Breaking News

Perbedaan antara Globalisasi, Westernisasi, ataupun Modernisasi

Questions and Answer Keys for Class 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revision 2018 Differences between Globalization, Westernization, or Modernization Page 130 Chapter 2 (Socio-Cultural Change and Globalization) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Perbedaan antara Globalisasi, Westernisasi, ataupun Modernisasi Halaman 130 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Dalam kegiatan ini diharapkan kalian dapat memahami perbedaan antara globalisasi, westernisasi, ataupun modernisasi!

2. Bentuklah kelompok dengan anggota 3–4 siswa!

3. Perhatikan gambar yang disajikan oleh guru berkaitan dengan proses modernisasi dan westernisasi!

4. Carilah dari berbagai sumber baik dari buku ataupun media massa berkaitan dengan perilaku westernisasi di masyarakat!

5. Bersama kelompok kamu, diskusikan mengenai:

6. Perbedaan antara westernisasi dan globalisasi

Perbedaan Antara Westernisasi Dan Globalisasi
Westernisasi Globalisasi
Westernisasi adalah perilaku atau tingkah laku yang mengacu pada trend/ kebiasaan negara barat atau ke barat baratan, seperti budaya dan gaya hidup (lifestyle). Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang mencakup banyak hal, seperti bidang ekonomi, bidang teknologi, pendidikan, tingkah laku, pola pikir, dll.
Westernisasi adalah meniru gaya hidup bangsa barat. Proses westernisasi biasanya akan merujuk kepada akulturasi budaya dan enkulturasi. Sebetulnya banyak hal positif dari gaya hidup bangsa barat, namun kebanyakan orang lebih menyorot hal-hal negatifnya seperti minum minuman keras, free sex, individualis dan sebagainya. Banyak sekali teori tentang globalisasi, tapi pada dasarnya globalisasi adalah suatu proses mendunia, baik itu mengenai di bidang politik, ekonomi, budaya maupun teknologi.
Kemajuan teknologi yang memudahkan akses ke semua media, sehinggal orang kadang-kadang tidak bisa menyaring apakah perilaku tersebut cocok untuk dirinya atau tidak.Keinginan untuk dianggap hidup modern Fanatisme yang berlebihan terhadap publik figure Kurangnya pengetahuan akan suatu budaya sehingga menelannya mentah-mentah

 

Pertumbuhan teknologi dan informasi yang signifikan dari waktu ke waktu membuat komunikasi semakin mudah dan lancar. Hal ini membuat berbagai macam informasi bisa langsung diterima walau tinggal dibelahan dunia yang berbeda. Contoh yang paling kekinian adalah dengan adanya whatsap atau wechat, membuat komunikasi dengan rekan di luar negeri semakin mudah dan murah karena hanya mengandalkan jaringan internet saja.Karena mudahnya komunikasi maka setiap individu bisa melakukan percakapan dengan siapa saja diseluruh belahan dunia dan lahirlah kerjasama antar negara. Misalnya yang paling umum adalah perdagangan.
Westernisasi adalah proses perubahan yang mengadaptasi perilaku bangsa barat. Biasanya ini lebih ke individu dan kebanyakan bersifat negatif. Sebetulnya boleh saja meniru budaya barat asal tidak meninggalkan budaya lokal dan norma-normanya. Kemajuan teknologi yang memudahkan akses ke semua media, sehinggal orang kadang-kadang tidak bisa menyaring apakah perilaku tersebut cocok untuk dirinya atau tidak.Keinginan untuk dianggap hidup modern Fanatisme yang berlebihan terhadap publik figure Kurangnya pengetahuan akan suatu budaya sehingga menelannya mentah-mentah

