Breaking News

Perkembangan dari Globalisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia

Questions and Answer Key Grade 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2018 Activity Development Group of Globalization of Science and Technology in Indonesia Page 119 Chapter 2 (Socio-cultural Change and Globalization) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Perkembangan dari Globalisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia Halaman 119 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Buatlah kelompok bersama teman satu meja kalian!

2. Amatilah berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di sekitar kalian!

3. Apa yang dapat kamu ungkapkan dari hasil pengamatanmu?

4. Diskusikan mengenai perkembangan dari globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang berikut!

  1. Informasi dan komunikasi
  2. Ekonomi dan industri
  3. Sosial budaya
  4. Pendidikan

5. Carilah informasi dari berbagai media untuk membantuk kalian berdiskusi!

6. Presentasikan hasil diskusi kalian secara bergantian di depan kelas!

7. Kumpulkan hasil diskusi kalian pada guru!

8. Melalui kegiatan di atas diharapkan sekarang kamu sudah memahami secara benar tentang maksud dari globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi

No. Aspek Contoh
1. Informasi dan Komunikasi
  • Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sehingga informasi dan komunikasi bisa di dapat dan dilakukan secara real time tanpa batasan jarak, ruang, dan waktu.
  • Semakin mempermudah untuk mengetahui keadaan negeri bahkan luar negeri dan mempermudah untuk dapat berkomunikasi tanpa harus bertatap muka dengan orang lain.
  • Teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat, pada awalnya hanya sekedar berkirim kabar dengan surat, kemudian dipercepat dengan adanya telegraf dan telepon, pada sekarang ini sudah semakin canggih dengan adanya komputer dan smartphone melalui internet yang membuat arus komunikasi dan informasi manjadi semakin cepat dan akurat.
2. Ekonomi dan Industri
  • Dengan perkembangan globalisai semakin membuat mudah untuk meningkatkan ekonomi melalui Teknologi namun semakin banyaknya juga pengangguran akibat saingan semakin meningkat.
  • Dengan IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi), seseorang dapat membeli dan/atau menjual secara online dari berbagai negara di dunia sehingga ekonomi dan industri berkembang pesat.
  • Perkembangan teknologi juga mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi dan industri. Dengan adanya mesin-mesin yang modern membuat produksi industri meningkat dengan pesat dengan biaya produksi yang lebih efisien. Peningkatan produksi tersebut meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara dan bisa meningkatkan kesejahteraan warga negaranya.
3. Sosial Budaya
  • Dengan berkembangnya media massa seperti televisi dan radio telah turut mengembangkan kebudayaan masyarakat. Dengan media tersebut aneka budaya bisa ditampilkan menjadi hiburan dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu dengan teknologi yang semakin berkembang membuat masyarakat menjadi tergantung dengan gadget yang dia punya, hampir semua pekerjaan sekarang bisa dilakukan dengan alat yang berteknologi canggih, seperti : mesin cuci, pesawat televisi, laptop dan lain-lain. Sehingga pekerjaan menjadi bisa dikerjakan lebih cepat dan efisien. Selain menyebabkan kehidupan menjadi lebih individual dalam sebelumnya karena kehidupan yang serba cepat dan praktis dengan adanya teknologi.
  • Dengan IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi), seseorang dapat mengetahui dan belajar bahasa, budaya, adat istiadat dari berbagai negara melalui situs website Google ataupun Video Youtube.
  • Dengan perkembangan globalisasi dapat membuat seseorang semakin membuat mudah untuk mengetahui bahkan meniru budaya asing.
4. Pendidikan
  • Dengan perkembangan globalisasi semakin membuat mudah untuk meningkatkan pengetahuan dan mempermudah dalam mencari jawaban dari pertanyaan tugas sekolah.
  • Dengan IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi), seseorang dapat belajar secara online dan mandiri melalui saluran telivisi,situs website Google,Youtube, maupun aplikasi (Zenius,Ruang Guru,dll).
  • Sistem pendidikan sudah semakin baik dan terintegrasi dengan adanya penggunaan teknologi, seperti dalam pengelolaan sekolah-sekolah di Indonesia sudah masuk apa sistem Dapodik sehingga semua data seperti : jumlah guru, jumlah siswa, sarana prasarana bisa diakses oleh semua pihak. Selain dalam proses pembelajaran bisa menggunakan hasil-hasil teknologi misalnya dengan komputer dan lcd proyektor sehingga pelajaran menjadi lebih menarik dan efisien. Selain itu dengan adanya internet, bahan pelajaran bisa didapatkan dengan mudah.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Perkembangan dari Globalisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia Halaman 119 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Perkembangan dari Globalisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia Halaman 119 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah)

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!