Breaking News

Perbedaan SNBP dan SNBT 2023

Perbedaan SNBP dan SNBT 2023

Seleksi masuk PTN tahun 2023 ternyata beda lagi. Ada yang disebut SNBP dan SNBT. Apa itu? Yuk simak perbedaan SNBP dan SNBT berikut ini. Pastinya, hal ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang berkeinginan untuk bisa kuliah tahun ini di PTN tanpa jalur mandiri.

Sejak diluncurkannya, seleksi masuk PTN ini bukan dikelola lagi oleh LTMPT tetapi oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN 2023 adalah tim yang dibentuk oleh Mendikbudristek untuk mempersiapan seleksi masuk PTN.

Untuk melihat informasi resminya, silakan langsung cek di: https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Perbedaan SNBP dan SNBT

Nah, apa sih bedanya SNBT dan SNBP itu? Pasti kalian kepo deh sebab memang namanya saja sudah baru sih. Simak baik-baik ya, artikel ini bakal singkat tetapi akan mudah dipahami.

1. Apa itu SNBP?

Buat pertama, pahami dahulu definisinya. Sebab, dengan memahami arti akan mudah memahami lebih dalam yang lainnya.

SNBP merupakan seleksi masuk kampus negeri yang dikelola oleh panitia SNPMB 2023 yang menggunakan nilai rapor semester 1-5 dan prestasi akademik sebagai bahan untuk seleksinya. Nilai inilah yang akan digunakan siswa untuk bersaing mendapatkan kursi masuk PTN dengan jalur rapor ini.

Catatan: Dulu SNMPTN, sekarang ganti nama jadi SNBP.

2. Apa itu SNBT?

SNBT merupakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi yang menggunakan hasil nilai tes UTBK untuk seleksinya. Materi yang diujikan ada 7 materi, antara lain sebagai berikut.

Daftar Subtes SNBT 2023, terbaru.

  • Kemampuan Penalaran Umum
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis
  • Pengetahuan Kuantitatif
  • Literasi Bahasa Indonesia
  • Literasi Bahasa Inggris
  • Penalaran Matematika

3. Perbedaan Daya Tampung

Nah, yang membedakan keduanya paling mencolok adalah masalah daya tampung. Jumlah daya tampung maksimal untuk seleksi SNBP adalah 20% untuk setiap kampusnya, sedangkan untuk SNBT minimal 40%. Hal ini ditegaskan oleh dokumen resmi yang diunggah oleh panitia SNPMB sebagai berikut.

Catatan: Khusus PTNBH diberikan kelonggaran untuk kuota minimal SNBT sebanyak 30%. Jadi, alokasinya bisa dialihkan ke seleksi mandiri menggunakan nilai UTBK. Kalau kalian mencarinya, akan ada 21 PTNBH yang ada di Indonesia sekarang ini.

Keuntungan ikut SNBT, jika ga lolos bisa ikut seleksi mandiri dengan nilai UTBK. Bagi yang tidak ikut SNBT ya ga bisa dong ikut seleksi mandiri.

4. Jenis Seleksi

Selanjutnya masalah seleksi. SNBP menggunakan nilai rapor dan prestasi sebagai inputan nilai yang akan diseleksi, sedangkan SNBT menggunakan nilai hasil tes UTBK.

5. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran untuk SNBP, yaitu Gratis. Sedangkan, biaya untuk SNBT sebesar Rp200.000,-

6. Pengurusan Pendaftaran

Seleksi SNBP masih banyak diurus oleh sekolah masing-masing. Setiap sekolah harus memiliki akun sendiri untuk bisa mendaftarkan peserta didiknya yang eligible SNBP untuk bisa mengikuti. Jika sekolah tidak mendaftarkan, maka satu sekolahan akan gagal.

SNBT diurus secara mandiri oleh siswa. Sekolah sudah tidak memiliki andil dalam seleksi ini.

7. Peserta

Peserta SNBP, yaitu hanya kelas 12 yang aktif saja dan juga eligible. Peserta SNBT, yaitu lulusan 2021, 2022 dan juga siswa kelas 12 yang tidak lolos SNBP dan tidak eligible.

About Muhammad

Check Also

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah [Terupdate] Salah satu isian dalam menu rencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!