kromosom saja (n).

Karena diploid (2n) pada tomat memiliki 24 kromosom, maka haploidnya (n) memiliki 12 kromosom.

Pada saat dua gamet melakukan fertilisasi, dua sel gamet yang haploid (n) ini akan bergabung menjadi zigot tadi, yang bersifat kembali diploid (2n), dan dari zigot ini berkembang organisme baru berupa janin. 

Karena gamet bersifat haploid (n) sedangkan sel pada manusia dewasa bersifat diploid (2n), untuk menghasilkan hamet saat gametogenesis ini diperlukan pembelahan sel yang merubah jumlah kromosom, yaitu melalui meiosis.

3. Pernyataan yang benar mengenai hukum II Mendel adalah . . . .

A. gen berpisah secara acak saat fertilisasi

B. gen bertemu secara acak saat fertilisasi

C. gen berpisah secara acak saat pembentukan gamet

D. gen bertemu secara acak saat pembentukan gamet

Jawaban :

D. gen bertemu secara acak saat pembentukan gamet

Pembahasan :

Hukum II Mendel disebut juga hukum pengelompokkan gen secara bebas atau asortasi. Hukum II  Mendel berbunyi:

Pada pembentukkan sel kelamin (gamet), alel mengadakan kombinasi secara bebas sehingga sifat yang muncul dalam keturunannya beraneka ragam.

Hukum ini berlaku untuk persilangan dengan dua sifat beda (dihibrid) atau lebih (polihibrid).

4. Gen K mengode rambut keriting dan k mengode rambut lurus, K dominan terhadap k. Gen H mengode warna kulit hitam dan gen h mengode warna kulit putih. Kombinasi dari gen-gen tersebut yang menunjukkan fenotipe rambut lurus kulit hitam adalah . . . .

A. KKhh

B. KKHH

C. kkHh

D. KkHh

Jawaban :

C. kkHh

Pembahasan :

Gen dibagi menjadi dua, dominan dan resesif. Untuk dapat muncul (sebagai fenotip), gen dominan bisa berupa gen homozigot maupun heterozigot. Tetapi pada gen resesif, jika ingin muncul menjadi sifat tampak maka harus berupa gen homozigot. Karena rambut lurus sifatnya resesif maka genotif yang tampak haruslah kk, dan karena kulit hitam sifatnya dominan maka genotifnya bisa berupa HH atau Hh. Jadi pilihannya: kkHH atau kkHh.

5. Berikut ini pernyataan mengenai jumlah kromosom manusia !

(1) jumlah kromosom sex manusia adalah 4 buah

(2) jumlah kromosom tubuh manusia adalah 44 buah

(3) jumlah kromosom sex manusia adalah 2 pasang

(4) jumlah kromosom tubuh manusia adalah 23 pasang

(5) jumlah kromosom manusia secara keseluruhan adalah 46 buah

Pernyataan yang benar adalah . . . .

A. 1, 2, 3

B. 1, 3

C. 2, 5

D. 4 saja

Jawaban :

B. 1, 3

Pembahasan :

Manusia memiliki 23 pasang atau 46 buah kromosom tubuh (autosom) dan 1 pasang atau 2 buah kromosom jenis kelamin (genosom).

6. Seorang anak dapat mewarisi sifat dari . . . .

A. hanya dari ibunya

B. hanya dari ayahnya

C. dari ayah dan ibunya

D. dari ayah atau ibunya

Jawaban :

D. dari ayah dan ibunya

Pembahasan :

Sel-sel somatik dari tubuh manusia adalah diploid (2n). Namun pada sel kelamin, yaitu sperma dan telur adalah haploid (n). Sel kelamin terdiri dari 23 buah kromosom atau setengah dari jumlah kromosom tubuh. Hanya ada 23 kromosom dalam sel telur manusia dan 23 kromosom dalam sperma manusia. Sel-sel ini dibentuk setelah mereka pergi melalui pembelahan sel khusus yang disebut meiosis. Pada saat proses pembuahan, masing-masing kromosom dari ibu dan ayah yang berjumlah 23 buah akan bergabung. Jadi pewarisan sifat anak dipengaruhi oleh 1/2 set kromosom dari ibu dan 1/2 set kromosom dari ayah.

7. Ciri atau sifat pada manusia diturunkan dari generasi ke generasi melalui . . . .

A. RNA

B. sel telur

C. sel gamet

D. sel sperma

Jawaban :

D. sel sperma

Pembahasan :

Sel-sel somatik dari tubuh manusia adalah diploid (2n). Namun pada sel kelamin, yaitu sperma dan telur adalah haploid (n). Sel kelamin terdiri dari 23 buah kromosom atau setengah dari jumlah kromosom tubuh. Hanya ada 23 kromosom dalam sel telur manusia dan 23 kromosom dalam sperma manusia. Sel-sel ini dibentuk setelah mereka pergi melalui pembelahan sel khusus yang disebut meiosis. Pada saat proses pembuahan, masing-masing kromosom dari ibu dan ayah yang berjumlah 23 buah akan bergabung. Jadi pewarisan sifat anak dipengarhi oleh 1/2 set kromosom dari ibu dan 1/2 set kromosom dari ayah.

8. Cara berikut yang paling baik untuk menentukan apakah dua orang bersaudara adalah . . . .

A. membandingkan gen mereka

B. membandingkan wajah mereka

C. membandingkan sidik jari mereka

D. membandingkan tipe darah mereka

Jawaban :

A. membandingkan gen mereka

Pembahasan :

Membandingkan gen atau sering juga disebut uji DNA adalah suatu pengujian forensik yang melibatkan teknik biologi molekuler untuk mendapatkan profil DNA sejumlah materi uji yang merupakan bahan biologis. Saudara kandung akan memiliki kesamaan genetiknya sampai 50%, sedangkan untuk saudara sepupu, kesamaan genetiknya hanya sampai 12,5%.

