Breaking News

Perhatikan peta negara Jepang! Gambarkanlah keadaan fisik negara Jepang berdasarkan ketampakan yang ada pada peta tersebut

Questions and Answers to Social Sciences Class 9 Curriculum 2013 2018 Revision Group Activity Describe the Physical State of the Japanese State Based on the Appearance on the Map Page 26-27 Chapter 1 (Interaction between Asian Countries and Other Countries) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Gambarkanlah Keadaan Fisik Negara Jepang Berdasarkan Kenampakan Yang Ada Pada Peta Halaman 26-27 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Perhatikan peta negara Jepang! Gambarkanlah keadaan fisik negara Jepang berdasarkan ketampakan yang ada pada peta tersebut. Warna hijau pada peta menggambarkan dataran rendah, sedangkan warna coklat menggambarkan dataran tinggi dan pegunungan. Semakin coklat warnanya, semakin besar ketinggiannya.

Jepang adalah negara yang terletak di Asia Timur. Jepang berada di timur lepas pantai Semenanjung Korea dan laut Jepang. Jepang adalah negara kepulauan dengan 4 pulau terbesar yaitu Honshu, Hokkaido, Kyushu dan Shikoku.

Pada peta tersebut terdapat warna hijau yang sama dengan gambaran wilayah dengan dataran rendah, Negara Jepang mempunyai dataran rendah pada wilayah tepi pulau saja atau pesisir, sedangkan pada wilayah yang agak ke tengah pulah berwarna kuning sampai ke coklat yang menunjukkan perbukitan dan dataran tinggi. Semakin ke tengah pulau-pulau di Jepang warna peta semakin akin cokelat yang menunjukkan banyaknya gunung berapi yang tinggi. Hal ini disebabkan Jepang merupakan daerah tempat bertemunya lempeng Asia dan Lempeng pasifik.

Kedua lempeng tersebut saling menekan berlawanan arah sehingga memunculkan kepulauan Jepang. Hal itu juga menyebabkan di Jepang sering terjadi gunung meletus dan gempa bumi yang bisa menjadi bencana. Di Jepang terdapat kurang lebih 192 gunung api aktif dengan gunung tertinggi yaitu Gunung Fuji dengan ketinggian 3.776 meter di atas permukaan laut.

Dengan luas wilayah yang ada dan indutrialisasi yang tinggi, tidak menyebabkan hutan di Jepang menjadi habis, tetapi ternyata masih ada 67% dari luas wilayah Jepang yang masih hutan.

Dari peta Jepang di atas, juga bisa dilihat bahwa Jepang merupakan negara kepulauan yang memiliki kurang lebih  6.852 pulau. Pulau-pulau besar yang membentang  dari penjuru utara sampai selatan yaitu : pulau Hokkaido, kemudian pulau Honshu yang merupakan pulau paling besar, pulau Shikoku, & pulau Kyushu. Daratan Jepang berada sekitar 97% wilayah pulau-pulau besar tersebut.

Kondisi kepulauan Jepang juga ditandai dengan pegunungan dan banyaknya gunung berapi. Abu dari letusan gunung-gunung berapi ini membuat banyaknya tanah volkanik di Jepang. Tanah ini sangat subur dan cocok untuk bertanam padi. Jepang memiliki lebih dari 2 juta lahan pertanian padi, menghasilkan hingga 8 juta ton beras.

Gunung Fuji (富士山, Fujisan) adalah gunung tertinggi di Jepang dengan ketinggian 3776 meter. Gunung Fuji sangat terkenal karena merupakan gunung berapi yang bentuknya hampir sempurna seperti kerucut. Gunung ini dianggap gunung suci, dianggap sebagai simbol negara Jepang dan menginspirasi para seniman Jepang selama berabad-abad

Bentuk geografi Jepang yang bergunung-gunung membuat banyaknya air terjun dan sungai curam di Jepang. Kondisi ini membuat banyak potensi pembangkit listrik dan industri di Jepang. Produk industri Jepang terutama adalah elektronik dan otomotif, yang banyak di ekspor ke berbagai negara di dunia.

Bentuk geografi Jepang yang berupa kepulauan membuatnya memiliki potensi perikanan yang besar. Potensi ini ditambah dengan lokasi Jepang sebagai pertemuan antara arus dingin Oyashio dari Kutub Utara, dan arus panas Kuroshio dari Samudera Pasifik. Pertemu kedua arus ini membuat perairan sekitar Jepang menjadi kaya dengan alga dan plankton, sumber makanan ikan.Ini membuat lautan sekitar Jepang menjadi lahan penangkapan ikan yang menghasilkan produksi besar. Ikan yang ditangkap umumnya adalah ikan Tuna.

Berdasarkan kondisi fisiknya, Jepang memiliki keterbatasan untuk memenuhi kebutuhan hidup penduduknya. Lakukan analisis untuk menjawab pertanyaan berikut ini.

