Perhatikan pernyataan berikut ini! 1. Orang jujur akan mendapatkan banyak teman. 2. Orang jujur akan susah hidupnya. 3. Orang jujur akan mendapatkan kebahagiaan di akhirat. 4. Orang munafik akan disukai teman di akhirat. 5. Orang jujur selalu mendapatkan berkah di mana saja. Pernyataan di atas yang tidak termasuk hikmah dari perilaku jujur adalah

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 11 2013 Revised 2017 Curriculum Multiple Choice Evaluation The statement above which does not include the wisdom of honest behavior is Pages 29-30 Chapter 2 (Dare to Live Honestly) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Pernyataan di atas yang tidak termasuk hikmah dari perilaku jujur adalah Halaman 29-30 Bab 2 (Berani Hidup Jujur) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Perhatikan pernyataan berikut ini!

  1. Orang jujur akan mendapatkan banyak teman.
  2. Orang jujur akan susah hidupnya.
  3. Orang jujur akan mendapatkan kebahagiaan di akhirat.
  4. Orang munafik akan disukai teman di akhirat.
  5. Orang jujur selalu mendapatkan berkah di mana saja.

Pernyataan di atas yang tidak termasuk hikmah dari perilaku jujur adalah . . . .

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 2 dan 4

E. 3 dan 5

Pembahasan

Jawaban : D. 2 dan 4

2. Nabi Muhammad saw. menjelaskan bahwa jujur itu membawa kebaikan dan kebaikan itu menuntun ke surga. Ungkapan tersebut mengandung arti . . . .

A. jujur sangat penting dalam kehidupan sehari-hari

B. jujur menyebabkan kenyamanan dalam berperilaku

C. jujur membuat pelakunya selalu gelisah

D. jujur membawa keberkahan dalam hidup

E. jujur perlu dijunjung tinggi agar hidup tenteram

Pembahasan

Jawaban : D. Jujur membawa keberkahan dalam hidup

Nabi Muhammad saw. menjelaskan bahwa jujur itu membawa kebaikan dan kebaikan itu menuntun ke surga. Ungkapan tersebut mengandung arti Jujur membawa keberkahan dalam hidup.

Jujur adalah istilah untuk mengungkapkan hakikat sesuatu yang berwujud dan kejadian yang sesuai dengan kenyataannya. Makna lain kejujuran adalah tercapainya sesuatu dengan sempurna, berikut kekuatan dan seluruh elemennya.

Jujur itu membawa kebaikan dan kebaikan itu menuntun ke surga, Maksudnya Jujur membawa keberkahan dalam hidup.

3. Ikhlas dalam melakukan sesuatu, tanpa dicampuri oleh kepentingankepentingan dunia. Jenis jujur seperti ini termasuk kategori . . . .

A. jujur dalam berbuat

B. jujur dalam berkata

C. jujur dalam niat

D. jujur dalam berjanji

E. jujur dalam bertekad

Pembahasan

Jawaban : A. jujur dalam berbuat

Ikhlas dalam melakukan sesuatu, tanpa dicampuri oleh kepentingan kepentingan dunia. Jenis jujur seperti ini termasuk kategori jujur dalam berbuat atau bertindak.

Kejujuran dalam bertindak berarti tidak ada perbedaan antara niat dan perbuatan. Jujur dalam hal ini juga bisa berarti tidak berpura-pura khusyu dalam beramal sedangkan hatinya tidaklah demikian.

4. Perhatikan ungkapan berikut ini: “Jikalau Allah Swt. memberikan kepadaku harta, aku akan membelanjakan sebagian di jalan Allah Swt.” Jenis jujur seperti ini termasuk kategori . . . .

A. jujur dalam berbuat

B. jujur dalam berkata

C. jujur dalam niat

D. jujur dalam berjanji

E. jujur dalam bertekad

Pembahasan

Jawaban : C. jujur dalam niat

“Jikalau Allah Swt. memberikan kepadaku harta, aku akan membelanjakan sebagian di jalan Allah Swt.” Jenis jujur seperti ini termasuk kategori  jujur dalam berkeinginan dan dalam meralisaikannya.

Ungkapan diatas termasuk jenis jujur dalam kategori jujur dalam berkeinginan dan dalam meralisaikannya.

Sebagaimana Firman Allah Surat At-Taubah ayat 75.

وَمِنْهُمْ مَنْ عَاهَدَ اللَّهَ لَئِنْ آتَانَا مِنْ فَضْلِهِ لَنَصَّدَّقَنَّ وَلَنَكُونَنَّ مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya: Dan diantara mereka ada orang yang telah berikrar kepada Allah: “Sesungguhnya jika Allah memberikan sebahagian karunia-Nya kepada kami, pastilah kami akan bersedekah dan pastilah kami termasuk orang-orang yang saleh.

Ungkapan itu belom ada ujudnya, baru berandai-andai, baru berupa keinginan, maka disebut jujur dalam berkeinginan, dan apabila Allah mewujudkan memberi harta kepadanya, ada dua kemungkinan, ia merealisasikan keinginan itu atau pura-pura lupa. Jika ia merealisasikan keinginan itu berarti ia jujur dalam merealisasikan keinginan, namun jika dia pura-pura lupa berarti dia kufur pada keinginan dia.

5. Orang yang tidak jujur atau dusta disebut orang munafik. Salah satu ciri orang munafik adalah . . . .

A. jika bekerja ingin upah

B. jika berkata ingin didengar

C. jika berbuat ingin dilihat

D. jika berjanji tidak ditepati

E. jika dipercaya ia amanah

Pembahasan

Jawaban : D. jika berjanji tidak ditepati

Ciri munafik selain tidak jujur adalah jika ia berjanji maka ia akan mengingkari janji tersebut atau ia tidak akan menepati janji tersebut. Selain itu ada juga ciri munafik yang ketiga yaitu jika ia dipercayakan sesuatu maka ia akan menghianati kepercayaan tersebut. Berdasarakan pilihan jawaban, maka pilihan jawaban yang benar adalah pilihan jawban D

Perilaku munafik merupakan bagian dari perilaku tercela. Karena orang munafik merupakan orang yang bermuka dua. Dimana ia akan baik didepan orang sedangkan dibelakang orang ia akan berperilaku buruk. Umat islam harus menjauhkan diri dari perilaku munafik. Hal ini karena perilaku munafik hanya akan memberikan dampak negatif bagi orang yang mengamalkannya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Pernyataan di atas yang tidak termasuk hikmah dari perilaku jujur adalah Halaman 29-30 Bab 2 (Berani Hidup Jujur)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Pernyataan di atas yang tidak termasuk hikmah dari perilaku jujur adalah Halaman 29-30 Bab 2 (Berani Hidup Jujur). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Bagaimana persamaan kalor untuk menaikkan suhu benda dan kalor untuk mengubah wujud benda? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Bagaimana persamaan kalor untuk menaikkan suhu benda dan kalor untuk mengubah wujud benda? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!