Sedangkan untuk uji darah, membandingkan sidik jari, dan tulisan tangan tidak menjamin dua orang bersaudara.

Untuk menentukan kedua orang bersaudara atau tidak, bisa dilakuka tes DNA. Dalam tes DNA, nantinya akan di ambil sampel sel masing-masing orang yang kemudian akan diekstak hingga menghasilakn DNA. Setelah larutan yang mengandung DNA diletakkan  dalam wadah yang mengandung gel dan dialiri listrik, maka akan terbentuk  gambaran seperti untaian pita. Terdapat lebih banyak kemiripan untai pita pada indivodu yang berkerabat atau satu keluarga, sehingga ketika dua hasil DNA memiliki banyak kemiripan, maka kedua orang tersebut bersaudara.

9. Dua anak kembar berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Pernyataan berikut yang benar mengenai penyusun genetik mereka adalah . . . .

A. bayi laki-laki dan perempuan tersebut mewarisi sifat hanya dari sang ayah

B. bayi laki-laki dan perempuan tersebut mewarisi sifat hanya dari sang ibu

C. bayi laki-laki dan perempuan tersebut mewarisi sifat dari ayah dan ibunya

D. bayi laki-laki mewarisi sifat hanya dari ayah dan bayi perempuan mewarisi sifat hanya dari ibu

Jawaban :

C. bayi laki-laki dan perempuan tersebut mewarisi sifat dari ayah dan ibunya

Pembahasan :

Individu yang kembar identik terbentuk apabila satu zygot (hasil pembuahan sel telur oleh sel sperma) membelah menjadi dua embrio yang kemudian tumbuh menjadi dua janin pada rahim dan ketika lahir akan menjadi dua bayi yang kembar identik

Pada individu yang kembar, terjadi pewarisan genetik yang sama dengan dengan individu biasa, yaitu sama-sama mewarisi sifat dan genetik dari kedua orang tua (ayah dan ibu).

Bayi kembar secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu kembar identik dan kembar fraternal.

Kembar identik terbentuk dari satu zygot yang membelah menjadi dua embrio. Karena itu kembar jenis ini disebut juga kembar monozygotik. 

Sementara itu kembar fraternal terbentuk dari dua zygot yang dihasilkan dari dua sel telur yang dibuahi dua sperma, kedua zygot ini kemudian masing-masing membentuk embryo. Karena itu kembar jenis ini disebut kembar dizygotik.

Dua bayi yang kembar identik akan memiliki ciri fisik yang sama persis karena memiliki genetik yang sama (DNA yang sama) akibat sama-sama berasal dari pembelahan satu zygot yang sama, yang berasal dari pembuahan satu sel telur yang sama oleh satu sel sperma yang sama.

Sementara kembar fraternal dapat memiliki perbedaan sifat karena berasal dari perkembangan dua zygit perbeda. Misalnya kembar fraternal dapat memiliki jenis kelamin yang berbeda, sementara kembar monozigotik atau kembar identik pasti memiliki jenis kelamin yang sama.

Bayi kembar fraternal dapat memiliki golongan darah berbeda namun bayi yang kembar identik pasti memiliki golongan darah yang sama.

Dalam soal ini, karena kedua bayi kembar memiliki jenis kelamin berbeda, maka yang terjadia dalah kembar fraternal. Meski bayi kembar fraternal memiliki perbedaan, keduanya sama-sama mewarisi sifat dari ayah dan ibu, karena keduanya terbentuk dari zygot hasil pembuahan sel telur ibu dan sel sperma ayah.

10. Pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan cara . . . .

A. perkawinan silang

B. penanganan hama

C. melakukan pergiliran tanam

D. manipulasi lingkungan hidup

Jawaban :

A. perkawinan silang

Pembahasan :

Pemuliaan tanaman adalah kegiatan mengubah susunan genetik individu maupun populasi tanaman untuk suatu tujuan. Pemuliaan tanaman dilakukan dengan rekayasa genetika. Rekayasa genetika bisa dilakukan dengan melakukan kawin,silang. Perkawinan silang adalah perkawinan antara dua individu yang berlainan varietas dalam satu spesies. Teknik perkawinan silang ini dilakukan dengan cara memperhatikan sifat-sifat unggul dari individu-individu yang akan di silangkan.

Pemuliaan tanaman dilakukan dengan cara melakukan perkawinan silang guna mengambil manfaat dari munculnya kombinasi yang baik dari induk persilangannya. Pemuliaan tanaman dengan cara perkawinan silang sering disebut dengan varietas hibrida. Varietas hibrida merupakan suatu jenis tumbuhan yang merupakan keturunan dari persilangan antara dua atau lebih jenis tumbuhan yang memiliki karakteristik genetik yang berbeda. Sebagai contoh, padi hibrida dapat menghasikan beras 30% lebih banyak daripada padi pada umumnya, lebih tahan terhadap lahan yang kering, lebih pulen, lebih wangi, dan lebih cepat dipanen. Contoh padi hibrida misalnya varietas Arize, Intani, PPH, Bernas Prima, dan varietas IPB 4S. 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Pernyataan tentang kromosom, DNA, dan inti sel yang benar adalah Halaman 157-159 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Pernyataan tentang kromosom, DNA, dan inti sel yang benar adalah Halaman 157-159 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!