2. Komoditas apakah yang dapat dikembangkan di Jepang dengan memperhatikan kondisi fisik wilayahnya?

Keadaan fisik wilayah Jepang sebagian besar merupakan gunung-gunung berapi dan tidak banyak dataran. Selain itu Jepang juga merupakan negara kepulauan yang memiliki laut yang luas dan berbatasan langsung dengan laut lepas.Dengan melihat kondisi tersebut maka bisa dikembangkan komoditi sebagai berikut:

  • Pertanian

Komoditi pertanian bisa dikembangkan karena daerah yang subur dekat dengan gunung berapi, selain itu juga ada beberapa wilayah yang merupakan dataran. Komoditi pertanian Jepang yang bisa dikembangkan yaitu : Padi, kentang, apel, jeruk manis, teh, tembakau, gandum dan ubi manis.

  • Peternakan

Jenis peternakan yang bisa dikembangkan adalah budidaya ulat sutera.

  • Perikanan

Memiliki laut yang luas dan didukung dengan armada kapal laut yang canggih membuat komoditi perikanan di Jepang berkembang cepat. Komoditi perikanan tersebut adalah : tuna, cumi-cumi, kepiting, lobster dan lain-lain.

  • Industri

Jepang sangat maju dalam bidang komoditi dengan teknologi yang modern, seperti : alat elektronik, komputer, otomotif, robot,dan sebagainya.

3. Komoditas apakah yang tidak bisa dipenuhi oleh Jepang, sehingga harus dipasok dari negara lain?

Komoditas yang tidak dapat dipenuhi oleh Jepang adalah energi dan sumber daya mineral seperti gas Alam, Minyak Bumi, Batu Bara, Tembaga dan Timah, Jepang harus mengimpor dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Selain itu Komoditas yang tidak dapat dipenuhi oleh Jepang pada sumber daya manusia adalah pada produk kayu lapis, teh, kopi, karet alam dan tekstil.

4. Bagaimana cara Jepang  agar  mampu  memenuhi  kebutuhan hidupnya dengan keterbatasan potensi alam yang dimilikinya?

Jepang tergolong sebagai negara maju. Dalam ekonomi, Jepang termasuk salah satu negara dengan penghasilan tertinggi dan Produksi Domestik Bruto terbesar di dunia. Pencapaian tersebut diperoleh tanpai terlalu mengandalkan sumber daya alam. Jepang memang tidak memiliki SDA yang besar namun efektif dalam memanfaatkan teknologi. Dengan berbagai cara, mereka menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia.

Salah satu faktor yang mendorong keberhasilan tersebut adalah pemanfaatan teknologi untuk menciptakan industri dalam negeri yang unggul. Dengan pemanfaatan teknologi, Jepang dapat menciptakan berbagai produk yang membantu pemenuhan kebutuhan mereka. Sementara komoditas yang belum dapat mereka ciptakan, mereka impor dari negara lain. Strategi ini terutama berhasil karena Jepang berhasil membangun industri otomotif, elektronik, transportasi dan industri lainnya di dalam negeri. Dengan penghasilan yang besar, Jepang dengan mudah mengimpor barang kebutuhan lainnya.

5. Kondisi sumber daya alam di negara Jepang relatif terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan industrinya, negara ini mengimpor sumber daya alam dari negara lain. Telusurilah informasi dari berbagai sumber tentang negara–negara yang memasok kebutuhan sumber daya alam ke Jepang serta jenis sumber daya alam yang dipasoknya.

  • Jepang mengimpor gam alam dari Negara Australia
  • SDA batubara di impor Jepang dari Indonesia
  • Tembaga & Nikel juga didapatkan dari negara Indonesia
  • Ikan dan udang bisa diperoleh dari Cina dan Indonesia
  • Minyak Bumi berasal dari Malaysia
  • Kelapa Sawit bisa didapatkan dari Malaysia & Indonesia
  • Beras bisa diimpor dari Thailand
  • Ikan juga bisa didapatkan dari Thailand
  • Karet biasanya didapatkan dari negara Indonesia
  • Kako atau coklat juga berasal dari Indonesia
  • Kopi didatangkan dari Indonesia
No. Nama Negara Bagian Nama-Nama Kota
1 Chiba Chiba, Abiko, Ichikawa, Urayasu
2 Fukuoka Fukuoka, Buzen, Dazaifu, Asakura
3 Hokkaido Sapporo
4 Ishikawa Kanazawa, Hakui, Kaga, Nomi
5 Kyoto Ayabe, Kyoto, Maizuru, Joyo
6 Miyagi Sendai, Iwanuma, Natori, Tome
7 Okinawa Naha, Nago, Ishigaki, Ginowan
8 Saitama Ageo, Saitama, Fujimino, Fujimi
9 Osaka Sakai, Osaka, Yao, Minoo
10 Tokyo Koto, Adachi, Taito, Minato

Sampaikan hasil aktivitas kelompokmu di kelas.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Gambarkanlah Keadaan Fisik Negara Jepang Berdasarkan Kenampakan Yang Ada Pada Peta Halaman 26-27 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Gambarkanlah Keadaan Fisik Negara Jepang Berdasarkan Kenampakan Yang Ada Pada Peta Halaman 26-27 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!