7. Faktor yang menyebabkan terjadinya westernisasi

  • Masyarakat yang bersifat konsumtif terhadap barang-barang luar negeri.
  • Kurang penguasaan dan berkembangnya IPTEK.
  • Kurangnya kesadaran masyarakat dalam memilah budaya yang baik/buruk.
  • Maraknya budaya Barat dan percampuran/akulturasi budaya.
  • Meniru gaya berbusana, rambut, serta gaya hidup ke barat-baratan.
  • Masuknya budaya barat tanpa bisa dibendung dan akulturasi budaya
  • Munculnya keinginan untuk mencari kebebasan,seperti negara-negara barat
  • Adanya peniruan yang berlebihan terhadap gaya hidup negara-negara barat seperti : gaya rambut, gaya busana dan gaya hidup
  • Adanya keinginan dari sebagian masyarakat untuk terbebas dari segala aturan seperti kehidupan liberal
  • Sifat konsumtif terutama untuk produk-produk luar negeri
  • Pemahaman yang salah tentang kata modern, seringkali dengan gaya kebarat-barat dipandang sebagai salah satu bentuk modernisasi, padahal tidak seperti itu.
  • Pengaruh perkembangan teknologi informasi. Zaman teknologi masa kini media massa seperti Facebook, Instagram, Youtube dan lain-lain, Informasi tentang gaya hidup barat sangatlah bebas. Sehingga masyarakat di Indonesia meniru gaya hidup kebarat-baratan atau yang kita kenal westernisasi, seperti gaya rambut, gaya berbusana, gaya pergaulan, dan lain-lain.
  • Masuknya karya-karya yang mengandung kebarat-baratan. Di Indonesia sendiri, kecaman terhadap karya-karya budaya massa sudah dimulai jauh sebelum orde baru itu lahir. bentuk kecemasan Ir. Soekarano terhadap westernisasi sehingga dilarangnya film-film Hollywod dan semua bentuk kesenian yang berbau kebarat-baratan.

8. Dampak westernisasi

Dampak Positif Westernisasi :

  • Dapat menguasai IPTEK.
  • Penggunaan bahasa lain dalam komunikasi meningkatkan wawasan dan pengetahuan
  • Terjadinya akulturasi budaya sehingga tidak mengalami kebosanan budaya karena masyarakat selalu menginginkan hal-hal yang baru.
  • Munculnya ide-ide baru yang bisa membantu kemajuan IPTEK.
  • Memberi inspirasi bagi kita agar tidak tertinggal informasi tentang kecanggihan teknologi.
  • Menggunakan sebagai motivasi untuk hidup yang lebih baik dan maju.
  • Memberi semangat bagi kita untuk memperkenalkan dengan Negara asing bahwa kebudayaan Indonesia yang beragam mampu bersaing dengan kebudayaan mereka.

Dampak Negatif Westernisasi :

  • Melunturnya semangat cinta akan bangsa dan budaya sendiri.
  • Mencari segala sesuatu yang instan.
  • Gaya hidup yang bersifat konsumtif.
  • Lunturnya jiwa nasionalis dan jati diri bangsa.
  • Budaya Barat yang dikenal dengan konsep liberalisme, mengakibatkan munculnya pornografi, pergaulan bebas, dll.
  • Etika atau cara berperilaku akan merubah seorang individu perilaku yang lama ke perilaku baru. Pada awalnya individu etika yang lama sudah tidak sesuai dengan peilaku yang ada sehingga ia cenderung merubah etikanya untuk menyesuaikan dengan yang baru. Padahal etika yang baru belum tentu sesuai dengan norma yang  berlaku pada kehidupannya.
  • Cara berpakaian oleh para remaja yang terkena dampak ini akan menyesuaikan cara berpakaiannya dengan kebudayaan yang ia pelajari. Pada awalnya individu merasa tertarik untuk mencoba berpakaian yang berbeda untuk mengikuti tren yang sedang marak namun lambat laun akan merubah gaya berpakaian untuk seterusnya.
  • Adanya teknologi yang canggih menyebabkan hidup seesorang cenderung ke arah hedonisme dan arogan.
  • Adanya teknologi yang dirasa lebih berguna sehingga mengesampingkan tenaga manusia. Padahal sebelum mengenal teknologi, masyarakat Indonesia menghargai jasa manusia.

9. Tulislah hasil diskusimu.

10. Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas!

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Perbedaan antara Globalisasi, Westernisasi, ataupun Modernisasi Halaman 130 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Perbedaan antara Globalisasi, Westernisasi, ataupun Modernisasi Halaman 130 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!