Breaking News

Perhatikan pernyataan berikut ini! 1. Berusaha dengan sungguh-sungguh agar tercapai cita-citanya 2. Suka mengikuti kompetisi yang dilakukan sekolah-sekolah lain 3. Menjalankan perintah Allah Swt., rasul, dan pemimpin 4. Berlomba dalam mewujudkan kebersihan dan keindahan 5. Disiplin dan selalu berseragam dengan lengkap setiap hari Dari pernyataan di atas, yang termasuk perilaku mulia terkait ketaatan adalah

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 11 2013 Revised 2017 Curriculum Multiple Choice Evaluation From the above statement, which includes noble behavior related to obedience, are Pages 99-100 Chapter 6 (obedient behavior, competition in kindness, and work ethic) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Dari pernyataan di atas, yang termasuk perilaku mulia terkait ketaatan adalah Halaman 99-100 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Perhatikan pernyataan berikut ini!

  1. Berusaha dengan sungguh-sungguh agar tercapai cita-citanya
  2. Suka mengikuti kompetisi yang dilakukan sekolah-sekolah lain
  3. Menjalankan perintah Allah Swt., rasul, dan pemimpin
  4. Berlomba dalam mewujudkan kebersihan dan keindahan
  5. Disiplin dan selalu berseragam dengan lengkap setiap hari

Dari pernyataan di atas, yang termasuk perilaku mulia terkait ketaatan adalah . . . .

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 2 dan 5

E. 3 dan 5

Jawaban : E. 3 dan 5

Penjelasan : Selalu taat kepada Allah, rasul, dan pemimpin serta Disiplin dan selalu berseragam dengan lengkap setiap hari merupakaan bentuk ketaatan. Pernyataan pertama jelas maksudnya karena ada kata taat, dan pernyataan kedua merupakan bentuk taat kepada peraturan sekolah, taat kepada peraturan sekolah dengan berseragram lengkap merupakan implementasi bentuk ketaatan kepada pemimpin sekolah tersebut, yang aturannya ditetapkan oleh pusat pemerintahan kita. Demikian.

2. Akhir-akhir ini semangat berkompetisi sangat menurun di kalangan pelajar. Ini dibuktikan ketika diumumkan tentang peringkat kelas, justru sang juara menjadi cemoohan teman-temannya yang lain. Mereka menanggapinya dengan sinis bahwa si juara ini pelit orangnya, tidak mau bagi-bagi pada saat ujian. Yang harus dilakukan oleh orang yang memahami isi Q.S. al-Maidah/5:48 adalah . . . .

A. belajar dengan sungguh-sungguh agar ia menjadi juara kelas

B. bekerja keras agar apa yang diinginkan dapat tercapai

C. berkompetisi secara sehat, tidak curang dan tidak menyontek

D. berkolaborasi agar sama-sama mendapatkan nilai memuaskan

E. menaati semua aturan yang ada di sekolah dan kelas

Jawaban : C. Berkompetisi secara sehat , tidak curang dan tidak mencontek

Penjelasan : dalam surah al maidah ayat 58 ALLAH berfirman “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” 

Nah dalam ayat itu ALLAH memerintahkan untuk berbuat jujur dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Yang sejalan dengan pernyataan  “Berkompetisi secara sehat , tidak curang dan tidak mencontek”

3. Ketika menemukan masalah, kemudian terjadi perselisihan karena masingmasing menganggap paling benar pendapatnya, yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut, kecuali . . . .

A. menghormati perbedaan pendapat orang lain

B. berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut

C. mengembalikan permasalahan kepada al-Qur’an dan hadis

D. melakukan terobosan baru dengan berijtihad

E. tidak perlu diselesaikan karena keduanya ingin menang

Jawaban : C. mengembalikan permasalahan kepada al-Qur’ān dan hadis 

Penjelasan : AL Quran dan hadist adalah sumber hukum utama, maka setiap masalah harus dicari kebenarannya berdasrkan dua sumber ini , bukan melalui hawa nafsu. Sesuai firman ALLAH “Wahai orang-orang yang beriman! Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul, serta ulil amri diantara kalian. Jika kalian berselisih dalam suatu hal, maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir.Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya” (QS. An Nisa: 59).

4. Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada Q.S. an-Nisa/4:59 adalah . . . .

A. mengikuti meskipun salah

B. memeranginya dengan cara yang keras

C. melakukan demo untuk menentangnya

D. menolaknya dengan cara yang halus

E. membiarkan dan masa bodoh saja

Jawaban : d. menolaknya dengan cara yang halus

Penjelasan : Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan maka kita harus menolaknya dan kembali kepada Al qur’an dan hadist. Hal ini sebagaimana petunjuk dari surah an nisa ayat 59.

Firman Allah dalam surah an nisa ayat 59

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا

Terjemahan ayat

Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Isi kandungan ayat

Dalil untuk ta’at kepada Allah, rasul dan pemimpin

Jika terjadi perselisihan pendapay maka kita harus berpedoman kepada Al qur’an dan hadist

Kita wajib ta’at kepada pemimpin selama tidak bertentangan dengan Al qur’an dan hadist, jika bertentangan maka tidak wajib untuk ta’at

5. Perhatikan penyataan berikut ini!

  1. Mempersaudarakan rakyatnya seperti saudara kandung
  2. Senantiasa bersikap adil dan bijaksana serta berpola hidup sederhana
  3. Bekerja keras dengan cara yang baik dan halal
  4. Menyelesaikan tugas sampai tuntas
  5. Kelompok-kelompok yang berbeda tidak perlu diperangi, tetapi didekati

Ungkapan di atas yang termasuk kategori etos kerja adalah ….

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 4 dan 5

E. 1 dan 5

Jawaban : C. 3 dan 4

Penjelasan : Etos kerja adalah sifat yang dicerminkan atau ditunjukkan oleh orang yang sungguh-sungguh atau gigih dalam bekerja. Sifat etos kerja merupakan  salah satu contoh sifat terpuji atau salah satu contoh akhlak mahmudah.

Analisa jenis sifat pada semua pernyataan

  • Pernyataan no 1 : Merupakan salah satu contoh sifat pemimpin yang bijaksana
  • Pernyataan no 2 : Merupakan salah satu contoh sifat pemimpin adil dan bijaksana
  • Pernyataan no 3 : Merupakan salah satu contoh sifat orang yang etos bekerja
  • Pernyataan no 4 : Merupakan salah satu contoh sifat orang yang etos bekerja
  • Pernyataan no 5 : Merupakan salah satu contoh sifat orang yang toleransi dalam masyarakat

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Dari pernyataan di atas, yang termasuk perilaku mulia terkait ketaatan adalah Halaman 99-100 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Dari pernyataan di atas, yang termasuk perilaku mulia terkait ketaatan adalah Halaman 99-100 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!