Breaking News

Perbedaan asabah bil gair dan’asabah ma’al gair

Questions and Answer Keys Islamic Religious Education and Character Class 12 2013 Revision 2018 Curriculum Student Activities Differences in asabah bil gair and asabah ma’al gair Page 166 Chapter 8 (Reaching Blessings with Mawaris) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Siswa perbedaan asabah bil gair dan asabah ma’al gair Halaman 166 Bab 8 (Meraih Berkah dengan Mawaris) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas Siswa

Diskusikan dengan kelompok kalian tentang perbedaan asabah bil gair dan’asabah ma’al gair, kemudian presentasikan di depan kelas!

Dari uraian sebelumnya dapat kita ketahui bahwa ‘ashabah bil ghair adalah setiap wanita ahli waris yang termasuk ashhabul furudh, dan akan menjadi ‘ashabah bila berbarengan dengan saudara laki-lakinya. Misalnya, anak perempuan menjadi ‘ashabah bila bersama saudara laki-lakinya (yakni anak laki-laki pewaris). Saudara kandung perempuan ataupun saudara perempuan seayah menjadi ‘ashabah bil ghair dengan adanya saudara kandung laki-laki ataupun saudara laki-laki seayah. Dalam hal ini bagi yang laki-laki mendapat dua kali lipat bagian perempuan.

Adapun ‘ashabah ma’al ghair adalah para saudara kandung perempuan ataupun saudara perempuan seayah bila berbarengan dengan anak perempuan, dan dalam hal ini mereka mendapatkan bagian sisa seluruh harta peninggalan sesudah ashhabul furudh mengambil bagian masing-masing. Tampak semakin jelas perbedaan antara dua macam ‘ashabah itu, pada ‘ashabah bil ghair selalu ada sosok ‘ashabah bi nafsih, seperti anak laki-laki, cucu laki-laki keturunan anak laki-laki, saudara kandung laki-laki dan saudara laki-laki seayah. Sedangkan dalam ‘ashabah ma’al ghair tidak terdapat sosok ‘ashabah bi nafsih.

Jadi, secara ringkas, pada ‘ashabah bil ghair para ‘ashabah bi nafsih menggandeng kaum wanita ashhabul furudh menjadi ‘ashabah dan menggugurkan hak fardh-nya. Sedangkan ‘ashabah ma’al ghair tidaklah demikian. Seorang saudara perempuan sekandung atau seayah tidak menerima bagian seperti bagian anak perempuan atau cucu perempuan dari keturunan anak laki-laki. Akan tetapi, anak perempuan atau cucu perempuan keturunan anak laki-laki mendapat bagian secara fardh, kemudian saudara perempuan sekandung atau seayah mendapatkan sisanya. Inilah perbedaan keduanya.

Dapatkah Seseorang Mewarisi dari Dua Arah?

Kita mungkin sering mendengar pertanyaan seperti itu, dan tentu saja hal ini memerlukan jawaban. Maka dapat ditegaskan bahwa seseorang bisa saja mendapatkan warisan dari dua arah yang berlainan, misalnya ia sebagai ashhabul furudh dan juga sebagai ‘ashabah, atau satu dari arah fardh dan yang kedua dari arah karena rahim. Agar persoalan ini lebih jelas, saya sertakan contoh:

Seseorang meninggal dunia dan meninggalkan seorang nenek, saudara laki-laki seibu, dan seorang suami, yang juga merupakan anak paman kandung pewaris. Maka pembagiannya sebagai berikut: Untuk nenek seperenam (1/6), saudara laki-laki seibu seperenam (1/6), suami setengah (1/2) sebagai fardh-nya, dan sisanya untuk suami sebagai ‘ashabah karena ia anak paman kandung.

Contoh lain : seorang suami meninggal dunia dan meninggalkan dua anak perempuan, bibi (saudara ibu) yang salah satunya menjadi istrinya. Maka pembagiannya seperti berikut : sang istri mendapat bagian seperempat sebagai fardh-nya karena adanya ikatan perkawinan, dan hak lainnya ialah ikut mendapat bagian sisa yang ada karena ikatan rahim.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Siswa perbedaan asabah bil gair dan asabah ma’al gair Halaman 166 Bab 8 (Meraih Berkah dengan Mawaris)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Siswa perbedaan asabah bil gair dan asabah ma’al gair Halaman 166 Bab 8 (Meraih Berkah dengan Mawaris). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Tabel berikut menunjukkan kecepatan empat merek printer. Printer manakah yang mencetak paling cepat?

[Kunci Jawaban] Tabel berikut menunjukkan kecepatan empat merek printer. Printer manakah yang mencetak paling cepat? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!